Kiat Agar bisnis es krim rumahan Maju dan Berkembang

bisnis es krim rumahan
Kiat bisnis es krim rumahan agar maju. Photo by @lamaroscu
Waktu baca: 3 menit

Dalam memulai suatu usaha tentu akan ada perasaan dimana rasa takut akan rugi atau gagal akan terlintas di benak. Terlebih jika modal yang kamu miliki sangat terbatas. Belum lagi kamu harus menghadapi pesaing yang sudah menuai kesuksesan. Meski saat ini pemerintah menggalakkan usaha kecil dan menengah dengan berbagai bantuan modal dan pelatihan, namun tetap saja dari diri orang tersebut yang harus mampu bertahan dalam mengelola bisnisnya. Jika kamu dapat memanfaatkan lahan di rumah untuk tempat menjalankan bisnis maka itu akan lebih baik. Akan banyak sekali dana yang bisa dihemat untuk menyewa lapak atau toko. Misalnya bisnis bimbingan belajar, penitipan anak, pembuatan donat, es krim rumahan atau usaha lainnya yang dapat diproduksi di rumah dan juga dijalankan di rumah dengan memasang sedikit gerai.

Kali ini kita akan mengulas bisnis es krim yang dapat diproduksi di rumah atau es krim rumahan agar dapat berkembang dan bertahan:

Inovasi tiada henti

bisnis es krim rumahan
Lakukan inovasi. Photo by Pexels

Dalam memulai bisnis es krim rumahan atau usaha apa saja maka inovasi adalah hal yang sangat penting. Semenarik apapun produk yang kamu tawarkan, pasti konsumen akan menemukan kejenuhan akan produk tersebut meski hanya sementara saja. Diperlukan inovasi atau pembaruan-pembaruan agar produk anda selalu dirindukan oleh konsumen. Misalnya rasa es krim coklat yang dipadu dengan banana atau wijen. Atau cup es krim yang berwarna warni, serta inovasi lainnya.

Inovasi juga dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk pesaing, kepada produkmu. ciptakan inovasi yang belum dimiliki oleh pesaing dengan harga yang menarik. Sehingga konsumen akan tertarik mencoba produk inovasi baru anda. Jangan lupa promosikan setiap ada produkmu yang tampil dengan warna baru tersebut sehingga produk anda terkesan senantiasa fresh.

Sasaran produkmu

Tentukan tujuan yang jelas.
Sasaran produk. Photo by Pixabay

Dalam hal ini kamu harus memastikan siapa sasaran produkmu. Jika ia adalah anak sekolah maka sesuaikan bentuk dan rasa es krim dengan karakter anak sekolah. Biasanya anak sekolah akan mengkonsumsi es krim langsung digerainya. Maka mangkuk atau cone yang digunakan berbahan tepung dirasa sudah memadai. Begitu pula jika kamu menargetkan konsumen pada tempat perbelanjaan atau mall, maka kemasan es krim yang memudahkan es krim untuk dibawa pulang tentu akan lebih menarik.

Baca juga: Belajar Bisnis untuk Pemula yang Menguntungkan

Promosi yang gencar

Lakukan promosi.
Lakukan promosi. Photo by Pexels

Dalam memajukan bisnis es krim rumahan sangatlah mudah dengan memanfaatkan media informasi yang sudah maju saat ini, akan sangat mudah bagi kamu dalam mempromosikan produkmu. Dimulai dari media online yang akan sangat mudah menjangkau targetmu tanpa terhalang jarak dan waktu.

Begitu pula untuk promosi offline dapat dilakukan melalui perkenalan produk pada acara arisan keluarga, aqiqah dan walimahan rekan atau tetanggamu. Kamu bahkan dapat menyisipkan kartu nama atau memajang nomor telepon jika sewaktu-waktu tamu hadirin tersebut ingin memesan es krim untuk acara yang mereka gelar.

Demikian sedikit trik akan memulai bisnis es krim rumahan yang dapat dijadikan inspirasi. Selamat mencoba dan sukses buat kamu yang akan segera memulainya.

Mungkin Anda juga menyukai