Mengenal Pentingnya Asuransi Properti untuk Perlindungan Aset

Asuransi properti, pentingkah
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak jenis produk asuransi yang ada di Indonesia. Namun,  untuk asuransi properti dirasa masih banyak yang belum dikenal oleh masyarakat luas bila dibandingkan dengan asuransi jiwa, asuransi pendidikan ataupun asuransi kesehatan. Padahal, asuransi properti memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati. Berikut ulasan mengenai asuransi properti yang perlu kamu ketahui.

Apa itu asuransi properti?

Asuransi properti pada dasarnya asuransi yang dapat Anda gunakan untuk melindungi aset properti Anda. Berdasarkan jenisnya, asuransi ini terbagi menjadi dua yakni asuransi rumah dan asuransi bisnis. Asuransi untuk rumah di sini diartikan sebagai perlindungan bagi tempat tinggal maupun hunian. Selain rumah, apartemen dan rumah susun juga termasuk dalam asuransi rumah.

Sementara itu, untuk asuransi usaha biasanya digunakan untuk melindungi properti bisnis. Biasanya kerap digunakan oleh perusahaan besar dan komersial yang memiliki nilai besar. Contohnya saja adalah asuransi untuk komplek pergudangan barang, pabrik, mal, perkantoran hingga pusat perbelanjaan lainnya. Untuk asuransi bisnis, tidak hanya aset propertinya saja yang diasuransikan. Di sini pemilik bisa mengasuransikan objek lainnya seperti  mesin produksi. Selain itu, asuransi properti ini juga bisa digunakan untuk bangunan rumah sakit maupun sekolah.

Apa saja yang di-cover?

Asuransi properti
Rumah jadi salah satu aset properti yang dilindungi. Photo by Pixabay

Bila kamu ingin memiliki asuransi ini, maka perlu juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang di-cover oleh asuransi ini. Risiko yang ditanggung dari asuransi untuk rumah adalah seperti kerusakan akibat kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan benda atau pesawat terbang dan asap.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan perlindungan risiko kerusakan lainnya melalui perluasan objek. Beberapa di antaranya ialah kerusakan karena kerusuhan, bencana alam (banjir, badai, angin ribur, longsor dan kebongkaran). Di samping itu, benda yang ada dalam properti bisa masuk dalam objek perluasan perlindungan semisalnya barang mewah dan sebagainya.

Sedangkan untuk asuransi bisnis, sebenarnya tidak berbeda jauh dari pertanggungan asuransi untuk rumah. Mesin industri dan persediaan barang pun bisa diasuransikan dengan perluasan polis. Keunggulan lainnya adalah juga terdapat polis gangguan usaha. Pada polis ini akan diberikan jaminan perlindungan atas kehilangan keuntungan perusahaan maupun berkurangnya pendapatan usaha karena kerusakan, kehancuran yang semuanya dijamin oleh asuransi all risk.

Mengapa asuransi properti penting?

Rumah yang diasuransikan
Asuransi penting untuk menjaga rumah yang kamu miliki. Photo by Pixabay

Memiliki asuransi properti sangatlah menguntungkan untukmu. Terlebih lagi jika aset properti yang dimiliki bernilai tinggi baik itu berupa rumah maupun apartemen. Apalagi bila properti tersebut untuk tempat maupun sarana bisnis, jelas ini akan sangat menguntungkan. Setidaknya berikut beberapa alasan mengapa asuransi menjadi penting.

Ganti rugi secara finansial

Keuntungan pertama kamu akan mendapatkan ganti rugi secara finansial atas kerusakan maupun kehancuran properti. Bayangkan saja bila properti tidak dilengkapi dengan asuransi, ketika terjadi bencana aset akan habis dan tentu saja ini membuat kerugian yang cukup besar. Kamu pun harus memulai lagi dari awal untuk membangun properti kembali dengan modal besar pula. Beda halnya ketika ada asuransi properti, semua kerusakan bangunan yang diasuransikan akan diganti rugi secara finansial. Jadi, ini dapat sedikit meringankan beban jika ingin membangun kembali properti yang sudah rusak tadi.

Properti lebih terlindungi

Bencana memang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Sebagai aset penting dalam kehidupan, memiliki asuransi dinilai lebih baik dalam menjaga dan melindungi aset berharga. Dengan demikian, hal ini membuat kamu lebih tenang dan tentram di kemudian hari bila sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak bisa diprediksi. Kamu pun bisa meminimalisir kerugian. Dengan memiliki asuransi ini kamu juga melakukan tindakan preventif untuk jangka panjang dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai properti yang stabil

Salah satu pentingnya asuransi properti yang juga tidak banyak diketahui orang adalah membuat nilai properti menjadi stabil. Bahkan bukan tidak mungkin dapat menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Misalnya rumahmu dijual kembali dan diasuransikan, jelas ini akan membuat harganya makin tinggi. Di samping itu jika rumah rusak akibat terkena bencana seperti banjir tidak akan menurunkan harganya sebab kamu akan diberikan jaminan atas kehilangan pendapatan. Khususnya jika kamu memilih asuransi all risk.

Terhindar dari risiko tuntutan hukum

Manfaat lainnya dari kepemilikan asuransi properti ialah kamu bisa terhindar dari sisiko tuntutan hukum. Hal ini terjadi seandainya kerusakan dari properti milikmu melukai orang lain. Tidak hanya itu saja, dengan memiliki asuransi model ini kamu bisa mendapat kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Pihak bank akan merasa lebih yakin dengan properti yang diasuransikan sehingga proses pencairan dana pinjaman juga semakin mudah.

Nah, itu dia ulasan mengenai betapa pentingnya memiliki asuransi properti. Meski begitu, kamu juga jangan lupa untuk berinvestasi agar memberikan kenyamanan di masa mendatang dan menjaga penghasilan stabil untuk pembayaran polis.

You may also like...

Leave a Reply