Mempersiapkan Resepsi Pernikahan Tanpa WO, Mungkin Tidak Sih?

Resepsi Pernikahan Idaman via pexels.com
Waktu baca: 3 menit

Pernikahan merupakan momen bahagia yang dinanti oleh banyak pasangan. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa untuk menuju hari bahagia tersebut, ada banyak sekali hal yang harus kamu persiapkan, terutama jika kamu berencana untuk mengadakan acara resepsi pernikahan. Karena berbagai alasan, banyak pasangan zaman sekarang yang memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer (WO) dalam membantu persiapan pernikahan.

Lalu, bagaimana jika kamu ingin mempersiapkan resepsi pernikahan tanpa bantuan WO? Apakah hal tersebut bisa diwujudkan? Apalagi jika sehari-harinya kamu sudah cukup sibuk mengerjakan berbagai hal lain. Well, tenang saja, hal tersebut masih sangat mungkin dilakukan selama kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Siapkan sejak minimal setahun sebelumnya

Yes, mempersiapkan resepsi pernikahan itu tidak sebentar, lho. Mungkin memang ada beberapa pasangan yang berhasil mempersiapkannya dalam kurun waktu beberapa bulan saja, tetapi kemungkinan besar mereka pasti bekerja lebih keras dari pasangan lainnya.

Masalahnya, vendor pernikahan yang butuhkan tidak sedikit dan perlu diingat kembali bahwa kamu bukan satu-satunya yang akan menikah. Masih banyak pasangan lain yang juga mencari vendor. Jika kamu terlalu mepet dalam menyiapkan resepsi pernikahan, bisa-bisa vendor impianmu sudah full-booked. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai menyiapkan resepsi pernikahan sejak setahun sebelumnya. Dengan rentang waktu yang cukup lama, kamu juga bisa lebih leluasa memilih vendor terbaik untuk acaramu.

Tulis daftar berisi hal-hal yang harus kamu siapkan

Begitu sudah menentukan hari-H, segera tulis daftar berisi hal-hal apa saja yang kamu butuhkan untuk acara nanti. Tentunya daftar ini bersifat fleksibel karena setiap pasangan pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun, menurut Finansialku.com, biasanya hal-hal inilah yang harus disiapkan untuk resepsi pernikahan:

  • Mendaftar pernikahan di KUA
  • Lokasi resepsi pernikahan (gedung, hotel, atau lainnya)
  • Dekorasi tempat resepsi pernikahan
  • Katering
  • Undangan pernikahan
  • Souvenir pernikahan
  • Dokumentasi
  • Pakaian pengantin
  • Rias pengantin
  • Hiburan saat resepsi pernikahan (band, akustik, atau lainnya)

Jangan lupa hitung perkiraan biaya

Karena tidak menggunakan jasa Wedding Organizer, mau tidak mau kamu juga harus menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk resepsi pernikahan. Di sinilah daftar yang kamu buat sebelumnya dapat membantu kamu. Pada bagian samping setiap item, tulis pula estimasi biayanya. Baru setelah itu kamu bisa menjumlahkan total biaya yang dibutuhkan.

Mulai Hitung Biaya Pernikahan Kamu via plannersearch.org

Mulai Hitung Biaya Pernikahan Kamu via plannersearch.org

Tentunya kamu tidak boleh asal dalam menulis estimasi biaya, ya. Lakukan riset dengan browsing di internet, bertanya langsung ke beberapa vendor pilihan, atau bertanya kepada kenalan kamu yang sudah menikah. Jadikan estimasi ini sebagai patokan biaya yang harus kamu siapkan. Mengingat biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, kamu bisa mengumpulkan uang sejak jauh-jauh hari dengan berinvestasi melalui KlikCair.

Manfaatkan aplikasi pernikahan

Agar proses menyiapkan resepsi pernikahan berjalan lebih mudah, praktis, dan efisien, kamu bisa menggunakan aplikasi pernikahan pada smartphone kamu. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk dicoba:

  • LadyMarry Wedding Planner
    Menyediakan fitur to-do list untuk membantu kami menyiapkan segala hal yang diperlukan.
  • Bridestory
    Menyediakan berbagai inspirasi vendor pernikahan, mulai dari dekorasi, katering, fotografer, hingga makeup.

Serahkan acara saat hari-H pada keluarga atau orang terdekat

Mempersiapkan resepsi pernikahan tanpa WO bukan berarti kamu harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Saat hari-H, jangan sampai turun tangan sendiri. Setidaknya sebulan sebelum hari-H, minta tolonglah keluarga dan orang-orang terdekatmu untuk menangani segala keperluan saat hari-H, terutama memastikan bahwa setiap vendor melaksanakan tanggung jawab sesuai perjanjian.

Jangan ragu membagi tugas-tugas tersebut. Mereka pasti mau membantu kamu, kok. Intinya, saat hari-H kamu harus benar-benar fokus pada dirimu sendiri agar tidak stres dan justru merusak mood kamu.

 

Jadi, siapa bilang mempersiapkan resepsi pernikahan tanpa WO itu mustahil? Selama memperhatikan hal-hal di atas, acara resepsi pernikahan kamu bisa berjalan sesuai impian walau tanpa bantuan WO sekali pun!

 

You may also like...

Leave a Reply