Macam-Macam Sosial Media yang Cocok untuk Jalankan Bisnis

macam-macam sosial media
Macam-macam sosial media untuk jalankan bisnis. Photo by @nordwood
Waktu baca: 3 menit

Ada macam-macam sosial media yang sangat efektif untuk kamu gunakan dalam kegiatan pemasaran. Di tahun 2016, diketahui bahwa media sosial yang paling aktif di Indonesia adalah Facebook, yang kemudian diikuti pada urutan kedua adalah Google+, lalu Twitter, Instagram, dan Pinterest. 

Bahkan saat ini telah hadir aplikasi yang banyak digunakan oleh para remaja yakni Tik Tok. Dimana pembuatan konten video dengan beragam musik menarik menjadi daya tarik tersendiri dari aplikasi ini. Bahkan keberadaan Tik Tok mulai banyak dilirik para pelaku usaha untuk menjalankan promosi produknya.

Jenis Media Sosial Yang Cocok Untuk Jalankan Bisnis

Bisnis secara konvensional di era ini sudah mulai ditinggalkan dan bergeser pada bisnis online yang dinilai lebih mudah dan praktis, serta mampu menghasilkan keuntungan yang lumayan. Bagi kamu yang sedang merintis bisnis tentunya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk secara lebih luas menggunakan media sosial.

Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial sebagai media promosi yang cocok untuk jalankan bisnismu.

Facebook

Facebook. Photo by Pixabay

Sebagai pengguna terbanyak, Facebook yang sudah ada sejak tahun 2004 ini nyatanya masih digunakan hingga saat ini dan masih efektif sebagai media hiburan sekaligus media bisnis. Dengan Facebook, kamu bisa mem-posting gambar, teks, video, serta link.

Sedangkan untuk marketing bisnis, kamu bisa membuat Facebook fanpage. Bahkan hampir pemilik bisnis saat ini pasti memiliki Facebook untuk mempromosikan produknya serta membangun interaksi dengan para konsumen. 

Instagram

Instagram. Photo by @katerinapavlickova

Instagram menjadi salah satu macam-macam media sosial yang juga digemari oleh banyak orang. Apalagi bagi kamu yang membutuhkan konten berupa gambar dan video, maka Instagram menjadi pilihan yang tepat. Hampir sama dengan aplikasi Tik Tok yang lebih berfokus pada konten berbentuk video. Tidak jarang dari pelaku usaha yang membuat konten di Tik Tok juga bisa men-share di Instagram.

Untuk mendukung promosi, kamu bisa menambahkannya dengan hashtag dan caption yang sesuai dan menarik. Hal ini ampuh untuk menyedot perhatian konsumen dan memudahkan dalam mencari produkmu. 

Twitter

Twitter. Photo by Pexels

Tidak sama dengan Facebook dan Instagram, media sosial ini terbatas akan konten yang bisa kamu posting. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa berpromosi melalui Twitter. 

Untuk kamu yang menjalankan bisnis, media sosial ini lebih cocok untuk membagikan informasi yang terkini, pertanyaan-pertanyaan, serta opini kepada konsumen. Kamu bisa saling terkoneksi dengan para konsumen secara cepat dengan menggunakan Twitter ini. 

Baca juga: 6 Strategi Digital Marketing untuk Pebisnis Pemula

Pinterest

Pinterest. Photo by Pixabay

Media sosial ini bisa kamu manfaatkan untuk mem-posting foto serta video di pinboard. Hal ini cocok sekali untuk menjalankan strategi pemasaran yang memprioritaskan pada visual, seperti halnya kuliner, travelling, fashion, dan sebagainya.

Jika para konsumen lebih banyak perempuan, maka media sosial berupa Pinterest ini menjadi tempat yang tepat untuk kamu pilih. Saat ini yang sedang populer adalah Tik Tok yang juga berupa konten video. Selain menggunakan Pinterest, kamu juga bisa melakukan promosi dengan menggunakan Tik Tok.

Google+

Google+. Photo by Pixabay

Sebagai pemilik bisnis, biasanya juga memiliki website yang diharapkan sekali bisa berada di posisi yang paling atas dalam pencarian. Hal ini pun lebih memudahkan konsumen untuk menemukan produk kamu. 

Dikarenakan Google+ ini adalah kepunyaan Google, maka website yang membagikan konten melalui Google akan lebih diprioritaskan. Jadi, kamu sebaiknya menggunakan Google+ ini untuk mendukung SEO di website bisnismu.

Jadi, media sosial apa yang kamu gunakan saat ini untuk menjalankan bisnis? Dari macam-macam sosial media tersebut, kamu bisa menggunakan semuanya termasuk juga Tik Tok untuk bisa memaksimalkan bisnis yang sedang dijalankan.

Mungkin Anda juga menyukai