5 Alasan Pentingnya Pendidikan Keuangan untuk Hidupmu

Pentingnya pendidikan keuangan untuk hidupmu
Waktu baca: 3 menit

Pendidikan keuangan adalah salah satu hal yang penting kamu pahami untuk menjalani hidupmu. Namun, saat lulus dari perguruan tinggi, kamu tidak akan mendapatkan pendidikan keuangan tersebut. Padahal, keterampilan tersebut bisa menjadi penentu kesuksesanmu.

Dengan melek finansial, kamu bisa membangun kekayaan dan menikmati keamanan dan kebebasan finansial di masa yang akan datang kelak. Adapun alasan pentingnya pendidikan keuangan untuk hidupmu akan dijelaskan di bawah ini.

Tidak ragu mengambil keputusan keuangan

Tidak ragu mengambil keputusan finansial
Pengetahuan finansial membuatmu tidak ragu dalam mengambil keputusan. Photo by @neonbrand

Tiap-tiap pakar atau ahli keuangan memiliki pendapat yang berbeda satu sama lain. Ada yang beranggapan lunasi utang terlebih dahulu, ada yang menilai utang bisa dimanfaatkan untuk membangun kekayaan. Lalu, dari beberapa pendapat itu, mana yang bisa dipercaya?

Sebenarnya, pendapat tersebut memiliki kebenaran yang sangat relatif tergantung permasalahan dari masing-masing pakar, sehingga saran yang diberikan bisa berbeda bahkan bertentangan. Maka dari itu, dengan pendidikan keuangan, kamu bisa yakin dalam mengambil keputusan yang tepat untuk dirimu sendiri.

Tau strategi keuangan yang cocok

Strategi mengatur keuangan
Tau strategi yang akan diterapkan dalam mengatur keuangan. Photo by Rawpixel

Saat ini ada banyak sekali strategi keuangan yang bisa dilakukan seperti berinvestasi yang mana banyak sekali sumber untuk mempelajarinya. Namun, yang perlu diingat ialah ada orang yang tidak cocok untuk melakukan salah satu strategi keuangan tersebut. Dengan memiliki pengetahuan keuangan, kamu bisa menemukan strategi terbaik yang bisa diterapkan untuk mencapai keamanan dan kemerdekaan finansial.

Baca juga: 3 Alasan Kamu Harus Lakukan Financial Check Up

Bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil

Mungkin ada yang berpikir penasihat keuangan bisa mengatasi masalah-masalah keuangan seperti tabungan pendidikan, perencanaan investasi, hingga jaminan pensiun. Namun, yang perlu diingat ialah penasihat keuangan hanya memberikan saran dan nasihat. Lalu kamu sendiri yang bertanggung jawab dengan keputusan dalam mengatur keuangan yang kamu pilih. Mengutamakan pendidikan finansial jadi cara untuk bertanggung jawab atas masa depan keuanganmu sendiri.

Pengetahuan keuangan menentukan batas kekayaanmu

Pengetahuan keuangan menjadi satu hal yang bisa menentukan batas pertumbuhan kekayaanmu. Artinya, saat literasi keuanganmu meningkat, maka batas kekayaanmu juga akan meningkat jadi lebih tinggi. Selain itu, pengetahuan keuangan ini menjadi penentu tingkat sukses investasi yang kamu jalankan. Pengetahuan yang baik tentang investasi juga bisa membantumu mengendalikan kerugian yang bisa terjadi kapan saja.

Baca juga: Cara Mengelola Manajemen Risiko Investasi

Pendidikan keuangan jadi investasi terbaik

Pengetahuan tentang keuangan
Pendidikan mengenai keuangan jadi investasi yang bagus untuk masa depan. Photo by Pexels

Pendidikan keuangan yang kamu jalani sama seperti berinvestasi. Karena kamu harus berkorban dan mendedikasikan waktu untuk meraih imbal hasil yang lebih tinggi di masa yang akan datang. Semakin cepat kamu mendapatkan pendidikan investasi dan keuangan, maka akan semakin cepat pula menuai hasilnya.

Itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan keuangan untuk hidupmu. Dengan pendidikan keuangan nantinya kamu pasti akan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply