Keuntungan Belanja Online yang Perlu Diketahui

Ilustrasi belanja online.
Keuntungan Belanja Online yang Perlu Diketahui. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Saat ini memenuhi kebutuhan bisa dilakukan dengan mudah seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Hanya dengan memanfaatkan smartphone dan jaringan internet memudahkan seseorang memenuhi kebutuhan secara online, tanpa harus lama-lama membuang waktu pergi ke pasar konvensional.

Belanja online menjadi salah satu metode belanja yang sangat digandrungi banyak masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, sederet keuntungan didapatkan para pengguna media sosial dalam memenuhi kebutuhan produk yang dicari. Terlebih saat ini masyarakat tengah dikepung pandemic Covid-19 yang sudah merenggut jutaan nyawa di dunia.

Hadirnya internet memang mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk soal urusan berbelanja, mulai dari kebutuhan pokok hingga belanja kebutuhan yang tidak diperlukan. Jika belanja konvensional mengharuskan pembeli mengunjungi toko penjual, maka berbelanja online hanya membutuhkan smartphone dan jaringan internet saja.

Ketertarikan konsumen terhadap toko online tak lepas dari berbagai kemudahan yang diberikan, meskipun masih banyak yang takut untuk terjun belanja online. Meski begitu terdapat beberapa keuntungan yang sejatinya bisa didapatkan konsumen saat berbelanja di toko online, hal ini tak lepas dari mulai dari kenyamanan hingga promo-promo menarik yang ditawarkan.

Baca juga: Ramainya Hari Belanja Online Nasional di Indonesia

Keuntungan Belanja Online

  • Nyaman
Ciptakan pengalaman belanja yang berkesan.
Belanja online bikin nyaman. Photo by Pixabay

Berbelanja kebutuhan sehari-hari atau produk yang diinginkan menjadi lebih mudah ketika dilakukan secara online. Pembeli tak perlu lagi keluar rumah atau mencari waktu luang untuk pergoi pusat perbelanjaan guna membeli produk yang dibutuhkan. Cukup menggunakan smartphone dan masuk ke aplikasi toko online lalu mencari produk yang dicari.

Belanja online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk ketika sedang melakukan aktivitas atau sedang santai di rumah. Langsung produk yang ingin dicari di toko online, kemudian lakukan pemesanan barang hingga pembayaran lewat transaksi elektronik. Tak perlu lagi mengantre di kasir seperti ketika belanja di toko konvensional.

  • Minim Kontak Fisik
ilustrasi ramainya pusat perbelanjaan.
Tidak kontak fisik. Photo by @heamosoo

Masih dalam musim pandemic Covid-19, belanja online dilakukan tanpa adanya kontak fisik juga sebagai salah satu keunggulan berbelanja di toko online. Mulai dari memilih barang hingga pembayaran dilakukan secara virtual, sehingga penjual dan pembeli sangat minim melakukan kontak fisik yang berhubungan dengan jual beli barang.

Begitu pula dengan pengantaran barang, para kurir yang bekerja di ekspedisi pengiriman telah dibekali dengan pemahaman terkait minum kontak fisik. Kondisi ini sekaligus membuat pembeli ikut berkontribusi dalam mencegah penularan dan penyebaran virus corona, khususnya di Indonesia.

  • Bandingkan Harga dan Kualitas
Membandingkan harga produk.
Membandingkan harga. Photo by Pexels

Tak perlu ragu dengan harga dan kualitas produk atau barang yang ditawarkan, pembeli tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena terdapat fitur mengenai ulasan dan pembanding yang mampu membantu pembeli dalam menentukan kepercayaan terhadap produk yang dicari terkait harga dan kualitas barang.

Terutama jika berbelanja di toko online karena tak hanya satu toko yang menjual produk dengan harga terbaik Tak hanya berbagai ulasan positif, ada pula ulasan negatif terkait barang yang dijual sehingga pembeli mampu mempertimbangkan kembali niatnya untuk membeli.

  • Hadirkan Banyak Promo
Salah satu promo yang ada, yaitu black friday sale
Ada banyak promo. Photo by Pexels

Keuntungan bisnis online bagi pembeli selanjutnya adalah adanya banyak promo dan diskon, baik berupa kupon gratis, potongan harga hingga cashback di setiap transaksi. Hal ini utamanya menjelang hari-hari besar, seperti hari raya atau liburan dan hari belanja online nasional atau harbolnas.

Termasuk juga salah satunya gratis ongkos kirim, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku bagi pembeli. Promo dan diskon menjadi keuntungan bagi para pembeli yang mencari barang incaran, tentunya kemungkinan bisa dibeli harga miring sangat besar.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai