Kiat Memulai Bisnis Pet Shop yang Tepat Jika Kamu Ingin Sukses

Kiat Memulai Bisnis Pet Shop yang Tepat Jika Kamu Ingin Sukses
Kiat Memulai Bisnis Pet Shop yang Tepat Jika Kamu Ingin Sukses. Photo by @peterplashkin
Waktu baca: 3 menit

Memulai bisnis pet shop butuh perencanaan yang tertata rapi. Perencanaan ini akan menjadi pedoman ketika hendak menjalankannya. Dengan adanya rencana step by step, performa dari bisnis yang dijalankan akan bergerak lebih maju.

Masalahnya, sebagian orang kebingungan untuk memulainya. Hal ini membuat seseorang terlambat untuk mengambil keputusan. Akibatnya, banyak pesaing yang membuatnya harus bekerja ekstra keras untuk menaikkan pamor bisnisnya.

Jika kamu hobi memelihara hewan dan ingin memanfaatkan peluang bisnis ini, kamu butuh panduan untuk memulai bisnis pet shop ini. Nah, bagaimana cara memulainya? Mari pelajari tips sukses menekuni bisnis petshop berikut!

Tips Memulai Bisnis Pet Shop

Menjalankan bisnis pet shop.
Menjalankan bisnis pet shop. Photo by @dongphucaitrieu

Mau sukses dan bertahan lebih lama di bidang pet shop? Berikut ini tips memulai dan menjalankan usahanya.

1. Riset Pasar

Riset mengenai pasar menjadi langkah paling awal untuk dilakukan calon pebisnis. Tujuannya agar pembukaan bisnis berjalan sesuai rencana.

Adapun informasi yang dicari adalah target pasarnya. Siapa yang bakalan menjadi pelanggan di sekitar. Itu harus ditemukan terlebih dahulu.

Kamu pun bisa menggali informasi dengan terjun ke lapangan. Baik dengan menggali informasi dari sejumlah pemelihara hewan atau pun mencermati berbagai layanan yang disediakan di pet shop terdekat.

Dari sini, kamu akan memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar. Nantinya, kamu dapat menentukan fokus bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Baca juga: Drama Korea untuk Belajar Bisnis yang Bisa Memacu Semangat Berbisnis

2. Buat Perencanaan yang Matang

Setelah melakukan riset, mulai dengan membuat rencana. Rencana ini punya cakupan sangat luas. Ini mencakup jenis bisnisnya, dari mana modalnya, di mana mendapatkan stok produk, bagaimana promosinya dan bagaimana memberikan layanan kepada pelanggan.

Semuanya harus direncanakan secara matang. Dengan begitu, bisnis dapat berjalan dengan teratur.

3. entukan Fokus Bisnis

Masih berhubungan dengan rencana, fokus bisnis ini sangatlah penting. Kamu harus menentukannya terlebih dahulu. Dan ini bisa dilakukan dengan menengok data yang telah kamu dapatkan selama riset.

Contohnya bisnis difokuskan untuk jualan pakan dan aksesoris hewan peliharaan. Ketika fokusnya berkaitan dengan penyediaan pakan, pebisnis harus mencari produsen atau distributor produk yang berkualitas. 

Tetapi bila ingin lebih luas, tambahkan layanan seperti grooming dan lain sebagainya. Layanan ini bisa ditambahkan sewaktu bisnis telah mengalami perkembangan. Tentunya, menyesuaikan dengan modal bisnis pet shop yang dimiliki.

4. Tentukan Lokasi Bisnis

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis pet shop adalah dengan menentukan lokasi usaha. Secara umum, lokasinya harus strategis. Karena, lokasi seperti ini akan memudahkan pelanggan dalam menemukannya.

Untuk pemilihan tempatnya, ada 3 hal yang harus diperhatikan. Pertama, lokasinya harus kondusif. Yakni, bebas dari kebisingan supaya hewan peliharaan tidak mudah stres.

Poin kedua, lokasinya harus bersih. Kebersihan tempat akan memberikan pelanggan rasa nyaman. Begitu pula, hewan yang dibawa masuk ke dalamnya juga lebih sehat.

Ketiga adalah dekat dengan permukiman. Tujuannya supaya lokasi bisnis bisa dijangkau oleh pelanggan dengan mudah.

5. Minta Izin Lingkungan

Tips lainnya adalah meminta izin dari lingkungan. Ini berlaku ketika kamu hendak membuka tempat bisnis di kawasan yang cukup ramai.

Izin diperlukan untuk menghindari masalah atau konflik di kemudian hari. Karena kenyataannya, tidak semua orang akan merasa nyaman ketika berdekatan dengan hewan tertentu.

Di sini, kamu perlu meminta izin dari warga sekitar. Kemudian, ajukan pula perizinan ke dinas perizinan kota. Dengan begitu, ada bukti kuat yang akan membuat usaha tersebut bisa bertahan dan maju ke depannya.

6. Siapkan Modal Usaha

Tips yang tak kalah penting untuk memulai bisnis pet shop adalah dengan menyediakan modal usahanya. Modal usaha untuk membuka bisnis ini bisa saja cukup tinggi. 

Modal biasanya dialokasikan untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Kemudian, dialokasikan pula untuk membeli stok produk hingga promosi. Bahkan, beberapa perlengkapan penunjang usaha juga memerlukan biaya.

Jika kamu terkendala dengan tingginya modal, kamu bisa mempertimbangkan join program paket usaha pet shop. Kerja sama ini akan membantu dalam hal pembukaan bisnis yang biayanya jauh lebih ringan.

7. Rekrut Veterinarian dan Caretaker

Merekrut veterinarian (dokter hewan) dan caretaker (perawat hewan) akan meningkatkan kredibilitas bisnis petshop. Ini menjadi kunci dari keberhasilan usaha yang berkelanjutan.

Orang yang ahli di bidang pemeliharaan hewan memungkinkan pelanggan lebih yakin untuk menggunakan layanan dalam bisnis. Bahkan, lebih siap untuk membeli produk di toko tersebut.

Sembari membeli produk, pelanggan bisa saja berkonsultasi tentang bagaimana memelihara hewan yang baik. Begitu pula, memeriksakan hewan peliharaannya ketika sedang sakit. Atau, bisa juga melakukan perawatan lanjutan agar hewan peliharaannya semakin sehat dan cantik.

8. Promosi Tertarget

Tips terakhirnya adalah teratur untuk promosi bisnis. Promosi ini dilakukan untuk memperkenalkan bisnis kepada pelanggan yang tertarget. Tentunya, targetnya adalah setiap orang yang memiliki ketertarikan atau sudah memiliki hewan peliharaan di rumah.

Untuk promosinya sendiri bisa memanfaatkan media sosial, gabung komunitas hingga promosi konvensional. Semuanya bisa dilakukan. Jadwalkan secara teratur agar promosi berjalan dengan maksimal.

Setelah mendapatkan pelanggan, pastikan untuk menjaga kepercayaan pelanggan setiap saat. Dengan begitu, pelanggan akan loyal untuk menggunakan produk dan layanan yang kamu berikan.

Demikianlah beberapa tips untuk memulai bisnis pet shop yang tepat. Terapkan dengan benar, maka bisnis ini akan dikenal dan dicari oleh pelanggan sampai kapan pun.

Mungkin Anda juga menyukai