Ini Dia Bisnis Berawal dari Kreativitas yang Bisa Kamu Tiru

Seseorang menggambar
Ini Dia Bisnis Berawal dari Kreativitas yang Bisa Kamu Tiru. Photo by @rachaelgorjestani
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Sepertinya, tidak ada produk yang benar-benar baru yang bisa dijual. Semuanya sudah tersedia. Yang diperlukan bukan mencari ide produk atau bisnis baru tapi bagaimana menemukan kreativitas. Makanya, ada yang disebut dengan bisnis berawal dari kreativitas.

Jika kamu mencari produk apa yang benar-benar baru yang belum pernah dibuat sebelumnya, sepertinya tidak ada. Kebanyakan produk merupakan produk turunan dari produk sebelumnya. Contohnya saja mobil. Sudah bertahun-tahun ada mobil, bukan? Namun, dengan sedikit kreativitas, muncullah mobil yang beda dengan yang lainnya. Misalnya mobil listrik atau mobil super kecil yang mirip dengan motor yang bisa digunakan di kota yang begitu macet.

Maka dari itu, kamu sebaiknya berhenti mencari produk yang belum pernah dibuat. Akan lebih baik kamu mengasah kreativitas sehingga produk yang sudah ada bisa kamu buat kembali sehingga tampil beda dan disenangi oleh masyarakat.

Ide Bisnis yang Berawal dari Kreativitas

Seorang wanita memegang kertas bergambar bohlam
Ide bisnis. Photo by Pexels

Ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu contoh yang mana bisnis tersebut hanya berasal dari sebuah kreativitas. Apa saja itu?

Baca juga: Strategi Bisnis di Masa Pandemi yang Para Pengusaha Tangguh Terapkan

Jual Produk dari Bahan Bekas

Bisnis barang bekas
Jual barang bekas. Photo by Pexels

Kreativitas itu membuat sebuah produk jadi beda. Kreativitas juga membuat sebuah produk yang biasa saja menjadi lebih menarik.

Salah satu bisnis berawal dari kreativitas adalah bisnis produk yang dibuat dari bahan bekas. Ide bisnis ini menarik seiring dengan bertambahnya kesadaran di masyarakat pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan bekas sehingga bisa digunakan menjadi produk yang bisa digunakan kembali.

Contohnya saja membaut tas dari bahan berupa sampah plastik. Atau produk keset yang terbuat dari kain percaya. Jangan salah. Dengan kreativitas tinggi, barang bekas yang awalnya sama sekali tidak bernilai menjadi begitu berharga.

Bisnis Kue

Kue kering
Bisnis kue. Photo by Pexels

Kamu suka masak kue? Ada banyak sekali tutorial membuat kue. Bahkan, banyak ibu rumah tangga yang iseng belajar membuat kue sendiri di rumah. Setidaknya, mereka bisa membuat kue buat anggota keluarganya sendiri.

Ini juga bisa menjadi peluang bisnis lho. Tentu saja bukan kue biasa yang harus kamu buat, melainkan kue yang unik. Misalnya saja kue ulang tahun dengan bentuk karakter kartun yang disukai oleh anak-anak. Kue semacam ini bukan sembarang orang bisa buat. Hanya yang punya jiwa kreatif saja yang bisa.

Bisnis Jasa Desain Rumah

Membangun rumah
Jasa desain rumah. Photo by Pixabay

Sekarang ini, banyak orang yang mengerti pentingnya menghire jasa desain rumah. Sudah banyak sekali orang yang kecewa karena rumah yang dibangun tidak sesuai dengan yang mereka bayangkan. Hal ini disebabkan tidak ada gambar dan perencanaan yang pasti.

Hal semacam itu tidak akan terjadi jika mereka menggunakan jasa desain rumah. Gambar calon rumah bisa dibuat dulu lengkap dengan ornamen, aksesoris, dan juga RAB-nya.

Bisnis ini tidak dijalankan dengan sekedar membuat denah calon rumah tapi juga ada pertimbangan estetika dan efektivitas ruangan. Makanya, ini termasuk jenis bisnis yang berawal dari kreativitas.

Florist

Seorang florist
Bisnis florist. Photo by Pixabay

Pernah lihat rangkaian bunga yang begitu indah di acara pernikahan? Ada yang menyerupai bentuk hewan yang cantik sekali. Itu hasil karya seorang florist. Ia adalah orang yang mengandalkan bunga lalu merangkainya menjadi begitu menarik.

Katering

Makanan katering
Membuat bisnis katering harian. Photo by @chenpitu

Ada banyak sekali bisnis katering di luar sana. Namun, berapa yang bisa menyediakan katering yang sehat? Gunakan sedikit kreativitas agar kamu bisa membuat masakan yang lezat sekaligus sehat. Pasalnya, sering kali makanan yang lezat itu tidak sehat. Sebaiknya. Makanan yang sehat itu kurang enak.

Tentu Anda tidak harus memilih satu di antara ide tersebut. Kamu bisa amati bagaimana dengan sedikit kreativitas sebuah produk menjadi beda, lebih menarik, serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Yang pasti, ada banyak sekali ide bisnis berawal dari kreativitas yang bisa kamu coba. Bahkan, bisnis yang mengandalkan kreativitas ini yang tak kalah pernah lekang oleh waktu. Karena kreativitas membuat kamu terus berubah dan menciptakan hal yang baru sesuai dengan selera baru masyarakat.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai