Berbagai Macam Kode Emas Agar Lebih Mudah Untuk Mengetahui Emas Asli

kode emas
Berbagai Macam Kode Emas Agar Lebih Mudah Untuk Mengetahui Emas Asli. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, kamu harus tahu kode emas supaya bisa membedakan produk asli dan palsunya. Logam mulia ini memang merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, instrumen investasi ini dapat menjadi andalan masyarakat investor sebagai aset yang nantinya bisa menjamin keuangan di masa depan.

Pada umumnya, investor akan memilih logam mulia berupa batangan, koin maupun perhiasan.Masih ada pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menawarkan jual-beli logam mulia palsu. Oleh sebab itu, kamu harus bisa membedakan logam mulia yang asli dan juga palsu agar bebas dari berbagai tindakan penipuan. Pertama, kamu harus memeriksa kondisi fisik dan juga sertifikatnya.

Selain itu, kamu juga harus selalu perhatian cap yang sudah tercetak dalam bentuk fisiknya. Cap itu nantinya akan berisi keterangan kandungan kemurnian pada logam mulia.  

Baca juga: Jangan Tertipu! Pilih Tempat Beli Emas Antam Online Terpercaya

Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode 

Pada umumnya, para produsen atau toko logam mulia sudah akan mencantumkan keterangan dari kadar karat yang berupa cap khusus. Kadar karat ini merupakan ukuran yang menunjukkan tingkat kemurnian dari logam mulia tersebut. Setiap besaran karat tersebut akan mewakili 1/24 dari 24 karat secara keseluruhan tingkat kemurnian. Namun, tingkat dari kemurniannya itu bisa berbeda menyesuaikan dengan jenis dan produknya.

Kamu juga wajib tahu terkait dengan penggolongan logam mulia beserta kodenya supaya bisa membedakan aset logam mulia yang benar-benar asli dan palsu. Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap.

1. Kode Emas Tua 

Kode emas tua atau bisa disebut juga dengan logam mulia tua ini merupakan sebuah logam mulia yang mempunyai kadar karat lebih dari 50%. Instrumen investasi yang berkilau ini juga mempunyai harga yang jauh lebih mahal. Semakin besar tingkat dari kemurniannya, maka akan memiliki harga yang semakin mahal pula. Lalu emas tua kode berapa saja?

  • Emas 585 atau 14K585 artinya mempunyai kadar 58%. Jika berada di luar negeri, kamu pasti akan sering menjumpai perhiasan dengan menggunakan cap ini.
  • Emas 700 itu berarti memiliki kadar sebesar 70%. Produk yang ini memang paling sering ada di pasaran.
  • Emas 750 berarti memiliki kadar 75%.
  • Emas 833 artinya mempunyai kadar 83,3%. Produk satu ini memang jarang muncul di pasaran.
  • Emas 850 artinya mempunyai kadar 85%.
  • Emas 875 atau 21K875 berarti mempunyai kadar 87,5%. Secara umum, produk ini lebih banyak diproduksi di negara Arab.

2. Kode Emas Muda 

Jenis emas satu ini adalah emas yang mempunyai kadar di bawah 50%. Secara umum, pada setiap perusahaan akan mempunyai cap khusus yang juga diikuti dengan keterangan nominal kodenya. Jenis logam mulia atau emas ini juga mempunyai beberapa cap yang berfungsi untuk sebuah tanda golongan tingat dari kemurniannya, kemudian berapa saja kode emas muda? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

  • Emas 150 itu berarti mempunyai kadar sebesar 15%. Misalnya, ada produsen logam mulia yang menggunakan kode GB150 / Gold Bond 150.
  • Emas 300 berarti logam mulia yang mempunyai kadar 30%. Ada beberapa produsen yang akan memberikan cap kode hati, , 0,3, HT, KY, AR, PR, LGT, L Lotus, MG, KH, HWT, UBS, M, N, MT, DY, RS,  atau BMW yang juga akan disertai dengan angka 30.
  • Emas 333 itu artinya mempunyai kadar sebesar 33,33%.
  • Emas 375 berarti logam mulia 18K yang mempunyai tingkat kemurnian 37,5%.
  • Emas 400 kadar karat yang dimilikinya 40%. Jenis ini juga semakin langka karena perusahaan akan cenderung untuk memproduksi perhiasan dengan kadar 37,5%.
  • Emas 420 artinya mempunyai kadar 42%. Bila kamu berada di luar negeri, produk ini akan mempunyai label 10K.

Tips Membedakan Emas Asli dan Palsu 

Supaya nantinya terhindar dari penipuan, kamu juga harus mengetahui cara untuk mengecek emas asli atau palsu yang paling tepat. Pasalnya, sekarang ini banyak sekali emas-emas palsu yang sudah bertebaran di pasaran. Cara yang dilakukan juga dapat dari secara manual sampai melakukan pengecekan secara langsung ke toko emas. Agar kamu nantinya tidak akan menjadi korban penipuan oleh oknum penjual emas, kamu bisa membaca tips di bawah ini :

1. Gosok Emas Menggunakan Tangan 

Cara pertama agar kamu bisa mengetahui apakah emas tersebut memang benar – benar asli atau palsu adalah dengan menggosoknya. Pakai tangan kosong untuk menggosok emas tersebut. Jika nantinya warnanya pudar, maka sudah bisa dipastikan bahwa emas tersebut memang palsu.

2. Mendekatkannya ke Magnet 

Dekatkan emas dengan sebuah magnet. Emas memang mempunyai sifat non magnetis. Jadi bila nantinya emas didekatkan dengan sebuah magnet maka emas tidak akan mau menempel. Namun harus selalu diperhatikan juga masih ada logam lain yang juga mempunyai sifat non magnetis. 

3. Pakai CertiEye 

Jika kamu memang masih kurang yakin dengan cara cek emas yang asli atau palsu tersebut,maka bisa untuk menggunakan aplikasi CertiEye. Tapi kamu harus mendownload aplikasi tersebut di ponsel pintar. Pada aplikasi itu nanti akan memberikan informasi seasli apa emas yang ada di tangan kamu tersebut.

4. Gigit Emas 

Cara cek emas yang asli dan palsu berikutnya adalah dengan cara menggigitnya. Emas asli umumnya akan lebih lunak dan mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, emas juga akan semakin terasa lebih lunak. Jika kamu mencoba untuk menggigit emas batangan dan terdapat bekas gigitan, berarti itu merupakan emas asli. Namun, jangan sampai kamu terburu-buru untuk membelinya.

Hal itu karena pengrajin emas palsu juga akan mencampurkan timah di bagian luar. Timah juga memiliki sifat yang lunak mirip seperti emas. 

5. Memperhatikan Bentuk Fisik dari Emas 

Kamu dapat memperhatikan kondisi fisik dari sebuah emas. Pada emas murni maupun batangan, kamu akan bisa melihat kadar emas tersebut. Kadar emas itu umumnya akan menggunakan satuan fineness. Namun masih banyak yang akan menulisnya dengan satuan karat, seperti 10K, 18K dan 24K.

6. Lakukan Pengecekan di Butik Logam Mulia 

Jika kamu tidak ingin susah – susah mengecek keaslian dari emas, bisa datang secara langsung ke butik logam emas yang sudah kamu pilih. Disana nantinya akan ada petugas-petugas yang bisa mengecek keaslian dari logam mulia tersebut. Nantinya para petugas akan memberitahukan kepada kamu apakah emas yang dibawa tersebut asli atau palsu.

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, produsen emas akan membuat kode emas atau cap khusus untuk bisa menunjukan tingkat kemurnian dari sebuah logam mulia. Seorang investor memang wajib untuk mengetahui hal tersebut, agar bisa membedakan logam mulia asli dan juga palsu. Itulah nantinya yang bisa membuat kamu dapat menghindari penipuan ketika melakukan transaksi jual-beli logam mulia atau emas.

Artikel Lainnya