Penerapan Protokol Kesehatan Saat New Normal

Penerapan protokol kesehatan saat new normal.
Penerapan protokol kesehatan saat new normal. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Pandemi Covid 19 memang belum berakhir. Masih ada risiko yang cukup tinggi tentang penyebaran dan penularan virus corona dan tentu saja ini menjadi ancaman sendiri. Untuk saat ini sudah masuk masa “New Normal” dimana kita harus bisa hidup berdampingan dengan virus corona sehingga bisa melakukan aktivitas sehari – hari. Namun walaupun demikian, Penerapan protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pemerintah. 

Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan beberapa aturan mengenai Penerapan protokol kesehatan saat new normal yang memang harus di patuhi selama masa new normal ini. Berikut adalah beberapa protokol kesehatan covid 19 selama masa new normal menurut Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penangan covid 19. 

Untuk Lingkungan Perusahaan / Perkantoran

Penerapan protokol kesehatan saat new normal.
Protokol kesehatan untuk karyawan. Photo by Pexels

Karena paling tinggi cluster covid 19 ada di cluster perkantoran, maka Penerapan protokol kesehatan saat new normal harus dilakukan juga lebih ekstra :

  • Perusahaan atau per kantor diwajibkan untuk membatasi jarak antar pekerja, hal ini berlaku juga untuk meja kerja dan tempat duduk pekerja minimal 1 meter masing – masing
  • Memberikan tanda khusus yang ditempatkan pada lantai di area pekerja, mulai dari ruang ganti, lift hingga area lainnya sebagai bentuk pembatas jarak antar pekerja satu dengan yang lainnya
  • Perusahaan juga harus mengatur jumlah pekerja yang masuk sehingga penerapan jaga jarak juga sangat mudah dilakukan demi menurunkan jumlah penderita covid
  • Lokasi tempat pekerjaan juga harus di bersihkan dan harus higienis dengan melakukan proses pembersihan berkala dengan pembersihan yang dilakukan menggunakan disinfektan selama 4 jam sekali. Bagian yang sangat penting untuk diberikan disinfektan adalah pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan yang digunakan bersama, area dan fasilitas umum. 

Baca juga: Tips Protokol Kesehatan Di Restoran Untuk Cegah Covid 19

Penerapan protokol kesehatan saat new normal umun

Protokol kesehatan unutk masyarakat. Photo by @victorhwn725

Selain itu, ada Penerapan protokol kesehatan saat new normal yang memang wajib dilakukan oleh setiap orang sehingga mencegah terkena covid diantaranya adalah :

  • Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Gunakan Handsantizer atau menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik untuk membersihkan tangan anda. Cara mencuci tangan yang dilakukan juga harus sesuai dengan standar yang diberikan meliputi bagian dalam, punggung, sela dan ujung jari.
  • Cobalah untuk menghindari area wajah, khususnya mata, hidung dan mulut menggunakan tangan. Karena area ini menjadi jalan masuk dari virus
  • Usahakan untuk menerapkan etika batuk dan bersih. Etika yang dimaksud adalah dengan menutup mulut dan hidung menggunakan kain atau tisu yang setelahnya harus anda buang ke tempat sampah. Atau menggunakan bahu lengan.
  • Menggunakan masker. Jika anda menggunakan masker medis, maka anda hanya bisa menggunakan masker ini 1 kali dan setelahnya harus segera anda ganti. Anda harus membuah masker medis ini di tempat sampah yang tertutup kemudian anda bisa mencuci tangan setelahnya. Untuk anda yang menggunakan masker kain, maka anda jangan lupa untuk mencucinya secara rutin
  • Selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, usahakan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan rajinlah melakukan aktivitas olahraga sehingga imun tubuh juga tetap terjaga
  • Penerapan protokol kesehatan saat new normal lainnya adalah dengan melakukan isolasi mandiri di rumah saja jika anda merasa tubuh kurang sehat dan jangan pernah memaksakan datang ke tempat kerja atau tempat umumnya. Karena ini bisa membuat tubuh anda menjadi lebih mudah terserang virus. 

Demikian penerapan protokol kesehatan saat new normal yang perlu dipatuhi. Dengan mematuhinya, pandemi ini bisa segera selesai dan kita semua bisa beraktifitas seperti sedia kala.

Mungkin Anda juga menyukai