Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Uang Bulanan Habis

Kebiasaan buruk yang bikin uang bulanan habis
Kebiasaan buruk yang bikin uang bulanan habis. Photo by CNBC Indonesia
Waktu baca: 3 menit

Sebagai seorang fresh graduate yang baru bekerja, pasti akan merasa senang setelah mendapatkan gaji pertama. Kamu pasti ingin memenuhi semua keinginanmu dengan uang yang kamu dapatkan. Padahal, itu merupakan kebiasaan buruk yang bikin uang bulanan cepat habis.

Memang namanya baru pertama kali bekerja dan mendapatkan gaji pasti langsung ingin dipenuhi keinginannya. Padahal sebenarnya gaji yang kamu peroleh itu harus diperuntukkan untuk satu bulan penuh. Mulai untuk menyisihkan untuk menabung atau berinvestasi hingga untuk memenuhi keperluan lainnya.

Namun, jika kamu masih melakukan beberapa kebiasaan buruk pasti akan sulit untuk menabung. Agar kamu bisa segera menabung dan berinvestasi untuk masa depanmu, berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihilangkan sebab bikin uang bulanan milikmu cepat habis.

Beli keperluan karena ingin bukan karena butuh

kebiasaan buruk uang habis
Beli keperluan karena ingin bukan karena butuh. Photo by Pexels

Kesalahan pertama yang pasti dilakukan oleh banyak orang saat memiliki uang ialah membeli keperluan karena keinginan bukan karena kebutuhan. Melihat barang yang lucu ata menggemaskan, langsung membelinya. Padahal, barang tersebut tidak dibutuhkan oleh kamu sama sekali. Hal itu merupakan kebiasan yang sangat buruk.

Lama kelamaan kamu akan jadi konsumtif bahkan hingga jadi implusif dan itu akan berbahaya untuk kamu sebagai first jobber. Sebab, setelah mendapatkan gaji pertama pasti akan tergoda untuk membelanjakannya.

Pengeluaran kecil yang sering

Pengeluaran kecil yang sering.
Pengeluaran kecil yang sering. Photo by @adamnavarro_

Tanpa disadari, pengeluaran dalam nominal kecil jika terlalu sering akan membuat keuanganmu bocor juga. Misalnya, setiap hari kamu membeli minuman kemasan, padahal bisa saja kamu membawa botol minuman sendiri. Memang sih harga minuman kemasan itu satu botolnya murah, namun kalo sering membelinya lama kelamaan juga akan menghabiskan uangmu.

Baca juga: Ini Kebiasaan Malas yang Bikin Keuangan Berantakan

Terus mencoba mengikuti tren terkini

Terus mengikuti tren terkini.
Terus mengikuti tren terkini. Photo by Pexels

Mengikuti tren memang boleh saja, namun jika terus-terusan mencoba mengikuti tren tersebut lama kelamaan pasti akan sulit juga. Jika setiap bulan kamu terus mengikuti tren yang ada, bisa-bisa keuanganmu akan cepat habis setiap bulannya. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengombinasikan pakaian agar selalu terlihat stylish.

Tidak pernah mencatat pengeluaran

Tidak mencatat pengeluaran.
Tidak mencatat pengeluaran. Photo by Moneyglare

Untuk mencatat pengeluaran, memang terkesan sepele. Sebab, pasti kamu sudah menghitung sendiri secara mengawang tentunya berapa rupiah yang kamu keluarkan perharinya. Namun, hal itu bisa dibilang salah. Sebaiknya, kamu harus mencatat pengeluaran yang kamu lakukan.

Dengan melakukan pencatatan pengeluaran tersebut, kamu bisa mengetahui seberapa besar pengeluaran yang kamu lakukan. Jika merasa pengeluaranmu sudah kelewatan, maka kamu bisa memangkas biaya-biaya atau pengeluaran yang tidak penting.

Sering membuka aplikasi belanja online

Sering buka toko online.
Sering buka toko online. Photo by Pixabay

Belanja online memang menjadi salah satu cara agar orang bisa berbelanja dengan mudah. Sebab, kamu cukup transfer uang senilai total belanjaan lalu barang bisa sampai ke tanganmu. Walau terkesan meringkankan, tapi jangan sering-sering untuk berbelanja online. Sebab, kamu bisa saja khilaf membeli barang-barang yang tidak perlu.

Itulah kebiasaan buruk yang harus dihindari karena akan bikin uang bulanan habis. Kamu tidak mau kan setiap bulan uangmu habis percuma dan kamu tidak bisa menabung hingga berinvestasi untuk masa depanmu?

Mungkin Anda juga menyukai