Catat Ya! Ini Cara Mudah Membangun Engagement di Sosial Media

tampilan engagement sosial media instagram
Catat Ya! Ini Cara Mudah Membangun Engagement di Sosial Media. Photo by @georgiadelotz
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali orang yang bingung kenapa follower Instagram atau IG sudah banyak tapi sedikit sekali yang berinteraksi ya. Jika ini juga yang kamu alami, kamu harus tahu bagaimana cara membangun engagement di sosial media.

Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus tahu dulu apa itu engagement. Secara sederhana, engagement itu tingkat interaksi pengguna media sosial yang menjadi target market kamu di media sosial. Makanya, ada istilah engagement rate atau tingkat interaksi user di media sosial kamu. Interaksi bisa berupa like, komentar, atau bahkan share.

Banyak orang yang memiliki akun Instagram bisnis dengan follower yang tidak sedikit namun konten pemasaran mereka tidak meledak. Tingkat sales-nya rendah. Bahkan, interaksinya pun rendah. Kemungkinan, itu disebabkan engagement rate-nya rendah. Dibutuhkan strategi bagaimana cara membangun engagement di sosial media. Tujuannya adalah untuk meningkatkan interaksi hingga akhirnya penjualan melalui media sosial pun meningkat tajam.

Baca juga: Macam-Macam Sosial Media yang Cocok untuk Jalankan Bisnis

Tips Sederhana Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Jempol facebook
Tips sederhana meningkatkan engagement. Photo by Pixabay

Dari penjelasan di atas, sepertinya percuma jika kamu punya banyak follower di IG tapi engagement rate-nya rendah. Meskipun demikian, bukan hal yang salah juga jika selama ini kamu terus meningkatkan jumlah follower IG. Hanya saja, imbangi juga ya dengan menerapkan tips membangun engagement di sosial media.

Bagaimana caranya?

  • Harus Beda
Seorang wanita sedang membuat design.
Harus beda. Photo by Pexels

Tips yang pertama adalah harus tampil beda. Coba bayangkan kamu berada di sebuah mall di mana ada banyak sekali pakaian yang dijual di sana. Mata kamu pasti akan fokus pada pakaian yang beda, entah itu beda warnanya, desainnya, dan lain sebagainya. Apalagi jika pakaian tersebut dipajang di tempat yang sedikit lebih tinggi sehingga lebih mudah untuk dilihat.

Begitu juga dengan sosial media. Ada jutaan orang pengguna media sosial seperti Instagram. Banyak yang menggunakannya untuk berjualan. Bukan tidak mungkin mereka juga adalah kompetitor kamu. Ini seperti berada di mall. Agar medsos kamu tampil beda, maka kamu harus punya ciri khas. Misalnya saja desain konten posting, warna, bahasa dalam membuat caption, dan lain sebagainya.

Buat ciri khas tertentu sehingga orang tahu bahwa itu konten milik kamu. Ini sekaligus menjadi branding dari medsos serta bisnis kamu.

  • Gunakan Kalimat yang Interaktif
Papan bertuliskan keep calm wash hands
Gunakan kalimat yang interaktif. Photo by Pexels

Tips yang kedua adalah memanfaatkan kalimat yang interaktif. Misalnya saja membuat caption yang berupa pertanyaan. Caption seperti ini diharapkan membuat pengguna atau follower kamu menuliskan komentar.

Tentu tidak hanya terus menerus menggunakan kalimat tanya. Gunakan juga kalimat lain yang intinya mengundang follower kamu untuk ikut berdiskusi.

  • Rutin Memposting Konten
Tampilan beberapa postingan di instagram
Rutin posting konten. Photo by Pixabay

Jangan bosan untuk memposting konten jika kamu ingin membangun engagement di sosial media. Kamu harus rutin. Tentukan waktunya. Bisa 1, 2, atau 3 kali dalam satu hari. Yang pasti, tentukan jam yang tepat. Yaitu jam di mana banyak orang kemungkinan melakukan interaksi.

Jika kamu tidak punya waktu untuk posting konten lebih dari 1 per hari, yang terpenting rutin. Boleh saja kamu posting 1 kali saja setiap hari. Namun, pastikan konsisten. Dan tentukan jamnya.

  • Manfaatkan Semua Fitur
Foto makanan.
Fitur instastory. Photo by Pexels

Di Instagram, ada banyak sekali fitur. Misalnya saja post, Instastory, IGTV, dan yang terbaru IG Reel. Gunakan semua fitur tersebut karena tidak ada yang tahu di mana follower kamu lebih tertarik untuk berinteraksi, apakah di feed, story, IGTV, atau di IG Reel.

Nah, itulah beberapa tips sederhana membangun engagement di sosial media. Pada intinya, kamu tidak boleh hanya fokus menaikkan jumlah follower. Ajak juga orang yang sudah follow untuk berinteraksi. Buat postingan yang menggugah mereka untuk like, komentar, atau bahkan share.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai