Jangan Tertipu! Pilih Tempat Beli Emas Antam Online Terpercaya 

emas antam
Jangan Tertipu! Pilih Tempat Beli Emas Antam Online Terpercaya. Photo by CNN Indonesia
Waktu baca: 3 menit

Emas menjadi instrumen investasi yang tepat, khususnya bagi pemula atau kamu yang baru mulai berinvestasi. Namun, pastikan juga bahwa kamu beli emas antam online terpercaya, bukan yang abal-abal atau bahkan tipu-tipu.

Ada alasan mengapa emas itu tepat sekali untuk kamu pilih sebagai instrumen investasi. Ini merupakan investasi yang sangat low risk. Artinya, risiko ruginya sangat kecil. 

Bahkan, bisa dikatakan emas memiliki kenaikan harga dari tahun ke tahun yang pasti. Mungkin ada waktu di mana harga emas turun. Hanya saja, itu hanya terjadi di momen tertentu yang sifatnya jangka pendek.

Karena semakin banyak orang yang tertarik untuk beli emas antam online, ada banyak juga oknum yang memanfaatkan fenomena ini. Mereka melakukan bisnis tipu-tipu jual beli emas antam.

Baca juga: Ketahui Beberapa Cara Mengecek Harga Emas Tanpa Harus Datang Ke Toko

Kenapa Banyak Korban Emas Antam Tipu-Tipu 

Sebenarnya, jika ditanya kenapa ada banyak orang yang menjadi korban tipu-tipu jual beli emas antam, jawabannya hampir sama. Pengetahuan yang kurang dan juga keinginan untuk kaya secara instan. 

Masyarakat yang kurang memiliki edukasi lebih mudah untuk tertipu. Apalagi ketika mereka diiming-imingi dengan kekayaan yang super cepat. Sudah pasti mereka akan mudah tertarik.

Lalu, apa yang membuat daya tarik sehingga banyak korban penipuan jual beli emas antam? Ini terkait dengan harga. Banyak oknum penipu yang menjual emas antam dengan harga yang lebih murah. 

Margin antara harga jual dari mereka dengan harga jual dari marketplace antam memang tidak banyak. Akan tetapi, ketika berat emasnya tinggi, marginnya menjadi sangat tinggi pula. Dan ini yang membuat banyak orang tertarik lalu beli.

Sayangnya, jual beli seperti ini biasanya tidak secara langsung. Mereka beli logam mulia antam tersebut secara online melalui media sosial. Beberapa kasus terjadi di mana oknum penjual menawarkan emas antam melalui media sosial. 

Mereka buka emas dengan harga yang rendah. Lalu, korban diminta untuk mengirimkan uang terlebih dahulu kemudian emas antam akan dikirim ke alamat. Ini mirip dengan jual beli barang seperti biasa.

Akan tetapi, ketika korban sudah mengirimkan uang, mereka tidak kunjung mendapatkan antam yang sudah ia beli. Akun media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi pun hilang.

Kasus seperti ini sudah berulang-ulang kali terjadi. Untuk itu, sebaiknya kamu beli emas antam online terpercaya, jangan dari perorangan apalagi yang hanya menggunakan media sosial. 

Tips Membeli Emas Antam Terpercaya 

Sekarang ini, beli logam mulia antam itu bisa dilakukan secara offline dan online. Yang pasti, kamu harus memilih tempat yang terpercaya. Di mana kamu bisa membeli emas terpercaya?

  1. Beli Emas Offline

Sampai sekarang, sepertinya Pegadaian menjadi tempat yang paling tepat dan paling bisa dipercaya untuk beli emas offline. Pasalnya, dari dulu Pegadaian memang sudah dikenal sebagai tempat jual beli emas antam. 

Kamu bisa pergi ke Pegadaian untuk membeli logam mulia antam. Apalagi ini merupakan perusahaan Plat Merah yang sudah pasti aman.

Namun, Pegadaian juga sudah mulai berinovasi sekarang. Mereka menawarkan jual beli antam secara online melalui website dan juga aplikasi yang sudah mereka siapkan. Bahkan, bukan hanya antam tapi juga masyarakat bisa menabung emas.

  1. Beli Emas Online  

Jika kamu lebih tertarik untuk beli emas secara online, ada banyak pilihan. Misalnya Pegadaian yang dalam penjelasan sebelumnya mereka sudah menawarkan layanan jual beli emas online. 

Di sisi lain, tidak sedikit juga aplikasi khusus yang menawarkan jual beli antam seperti Tamasia, Pluang, E-Mas, dan Lakuemas. Yang pasti, kamu harus memilih aplikasi yang sudah legal dan memiliki kerja sama dengan Perusahaan Antam. 

Pelajari dulu aplikasi yang akan kamu gunakan, apakah sudah berizin dari OJK atau belum. Ini yang sangat penting.

Semoga kamu tidak menjadi korban tipu-tipu emas selanjutnya. Pastikan kamu beli emas antam online terpercaya. Atau jika kamu masih ragu, langsung saja ke Pegadaian terdekat untuk beli beli logam mulia antam yang sudah pasti asli, bukan tipu-tipu.

Artikel Lainnya