Mengenal 5 Industri Keuangan Non Bank

Industri keuangan non bank.
Industri keuangan non bank. Photo by @markuswinkler
Waktu baca: 3 menit

Jika berbicara tentang industri keuangan, apa yang ada di benak kamu? Apakah itu perbankan atau koperasi? Sebenarnya ada beberapa lembaga keuangan yang ada di Indonesia dan bukan merupakan lembaga perbankan. Industri Keuangan non Bank disebut juga sebagai Lembaga Keuangan Non Bank (LKBB). Mengapa penting untuk tahu beberapa lembaga yang tergolong dalam LKBB? Karena peran lembaga keuangan ini cukup penting dalam hal penyaluran serta penghimpunan dana di masyarakat.

Pasar Modal

Perbedaan investasi saham dan reksa dana.
Pasar modal. Photo by @austindistel

Jika berbicara tentang pasar modal mungkin kamu akan lebih sering mendengar tentang saham. Pasar modal merupakan sebuah tempat yang menjadi tempat transaksi untuk jual beli surat berharga. Surat berharga yang diperjualkan di pasar modal meliputi instrumen saham dan obligasi. Apa saja keunggulan dari jenis industri ini? Bagi perusahaan, pasar modal menjadi sumber untuk pendanaan atau pembiayaan dalam jangka panjang sebuah usaha. Sedangkan bagi para investor, pasar modal menjadi tempat untuk menyalurkan sumber dana lebih maksimal. Selain mendapatkan deviden, investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari proses transaksi saham dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi primer.
Koperasi simpan pinjam. Photo by Sindonews

Koperasi menjadi salah satu lembaga keuangan non bank yang sudah dikenal masyarakat sejak jaman dahulu. Akan tetapi sebenarnya belum begitu banyak orang yang memahami bagaimana sebuah koperasi dapat bekerja. Koperasi merupakan sebuah badan ekonomi yang sengaja dikelola oleh suatu organisasi yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan setiap anggotanya. 

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu Industri Keuangan non Bank yang berfungsi untuk menyediakan peminjaman dana berupa uang serta menyediakan tempat untuk penyimpanan uang. Nantinya, uang pinjaman didapatkan dari dana yang dikumpulkan oleh para anggotanya. Uang pinjaman ini memiliki suku bunga yang rendah sehingga cukup bermanfaat dan membantu orang – orang yang merasa ketakutan akan bunga bank.

Baca juga: Mengambil Keringanan Cicilan KPR di Masa Pandemi

Perusahaan Modal Ventura

Pasar modal ventura. Photo by Pixabay

Jenis perusahaan ini sedikit berbeda dengan perusahaan pasar modal. Perusahaan modal ventura ada beberapa jenis, namun apabila anda ingin bergabung anda bisa memilih perusahaan yang sudah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Perusahaan modal ventura, sesuai dengan namanya merupakan jenis badan usaha yang memiliki tujuan untuk memberi pembiayaan kepada perusahaan, jadi fungsi perusahaan modal ventura sebagai sumber dana untuk perusahaan baru. 

Pegadaian

Pegadaian. Photo by Grid Oto

Pernahkah kamu menemukan perusahaan pegadaian di dekat rumahmu? Pegadaian merupakan badan usaha resmi yang memiliki izin untuk menyelenggarakan usaha peminjaman modal dengan menggadaikan barang. Gadai merupakan hak yang diperoleh salah satu pihak yang melakukan piutang kepada pihak lain terhadap barang bergerak.

Visi dari perusahaan pegadaian yakni untuk menjadi market leader sebagai solusi bisnis dan menjadi sahabat untuk masyarakat menengah ke bawah. Sedangkan fungsi pegadaian secara umum untuk mengembangkan usaha yang saling menguntungkan. 

Perusahaan Anjak Piutang

Industri Keuangan non Bank
Perusahaan anjak piutang. Photo by Rawpixel

Industri Keuangan non Bank yang lain yakni Perusahaan Anjak Piutang. Perusahaan ini berfungsi untuk mengambil alih proses pembayaran kredit bermasalah pada suatu perusahaan. Saat ini peran Lembaga Keuangan Bukan Bank menjadi cukup penting. Jika kamu merupakan seorang pebisnis, LKBB menjadi mitra dalam urusan peminjaman dana guna pengembangan bisnis. 

Jika kamu ingin berhubungan dengan Lembaga Keuangan Bukan Bank, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Apalagi untuk instrumen investasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang laporan keuangan sebuah perusahaan secara terperinci. Hal ini menguntungkan karena kamu bisa melihat bagaimana prospek perusahaan tersebut kedepannya.

Mungkin Anda juga menyukai