Tips-Tips dalam Berpuasa yang Wajib Kamu Ketahui

tips dalam berpuasa
Tips-tips dalam berpuasa yang wajib diketahui. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 3 menit

Bulan puasa telah tiba. Di tengah-tengah kesibukan kamu dalam memeriahkan bulan puasa, kamu juga harus memperhatikan pula tentang bagaimana cara menyesuaikan pola makan yang berbeda dari biasanya maupun bagaimana caranya menjalankan puasa supaya asik dan menyenangkan. Sebab biasanya awal puasa tentu akan terasa lebih berat. Tubuh masih menyesuaikan dengan pola makan yang berbeda. Oleh sebab itu, untuk menjadikan hari-hari puasa kamu menjadi lebih lancar dan menyenangkan, ada sejumlah tips-tips dalam berpuasa yang dapat kamu lakukan supaya puasamu lebih lancar. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Jangan Lupa untuk Konsumsi Madu dan Kurma

tips dalam berpuasa
Mengonsumsi madu dan kurma. Photo by Pixabay

Kenapa setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi madu dan kurma ketika bulan puasa? Hal ini disebabkan dengan mengonsumsi keduanya dipercaya dapat memberikan energi tambahan untuk tubuhmu sehingga tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan full. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi madu juga dianjurkan sebab madu dipercaya dapat membantu gula darah di dalam tubuh kamu untuk tetap stabil saat menjalankan ibadah puasa. Dan tentunya dengan mengonsumsi madu juga dapat menjaga sistem imun tubuh kamu sehingga tetap berenergi dan sehat. Maka puasa yang kamu jalani menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

tetap sehat saat puasa
Minum air putih secukupnya. Photo by Pexels

Tips dalam berpuasa selanjutnya bisa dikatakan memiliki cara yang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, serta 4 gelas air putih di malam hari saja. Akan tetapi, kamu juga perlu tahu bahwa kebutuhan cairan seseorang berbeda-beda sehingga aturan standar 8 gelas tersebut dapat dijadikan takaran minimal kebutuhan air bagi seseorang.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Pandai-Pandai dalam Memilih Menu Sahur

tips dalam berpuasa
Pilih menu sahur yang sehat. Photo by Okadoc

Perhatikan untuk menyiapkan menu sahur pada menu-menu yang bergizi dan tidak cepat dicerna oleh tubuh yang mampu membuat tubuh lebih berenergi dan tidak mudah lapar. Kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak mengonsumsi menu sahur yang memberikan sensasi kenyang sementara saja seperti bubur ayam, dan juga mie instan. Kenapa? Hal ini dikarenakan makanan sejenis mie instan dan bubur ayam hanya membuat kamu akan lebih cepat lapar di siang hari.

Tetap Produktif

Manfaat kerja dari rumah
Tetap produktif. Photo by @neonbrand

Selalu ingat untuk jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu menjadi tidak produktif. Pastinya saat puasa tubuh kamu terasa lemas dan lesu sehingga merasa malas untuk berbuat apa-apa. Tapi tahukah kamu? jika kamu tidak melakukan apa-apa justru membuat tubuh kamu lemas dan lesu dibandingkan jika kamu tetap produktif atau tetap memiliki kegiatan. Jadi, tetap isi waktu luangmu dengan hobi yang kamu sukai atau kegiatan bermanfaat lainnya.

Olahraga Ringan

Skipping salah satu olahraga hemat
Skipping merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan. Photo by @element5digital

Jangan terus-terusan beranggapan bahwa ketika seseorang berpuasa maka dirinya harus melewatkan kegiatan berolahraga. Justru ketika puasa terlebih pada waktu menjelang berbuka puasa menjadi waktu yang tepat untuk dijadikan sebagai waktu melakukan olahraga ringan. Mungkin ini bisa menjadi salah satu kegiatan bermanfaat di kala menunggu waktu berbuka. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah.

Terlebih jika dilihat dari keadaan sekarang ini yang dianjurkan untuk diam di rumah saja, maka olahraga di rumah menjadi pilihan terbaik. Banyak sekali olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai untukmu.

Demikian tips-tips dalam berpuasa yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai cara asik ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai