Rahasia Mendapat Kepercayaan Pelanggan Agar Bisnis Semakin Maju

Sekumpulan pelanggan di salah satu toko
Rahasia Mendapat Kepercayaan Pelanggan Agar Bisnis Semakin Maju. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kemajuan bisnis ditandai dengan laku kerasnya produk yang kamu jual. Untuk merealisasikannya, kuncinya adalah mampu mendapat kepercayaan pelanggan. Lantas, apakah kamu sudah melakukannya?

Membangun kepercayaan pelanggan menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Tetapi, hal itu harus dijawab tanpa keraguan. Karena, bisnis yang produknya laku keras berangkat dari percayanya konsumen terhadap produk atau bisnis.

Ketika konsumen percaya dengan bisnis, loyalitas akan terbangun. Pada akhirnya, bisnis akan mengalami kemajuan secara signifikan.

Sadar jika kepercayaan ini bisa menciptakan loyalitas pelanggan, sudah semestinya kamu perlu mengusahakannya. Nah, bagaimana caranya?

7 Cara Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Seorang pelanggan sedang melihat produk yang dijual
7 Cara Mendapat Kepercayaan Pelanggan. Photo by Pexels

Sudah menjadi rahasia umum jika membangun kepercayaan pelanggan menjadi salah satu kunci sukses dalam menjual produk. Untuk itulah, pelaku bisnis harus berusaha untuk mewujudkannya. Dan berikut ini tips untuk mendapat kepercayaan pelanggan yang dapat diaplikasikan.

1. Berikan Kesan Pertama yang Baik

Tidak sedikit dari kalangan pebisnis melakukan kesalahan ketika bertemu pelanggan untuk pertama kalinya. Hal inilah yang mengakibatkan bisnisnya dipandang kurang profesional.

Ingat, kesan pertama yang akan diingat oleh pelanggan. Ketika kamu gagal memberikan kesan yang baik, pelanggan akan mengalihkan pandangan ke tempat lainnya.

Menyadarinya, penting bagi pebisnis untuk memastikan kesan pertama di mata pelanggannya memang baik. Caranya bisa dengan menyapa pelanggan lebih ramah. Tentunya, kesannya lebih bersahabat sehingga pelanggan pun merasa lebih nyaman.

Nah, customer service inilah yang menjadi kuncinya. Maka dari itu, usahakan supaya CS yang ditugasi memang memiliki keterampilan dalam memberikan layanan terbaiknya.

Baca juga: Kiat Memulai Bisnis Pet Shop yang Tepat Jika Kamu Ingin Sukses

2. Lakukan Komunikasi Dua Arah

Setelah pelanggan tertarik, cobalah untuk membangun komunikasi dua arah. Komunikasi ini dilakukan untuk membuat pelanggan semakin tertarik. Setidaknya, pelanggan mulai mengenal bisnis dan produk yang sedang dijual.

Tidak masalah jika awalnya belum tertarik. Tetapi melalui pendekatan komunikasi yang baik, pelanggan pastinya akan mulai memikirkannya. Nantinya, pelanggan pun akan mempertimbangkan produk yang kamu tawarkan.

Di sini, kamu bisa memulai percakapan. Misalnya dengan menawarkan bantuan terkait apa yang sedang dicari pelanggan. Kemudian, biarkan pelanggan mengutarakan maksudnya dan berikan tanggapan mau pun rekomendasi produknya sampai selesai.

3. Sediakan Produk Bernilai Lebih

Sewaktu pelanggan mengutarakan maksudnya, kamu akan mengetahui apa yang dibutuhkannya. Di sini, tawarkan produk untuk pelanggan yang benar-benar berkualitas.

Produk dalam bisnis ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk milik pesaing. Tentunya, cara mengkomunikasikannya harus baik. Yakni, tidak terkesan menjatuhkan produk lain sehingga pelanggan pun semakin respect.

Sederhananya, pelanggan akan memandang jika kamu sangat profesional dalam memberikan pelayanan. Dengan begitu, timbullah rasa percaya sehingga kebutuhannya akan dipercayakan padamu.

4. Jujur dan Transparan Kepada Pelanggan

Tips untuk mendapat kepercayaan pelanggan selanjutnya adalah selalu berusaha jujur dan transparan. Keduanya harus disinergikan selama menjalankan bisnis.

Penerapannya bisa dilakukan ketika mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk. Usahakan untuk menjelaskannya secara jujur. Dengan begitu, pelanggan pun bisa mengambil keputusan secara tepat.

Kejujuran ini akan dinilai sendiri oleh pelanggan. Ketika penilaiannya baik, pelanggan pun tidak segan untuk datang setiap kali membutuhkan produk. Bahkan membeli produk yang sebelumnya tidak dipilih.

Alasannya, belum ada produk yang nilainya lebih dari yang kamu tawarkan. Alhasil, penjualan produk di tempat usaha pun semakin laku keras. Apalagi, pelanggan ini secara otomatis akan mempromosikannya secara gratis.

5. Jadilah Pendengar yang Baik

Pelanggan datang dengan membawa keluh kesahnya. Sebaliknya, pebisnis menunggu kedatangan pelanggan untuk memberikan solusinya.

Di sini, pebisnis perlu sedikit menunggu agar pelanggan mengutarakan kebutuhannya. Ketika pelanggan telah mengutarakannya, pastikan untuk fokus mendengarkan keluhannya.

Fokus dalam mendengarkan akan menjadi kunci terjalinnya hubungan yang lebih baik. Ini akan membuat pelanggan merasa diapresiasi. Bahkan, merasa sangat diterima sehingga timbullah rasa nyaman selama berada di tempat usahamu.

Rasa nyaman ini membuat kamu lebih mudah dalam menawarkan produk. Tentunya, produk tersebut akan dibeli sebagai tanda apresiasi dan butuh.

6. Tepati Janji

Tips selanjutnya dalam mendapat kepercayaan pelanggan adalah selalu menepati janji. Janji yang ditepati ini akan membuat pelanggan semakin yakin dan percaya setiap waktu. Makanya, pelanggan pun akan lebih sering datang ketika membutuhkan sesuatu.

Contohnya adalah selalu memberikan produk dengan kualitas terbaik sesuai yang dijanjikan. Begitu pula, mengusahakan agar dapat memberikan solusi ketika ada masalah.

7. Berikan Apresiasi

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan apresiasi terhadap pelanggan. Bentuk apresiasi ini bisa berupa diskon, hadiah barang-barang sederhana dan lain sebagainya.

Hadiah tersebut diberikan lantaran pelanggan telah loyal di tempat bisnis. Dengan adanya hadiah seperti ini, pelanggan akan merasa terikat dengan bisnis.

Artinya, banyak dari kebutuhannya akan dipercayakan di tempat bisnis yang sama. Alhasil, kamu sebagai penyedia kebutuhannya dapat menjual produk setiap waktunya.

Selain itu, cobalah untuk mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan. Ini semua dilakukan untuk memperbaiki layanan. Dengan begitu, bisnis ke depannya akan semakin maju.

Itulah beberapa tips untuk mendapat kepercayaan pelanggan bisnis. Terapkan secara konsisten supaya bisnis dapat berkembang secara signifikan. Tentunya, berbagai produk bisa terjual dengan mudah lantaran pelanggan sudah loyal di tempatmu.

Mungkin Anda juga menyukai