Mengenal Apa Itu Refund dan Syarat Untuk Melakukannya

Perhitungan refund
Mengenal Apa Itu Refund dan Syarat Untuk Melakukannya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Kebijakan dan syarat

Adapun kebijakan refund di masing-masing perusahaan, atau juga bisnis dengan basis digital ini beragam. Beberapa perusahaan yang menawarkan pengembalian uang hingga 100%, namun dengan rentang waktu tertentu, dari waktu pengajuan.

Selain itu ada juga beberapa perusahaan atau juga toko yang bersedia mengembalikan sejumlah dana dibawah 100%, baik itu 80% atau yang lainya. Bahkan ada juga beberapa perusahaan atau juga toko berbasis online yang tidak bersedia mengembalikan uang, atau tidak memiliki layanan refund.

Berdasarkan ulasan di atas, sebenarnya layanan ini sendiri dapat kamu ajukan, ketika terjadi kelalaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan atau toko. Namun demikian, ada baiknya jika sejak awal, kamu memperhatikan dan mencari informasi secara lebih mendetail tentang kebijakan refund yang ditawarkan oleh sebuah produk atau layanan jasa. Tentunya hal tersebut dilakukan, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Terutama dalam memilih barang atau jasa, yang kebijakan refund-nya yang tidak sesuai ekspektasimu.

Dalam rangka memberikan layanan refund yang nyaman bagi semua pihak, biasanya pihak perusahaan atau juga toko online, sudah mempersiapkan syarat serta ketentuan kebijakannya. Informasi layanan refund tersebut biasanya diberikan atau ditulis pada halaman produk, dan diulas secara rinci. Ada yang bersedia memberikan refund sebesar 100%, namun ada juga yang bersedia memberikan refund dibawah 100%. Bahkan tidak jarang ada juga yang secara terang-terangan tidak memberikan layanan ini.

Jadi ketika kamu menemukan tulisan tidak bisa refund artinya, pihak perusahaan atau toko yang menyediakan barang atau jasa yang digunakan, tidak menyediakan layanan ini. Sedangkan ketika tidak ada keterangan akan keberadaan refund di website atau informasi pada produk, tidak ada salahnya, jika kamu menanyakan hal tersebut langsung pada pihak call center atau customer service perusahaan atau toko online tersebut.

Umumnya syarat refund yang diajukan oleh pihak perusahaan atau juga toko online kurang lebih sama. Buat kamu yang ingin mengajukan proses ini ada baiknya jika memenuhi semua syarat tersebut, antara lain :

  1. Adanya bukti transaksi, sebagai bukti transaksi yang nantinya dapat kamu refund.
  2. Adanya bukti transfer yang dapat kamu kirimkan, baik menggunakan cara scan atau juga screenshot.
  3. Menyertakan nomor rekening bank yang kamu miliki secara lengkap.
  4. Menyertakan juga alasan kenapa kamu ingin melakukan proses refund.

Selain itu, ada juga beberapa tambahan syarat lain yang diajukan oleh pihak perusahaan atau juga toko online, untuk mengajukan klaim refund. Misalnya saja menyertakan video unboxing, atau yang lainnya. Tapi yang paling penting, kamu sebaiknya memperhatikan aneka syarat yang diajukan agar kelak proses ini dapat berjalan dengan baik, tanpa hambatan yang sulit. Apabila ada syarat yang diajukan oleh pihak perusahaan atau toko online yang dinilai tidak sesuai, bisa jadi proses refund tidak dapat dilakukan atau dianggap batal / gagal.

Sedangkan untuk durasi pengembalian atau proses refund sendiri beragam, tergantung kebijakan dari perusahaan atau toko online tersebut. Misalnya saja untuk proses pembelian tiket, maka lama durasi waktu tunggunya sekitar 30 hingga 45 hari kerja. Sedangkan untuk proses belanja online, maka proses pengembalian sekitar 2 hingga 14 hari.

Waktu tersebut digunakan oleh pihak perusahaan atau toko online, untuk mencari informasi berkaitan dengan proses pembelian yang dilakukan pihak konsumen, barang yang diterima, serta alasan mengajukan refund. Apabila alasan, syarat dan aneka informasi lainnya dinilai cocok, maka pihak perusahaan atau juga toko online akan melakukan proses ini.  

Adapun lama transfer dari pihak perusahaan atau toko online pada konsumen atau dalam hal ini kamu, tentua tergantung dari metode pembayaran yang digunakan, mulai dari kartu debit, kartu kredit, menggunakan dompet digital, atau yang lainnya. Kamu dapat mencari informasi hal tersebut secara langsung dengan pihak perusahaan atau juga toko online tersebut. Sehingga dapat dikatakan, sebenarnya layanan refund ini adalah salah satu layanan penting yang ada dalam dunia bisnis, terutama bisnis online / transaksi digital.

Jadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu produk atau jasa yang diterima tidak sesuai ekspektasi, atau juga ada atau tidaknya layanan refund, ada baiknya jika kamu teliti di awal. Mulai dari barang atau jasa yang akan dibeli, dan juga aneka layanan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan atau juga toko online tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai