Berbagai Kelebihan Melakukan Bisnis Affiliate Marketing

Kelebihan menjalankan bisnis affiliate marketing.
Kelebihan menjalankan bisnis affiliate marketing. Photo by @austindistel
Waktu baca: 3 menit

Tahukah kamu bahwa bisnis affiliate marketing ternyata memiliki banyak sekali kelebihan, lho! Nah, penasaran apa-apa saja kelebihan yang ditawarkan? Yuk simak ulasannya langsung di bawah ini.

Tidak perlu pergi ke kantor

Duduk di kursi
Tidak perlu ke kantor. Photo by Pexels

Tentunya kelebihan yang satu ini merupakan sesuatu yang cukup mengasyikkan untuk sebagian orang. Oleh karena dengan menjadi affiliate marketing, kamu bisa kerja di rumah tanpa harus ke kantor. Tugasmu hanyalah memasarkan produk yang merupakan tempat kamu bernaung sebagai affiliate. Kamu dapat memasarkan produk tersebut dari channel apa saja, dari mulai media sosial, blog atau website, hingga memasarkannya melalui whatsApp. Bahkan halaman tugasmu yang berupa dashboard website biasanya juga sudah disiapkan dari pemilik produk. Kamu bisa langsung cek affiliate milikmu bekerja secara realtime. Berapa orang yang membaca iklan yang kamu posting, berapa orang yang klik, dan berapa banyak orang yang telah membeli dari link tersebut.

Tidak membutuhkan keahlian secara spesifik

Bisnis Affiliate Marketing
Tidak perlu skill khusus. Photo by @zanilic

Kelebihan bisnis affiliate marketing selanjutnya adalah tidak membutuhkan keahlian spesifik. Kamu bisa menjadi affiliate marketing walaupun tidak memiliki keahlian atau pengalaman dalam berjualan. Tentunya kamu bisa melakukan berbagai campaign dengan caramu sendiri. Bahkan diperkenankan walaupun kamu belum mengerti sama sekali mengenai produk dan lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa peluang bagi fresh graduate cukup besar dalam affiliate marketing ini. Para pemilik produk umumnya membebaskan mitra affiliate mereka untuk melakukan promosi. Bagaimanapun itu, semuanya akan diserahkan kepadamu.

Sedikit modal

Bisnis Affiliate Marketing
Butuh sedikit modal. Photo by Pixabay

Nah, berbeda dengan bisnis MLM, affiliate marketing ternyata lebih sedikit modalnya. Ketika kamu ikut MLM, tentunya akan diminta membeli produk terlebih dahulu. Selain itu, produk yang dibeli menawarkan harga yang tidak murah. Untuk kamu yang tidak memiliki modal, maka sangatlah tepat untuk memulai bisnis affiliate marketing. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu membeli produk, tetapi hanya fokus untuk menjual produk tersebut.

Bisa digunakan untuk penghasilan tambahan

Bisnis Affiliate Marketing
Jadi penghasilan tambahan. Photo by @s1winner

Untuk kamu yang masih bekerja di perusahaan tertentu hingga saat ini, pastinya kamu bisa tetap menjadi seorang affiliate marketers. Hal ini dikarenakan bisnis yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, Kamu pun bisa menjadikannya sebagai penghasilan tambahan. Pada dasarnya bisnis yang satu ini adalah bisnis yang cukup fleksibel dan bisa dilakukan ketika kamu memiliki waktu luang. Sehingga dapat dikatakan bahwa pekerjaan ini sebenarnya tidak ada target, namun jika kamu tidak mendapatkan penjualan, komisi tidak akan diperoleh. Walaupun begitu, para expert yang ada dalam affiliate marketing menyebutkan bahwa menjadi affiliate marketing dapat menghasilkan uang saat tidur. Sehingga ketika kamu melakukannya secara konsisten, bisnis affiliate pastinya bisa menghasilkan cukup uang dan bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Tidak perlu stok barang

strategi umkm new normal
Tidak perlu stok barang. Photo by Pexels

Kelebihan bisnis affiliate marketing berikutnya adalah kamu tidak membutuhkan stok barang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika produk affiliate kamu sudah berbasis online, tentunya semua link tersebut yang di klik yang selanjutnya terjadi pembelian, si pemilik produk yang nantinya akan langsung mengirimkannya kepadamu. Tidak hanya itu saja, urusan pengirimannya juga akan diserahkan kepada pemilik produk, kamu hanya cukup melihat dashboard penjualanmu saja, dan seberapa efektifkah link affiliate milikmu bekerja.

Nah, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bisnis affiliate marketing tersebut, pastinya hal ini akan membuat kamu bisa semakin yakin ingin memulainya, kan? Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai