UMP Naik 8,03%: Lifestyle Terus Meningkat Lalu Kapan Investasi?

Yes UMP naik via accountingweb.com
Waktu baca: 3 menit

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan ternyata semakin meningkat ya Teman Klik. Tanpa disadari, lifestyle kita pun juga kian meningkat lho. Untungnya ada kabar baik nih untuk di awal tahun 2019. Ya, sebagian dari kamu mungkin sudah tahu kabar UMP naik sebesar 8,03% di tahun 2019 nanti. Hal ini dinilai sangat sesuai dan wajar karena ditinjau dari kebutuhan hidup yang berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi nasional.

Lalu dengan kebijakan pemerintah tentang UMP naik tersebut, sudah sesuaikah dengan gaya hidup ataupun lifestylemu di masa yang akan datang?

Lifestyle Meningkat

Saat ini, gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi kamu yang notabene sedang dalam masa produktifnya, dianggap sering menghabiskan waktu untuk menghilangkan hiruk pikuk pekerjaan di luar kendali. Tak dipungkiri gaya hidup seperti nongkrong, jajan ke Mall, dan kebiasaan hidup boros lainnya dapat mengganggu kondisi kantongmu.

Padahal bisa dibilang hidup serba pas-pasan banget nih. Ya, bagaimana tidak, jangankan pergi hangout ke Mall ataupun kafe, kebutuhan pokok telah terpenuhi sudah sangat bersyukur banget ya. Meskipun UMP dikabarkan naik awal tahun depan. Akankah kamu terus menerus mengandalkan UMP saja?

Banyak kasus pekerja yang masih hidup dengan lifestyle gali lubang tutup lubang, alias pinjam sana, pinjam sini. Meskipun kebutuhan telah benar-benar ditata agar mendahulukan yang prioritas, hal ini tak dipungkiri seringkali tetap terjadi. Mengapa demikian? Ya, sekali lagi karena lifestyle.

Naiknya UMP (Upah Minimum Provinsi) ini merata untuk seluruh provinsi di Indonesia. Nah, dengan kebijakan pemerintah yang akan dilaksanakan awal tahun depan, apa yang kamu rencanakan sebagai pekerja?

Investasi Masa Depan

Bisakah kamu menyisikan sebagian besar gaji untuk menabung maupun investasi?

1. Tabungan & Investasi

Benar saja, UMP naik, namun kebutuhan harian juga turut naik. Bagaimana kebijakanmu Teman Klik? Tak ada lagi ruang untuk terus mengikuti lifestyle kebanyakan orang semacam: nongkrong, berbelanja hal yang tidak begitu dibutuhkan, dan lain sebagainya. Bagaimana jika kita beralih lifesyle menjadi orang yang rajin menabung. Ya, baik tabungan konvensional maupun investasi skala panjang. Namun kamu harus mengenali terlebih dahulu jenis-jenis tabungan dan investasi sesuai kebutuhan dan kemampuanmu nih.

Nggak jaman lagi ngeluarin uang tanpa perencanaan terlebih dahulu ya! Tentukan prioritasmu mulai saat ini juga. Nah, sebagai pekerja, berapa besar sih uang yang bisa kamu sisihkan untuk ditabung ataupun diinvestasikan dengan kenaikan UMP tersebut?

Tetaplah berhemat, karena meskipun UMP naik, namun kebutuhan tetap naik artinya pengeluaranmu sebenarnya sama seperti yang sebelumnya lho! Ya, coba deh kamu hitung-hitung lagi.

 

Baca Juga: Cara Cerdas Mengatur Keuangan dengan Sistem 50/30/20

 

Tabungan yang kebanyakan kita ketahui memang pada umumnya berupa uang yang disimpan di bank maupun disimpan di dalam brangkas berupa bentuk tabungan cash maupun deposito, sedangkan berbeda halnya dengan investasi. Investasi memiliki berbagai ragamnya lho.

Pada umumnya ada dua jenis investasi nih teman klik, yaitu investasi melalui aset real yang dapat kita lihat bentuk fisiknya seperti emas dan properti. Nah, investasi semacam ini banyak dipilih bagi kamu yang memiliki penghasilan lebih dari kata cukup. Biasanya mereka yang memilih investasi jenis ini adalah mereka yang memiliki perancanaan panjang untuk kebutuhan keluarga dan bisnis. Ada juga investasi dalam bentuk keuangan yang dilakukan melalui berbagai produk pasar modal, seperti reksa dana, saham dan obligasi. Sebagian besar dari kamu mungkin sudah sering mendengar istilah tersebut.

2. Investasi Bermakna

Nah, saat ini juga ada investasi dengan mengutamakan nilai ataupun yang sering kita sebut value. Dengan metode pembiayaan hutang yang memungkinkan individu atau bisnis untuk mendapatkan pinjaman atau memberikan pinjaman tanpa melalui lembaga keuangan tradisional sebagai perantaranya.

Mari buat hidup jadi lebih bermakna via theconversation.com

Mari buat hidup jadi lebih bermakna via theconversation.com

Dengan motede ini peminjam kini bisa mendapatkan kemudahan proses dan juga bunga yang terjangkau. Di lain sisi, pemberi pinjaman dapat memperoleh investasi yang lebih menguntungkan dibanding instrumen investasi konvensional lho! Bagaimana bisa? KlikCair hadir sebagai wadah yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman. Dengan hal tersebut, selain berinvestasi, kamu juga bisa memberi dan mendapat value. Penasaran? Yuk mampir ke website kami, dan konsultasikan langsung bersama tim KlikCair.

You may also like...

Leave a Reply