Cara Dapatkan Kartu Pra Kerja, Salah Satu Proker Jokowi

Kartu pra kerja Jokowi
Cara dapatkan kartu prakerja, salah satu proker Jokowi. Photo by Kumparan
Waktu baca: 3 menit

Pandemi covid -19 memang sangat mengguncang dunia. Selain bisnis yang menurun, para karyawan juga dirumahkan. Aktivitas masyarakat juga dibatasi guna mencegah penularan virus. Pemerintah dan masyarakat kini tengah mengupayakan banyak cara agar krisis ini segera berlalu. Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah dengan menghadirkan Kartu Pra kerja Jokowi.

Kartu Pra kerja Jokowi merupakan salah satu program pemerintah guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pencari kerja. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang menjadi korban PHK, karyawan yang masih bekerja serta mereka yang sedang mencari pekerjaan. 

Setiap peserta yang lolos akan mendapatkan bantuan insentif pelatihan sebesar satu juta rupiah yang bisa digunakan untuk membayar pelatihan yang tersedia sesuai dengan bakat dan minat. Nantinya, setelah mengambil pelatihan dan lulus, maka peserta akan mendapatkan insentif sebesar 2.4 juta yang kan diproses sebulan sekali dalam waktu 4 bulan. Juga, peserta akan mendapatkan bantuan sebesar 150 ribu setelah mengisi survei nantinya.

Cara mendapatkan kartu pra kerja

Cara mendapatkan kartu pra kerja. Photo by Pexels

Untuk bisa mendapatkan Kartu Pra kerja Jokowi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama, calon peserta harus melakukan pendaftaran pada website pra kerja. Setelah mendaftar, peserta juga harus menjalani tes bakat dan minat sebelum akhirnya dinyatakan lolos. Namun, bagi mereka yang sudah mendapatkan bansos dari pemerintah, maka tidak bisa lagi mendapatkan bantuan dari pra kerja. 

Untuk melakukan pendaftaran, bisa dilakukan secara online. Hingga kini selama tahun 2020, sudah 12 gelombang dibuka. Kemungkinan besar, program kartu pra kerja ini akan dilanjutkan lagi di tahun 2021. Mengingat setiap tahunnya ribuan angkatan baru siap kerja muncul. Maka, program pra kerja ini dinilai paling efektif untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan pencari kerja.

Syarat dan cara mendapatkan kartu pra kerja

Cara daftar kartu prakerja.
Syarat mendapatkan kartu pra kerja. Photo by Pexels

Untuk mendapatkan kartu pra kerja, kamu harus mempersiapkan dulu persyaratan yang diperlukan. Siapkan KTP dan KK sebelum kamu mendaftar. Cara daftar kartu pra kerja  adalah dengan masuk ke dashboard pra kerja. Lalu pilih menu daftar. Setelah memilih menu daftar kamu akan dialihkan pada formulir pendaftaran.

Isi formulir pendaftaran sesuai dengan kolom yang tersedia. Isi dengan jujur karena akan mempengaruhi diterimanya kamu atau tidak. Kendala yang sering terjadi adalah nomor KK tidak sesuai. Pastikan kamu memasukkan dengan benar. jika gagal, kamu bisa mengulang lagi. Namun jika gagal hingga beberapa kali maka sebaiknya kamu menghubungi pihak terkait. 

Setelah semua data berhasil kamu input dan submit. Maka kamu akan menjalani tes kemampuan dan minat. Kamu bisa memulai tes ketika kamu siap. Pastikan lingkungan kondusif karena kamu harus berpikir ketika mengerjakan tes tersebut. 

Pengumuman lolos atau tidak 

Ambil keputusan dengan cepat.
Pengumuman lolos atau tidak. Photo by @brucemars

Jika tes selesai, maka langkah selanjutnya adalah menunggu. Pendaftaran kamu sedang dievaluasi oleh pihak pra kerja. Pengumuman akan diberikan dalam bentuk sms. Beberapa dapat melakukan pengecekan langsung pada dashboard. Karena, biasanya sms dikirim lebih lambat. Pengumuman lolos atau tidak dilakukan setelah gelombang ditutup. Jika kamu lolos, maka saldo insentif untuk membeli pelatihan akan muncul di dashboard. Kamu sudah bisa mulai memilih pelatihan. 

Jika kamu tidak lolos, maka kamu bisa mencoba pada gelombang selanjutnya tanpa perlu mendaftar atau melakukan tes ulang. Jika kamu gagal terus hingga 3 kali. Maka kamu bisa mengisi form yang tersedia atau menghubungi pihak pra kerja. Maka akan dilakukan evaluasi mengapa kamu bisa gagal hingga 3 kali.

Mungkin Anda juga menyukai