Membeli Properti Tanpa Modal? Simak Caranya

Membeli properti tanpa modal
Cara membeli properti tanpa modal yang bisa diterapkan. Photo by Pexels
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Bila ditanya, apakah mungkin membeli properti tanpa modal, mungkin sebagian besar dari kamu akan berpikir tidak bisa karena sekecil apa pun nilainya, saat membeli properti tentu kamu juga akan perlu modal. Namun ternyata hal ini bukan mustahil dilakukan lho. Ada beberapa cara membeli properti tanpa modal yang bisa kamu terapkan, berikut daftar dan penjelasannya.

Melakukan peminjaman dana

Membeli properti tanpa modal dengan pinjam dana.
Pinjam dana. Photo by Pixabay

Cara pertama yang merupakan cara yang paling banyak dipilih untuk membeli properti meski kamu tak memiliki modal yang cukup adalah dengan melakukan peminjaman dana. Kamu dapat memilih untuk meminjam dana pada pihak kreditur tertentu untuk membayar uang muka properti yang ingin kamu beli. Meski hal ini cukup mudah, tetap pastikan bahwa besaran pinjaman dana yang kamu lakukan merupakan jumlah yang dapat kamu bayar kembali di kemudian hari sehingga tak akan memberatkanmu.

Kamu dapat mencari pemberi pinjaman (kreditur) yang dapat memberikan pinjaman sebesar uang muka, dengan bunga cicilan yang relatif rendah, agar di akhir masa investasi kamu tetap dapat menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Catat! Investasi yang Menguntungkan di Tahun Tikus Logam

Menyewa properti yang memiliki opsi membeli

Sewa properti opsi beli.
Menyewa properti yang punya opsi beli. Photo by Pixabay

Cara lain yang dapat kamu terapkan agar dapat membeli properti tanpa modal adalah dengan melakukan penyewaan properti yang memiliki opsi membeli. Menyewa (leasing) properti dapat menjadi salah satu pilihan tepat bila kamu tak memiliki cukup dana atau modal untuk membayar uang mukanya. Dengan melakukan penyewaan (leasing), kamu tentu memiliki perjanjian sewa menyewa dengan melibatkan beberapa poin klausulnya.

Yang perlu kamu lakukan adalah menyewa properti yang di dalam perjanjian sewanya memberikan pilihan pada kamu yang berperan sebagai debitur untuk tetap melanjutkan sewa atau memilih untuk membelinya.

Perlu kamu perhatikan pula bahwa metode leasing ini memiliki sedikit perbedaan dengan sistem beli – sewa. Perbedaan mendasar yang ada pada metode leasing ini adalah leasing memberikan kamu kebebasan pilihan untuk membeli properti tersebut atau melanjutkan sewanya.

Sementara pada sistem beli–sewa terdapat perjanjian yang mengizinkan atau memperbolehkan pihak kreditur untuk menarik kembali objek sewa berupa properti tersebut bila kamu sebagai pihak debitur tidak mampu lagi menyelesaikan angsuran.

Mencari seller financing

Mencari seller financing.
Mencari seller financing. Photo by @officestock

Mencari seller financing dapat menjadi opsi cara membeli properti tanpa modal selanjutnya. Saat kamu menemukan penjual yang ingin segera menjual properti yang dimiliki secara cepat, tentu kamu dapat melakukan negosiasi terkait kesediaan memberikan kemudahan dalam hal pembelian, salah satunya adalah dengan pengajuan penawaran berupa pembayaran cicilan bulanan dengan nilai yang lebih tinggi sebagai pengganti dari uang mukanya.

Kamu juga dapat menerapkan metode peminjaman konvensional dengan menggunakan pihak perantara seperti bank, dan melakukan negosiasi dan membuat perjanjian pembelian tertentu seperti menalangi uang muka properti terlebih dahulu.

Melakukan pengambilan alih (take over)

Melakukan take over.
Melakukan take over. Photo by Pixabay

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk dapat membeli properti tanpa modal adalah dengan melakukan take over atau pengambilan alih. Bila memilih cara ini, kamu dapat memulainya dengan mencari debitur properti yang sudah tidak sanggup dalam meneruskan angsurannya. Dalam hal ini, kamu dapat mencari lembaga keuangan tertentu yang dapat membantu kamu sebagai kreditur propertinya.

Saat melakukan take over, kamu perlu memeriksa dan memperhatikan baik – baik mengenai perjanjian yang telah dibuat antara kreditur dan debitur properti yang bersangkutan, untuk memastikan bahwa transaksi take over ini diperbolehkan pada perjanjian peminjamannya. Dengan begitu, proses transaksi take over ini dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Inilah 8 Kota Terbaik untuk Investasi Properti Saat Ini

Melakukan kemitraan

Melakukan kemitraan.
Melakukan kemitraan. Photo by Pixabay

Cara membeli properti tanpa modal selanjutnya adalah dengan melakukan kemitraan. Jika mungkin kamu tak memiliki modal, namun memiliki ide yang bagus tentang investasi di bidang properti, melakukan kemitraan dengan pemodal merupakan salah satu hal yang dapat kamu coba.

Kemitraan di sini berarti para pemodal ini dapat memberikan kamu modal dan sebagai gantinya, kamu akan menuangkan ide dan tenagamu untuk mengelola properti tersebut. Yang perlu kamu perhatikan, selalu buatlah kontrak yang jelas mengenai kewajiban kedua belah pihak. Selain itu, buat kontrak yang jelas mengenai cara pembagian keuntungan dari investasi tersebut, sehingga proses kemitraan dapat berjalan dengan transparan dan fair untuk kedua belah pihak.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin Anda juga menyukai