2 Strategi Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

handphone dengan emote
2 Strategi Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali pebisnis online yang sudah menggunakan media sosial untuk promosi. Beberapa dari mereka berhasil. Bahkan, ada juga yang sistem promosinya hanya mengandalkan media sosial.

Sementara itu, ada beberapa orang yang masih bingung. Bahkan, mereka masih tak mengerti apakah mereka harus menggunakan Facebook, Instagram. TikTok, atau media lainnya. Atau apakah mereka harus menggunakan semuanya?

Sebenarnya, apapun media yang digunakan, yang terpenting adalah strateginya. Ada dua strategi menggunakan media sosial untuk promosi yang sebaiknya dipahami terlebih dahulu.

2 Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial

Penggunaan media sosial bisa memicu kesalahan dalam branding produk
Strategi promosi melalui media sosial. Photo by Rawpixel

Jika harus dibuat kategori, ada dua kategori promosi dengan memanfaatkan media sosial, yaitu promosi gratis dan promosi berbayar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lebih lengkap.

Baca juga: TikTok, Salah Satu Media Sosial Sebagai Media Promosi

  • Promosi Gratis Menggunakan Media Sosial
Instagram untuk influencer
Promosi gratis. Photo by @georgiadelotz

Ada banyak sekali orang yang menggunakan media sosial. Makanya, jika kamu punya akun medsos dengan follower atau friend list yang banyak, Kamu bisa optimalkan dengan melakukan promosi di sana. Posting konten promosi produk kamu di akun medsos agar dilihat oleh follower.

Karena sama sekali tidak membutuhkan biaya, makanya ini jenis promosi di medsos gratis. Agar efektif, pastikan kamu terus menambah follower dan berinteraksi dengan mereka agar menaikkan engagement. Konsisten memposting konten yang menarik juga menjadi kunci keberhasilan strategi gratis ini.

  • Promosi Media Sosial Berbayar
Membayar Tagihan Kartu Kredit
Promosi berbayar. Photo by Pexels

Media sosial tidak hanya digunakan untuk mencari teman dan berinteraksi satu sama lain. Platform media sosial juga menawarkan layanan iklan berbayar. Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa beriklan dengan mentarget pengguna media sosial sesuai dengan yang kamu inginkan, mulai dari usia, lokasi, hobi, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, iklan kamu akan lebih tertarget. Potensi untuk closing atau terjadi transaksi juga tinggi.

Dari dua jenis strategi menggunakan media sosial untuk promosi tersebut di atas, mana yang akan kamu coba? Yang jelas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu hanya perlu mengambil sisi lebihnya dengan cara menerapkan strategi tersebut secara cermat.

Cermat Menggunakan Media Sosial untuk Promosi

Tampilan aplikasi Tiktok
TikTok sebagai aplikasi hiburan dan promosi. Photo by @helloimnik

Dari penjelasan di atas, sepertinya yang paling cepat untuk mendatangkan penjualan adalah dengan memilih promosi berbayar. Dan itu memang benar. Akan tetapi, kamu harus tahu budget iklan yang harus kamu siapkan cukup banyak. Semakin tinggi kompetisi di bisnis yang kamu geluti, biaya iklan akan semakin naik.

Kebanyakan para pebisnis online menggunakan promosi berbayar di momen-momen tertentu. Misalnya saja ketika ada promo yang sifatnya terbatas. Konten promosi promo produk tersebut biasanya diiklankan secara berbayar. Karena adanya promo terbatas, biasanya calon pembeli lebih tertarik untuk segera melakukan transaksi.

Sementara itu, ketika tidak ada promo, ada baiknya kamu gunakan strategi promo gratis dengan cara posting konten seperti biasa tanpa diiklankan. Anggap saja ini sebagai cara untuk menaikkan awareness terhadap produk atau perusahaan kamu. Posting konten edukatif, lucu, menarik, atau konten apa saja yang membuat orang tahu bahwa itu konten dari perusahaan kamu.

Jadi, apakah selalu harus memasang iklan di medsos secara berbayar? Jawabannya tidak. kamu harus cermat dalam melakukan promosi online. Yang jelas, kamu harus bisa membaca bagaimana cara kerja media sosial. Pahami juga psikologi para pengguna media sosial menjadi target market bisnis kamu. Dengan memahami hal ini, kamu akan tahu bagaimana cara yang paling tepat memanfaatkan media sosial untuk promosi.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai