Kerajinan Rajutan yang Kini Semakin Banyak Peminatnya

Kerajinan Rajutan
Kerajinan Rajutan yang Kini Semakin Banyak Peminatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Jika kamu mau lebih jeli dalam melihat peluang bisnis, kamu akan tahu bahwa bisnis kerajinan rajutan itu sangat menggiurkan. Harga barang handmade yang satu ini memang mahal. Namun, siapa sangka jika ternyata semakin banyak orang yang menyukainya.

Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa memaksimalkan demand atau keinginan yang begitu tinggi ini sehingga menjadi profit. Kamu bisa mencari cara bagaimana kamu bisa mendapatkan kreasi rajutan dengan harga yang relatif murah lalu kamu jual dengan margin yang reasonable.

Alasan Mengapa Bisnis Rajut Menggiurkan 

Mungkin kamu tidak percaya jika produk yang terbuat dari bahan rajutan itu laku keras di pasaran. Itu pun yang ada di benak kebanyakan orang. Dan hal tersebut ada alasannya. Misalnya saja harga produk rajutan yang relatif lebih mahal daripada produk yang sama yang dibuat dari bahan lainnya.

Alasan berupa harga yang relatif lebih mahal daripada produk dari bahan lain memang alasan yang masuk akal. Namun, kamu juga perlu dengarkan alasan dari mereka yang lebih tertarik dengan bahan rajutan.

Menurut pecinta produk kreasi rajutan, ini merupakan bahan yang memiliki estetika yang tinggi. Produk ini beda dengan produk yang mungkin terbuat dari kain biasa. Estetika yang tinggi inilah yang mereka hargai sehingga mereka tidak masalah ketika harus membelinya dengan harga yang relatif mahal.

Selain itu, ada juga tipe orang yang memang suka menggunakan produk yang unik. Dan produk yang terbuat dari bahan rajutan salah satunya. Bagi mereka, akan lebih baik memiliki satu produk rajutan yang harganya sedikit lebih mahal daripada memiliki beberapa barang yang biasa.

Dan yang menarik lagi, mereka yang suka menggunakan bahan rajutan ini memiliki tujuan tersendiri. Mereka ingin terlihat beda dari kebanyakan orang. Dengan memahami bahan yang unik apalagi memiliki estetika tinggi, imej mereka pun akan naik.

Kamu harus tahu bahwasanya orang-orang seperti ini jumlahnya semakin banyak. Inilah yang membuat bisnis kerajinan rajutan itu sangat menggiurkan. Semakin tertarik untuk segera memulai bisnis ini?

Baca juga: Pengertian, Keunggulan, Tahapan dan Perencanaan Produksi Massal

Kreasi Rajutan yang Laku Keras Di Pasaran 

Ada banyak sekali contoh rajutan yang bisa kamu jadikan ide bisnis. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Tas 

Bisa dikatakan wanita merupakan target market yang empuk jika kamu berjualan. Apalagi jika kamu mampu menawarkan produk yang cantik dan menarik. Dan inilah peluang di mana kamu bisa memulai bisnis tas rajutan.

Wanita sangat ingin tampil menarik. Dengan membawa tas rajut yang cantik, mereka akan sangat percaya diri. Kamu bisa memulai bisnis kerajinan rajutan ini dengan cara menawarkan tas rajut wanita untuk hangout. Atau bisa juga kamu melakukan diferensiasi dengan cara menjual tas rajut khusus untuk belanja di supermarket.

  1. Syal

Sebenarnya, syal itu hanya dipakai oleh mereka yang tinggal di daerah yang memiliki musim dingin. Setidaknya, jika tinggal di Indonesia, orang-orang yang tinggal di pegunungan atau dataran tinggi yang memakai syal.

Akan tetapi, sekarang syal sudah menjadi tren. Meskipun mereka tidak tinggal di daerah tinggi, banyak orang yang ingin tampil menarik dengan memakai syal. Apalagi jika mereka memakai syal rajut. Sudah bisa dipastikan mereka akan merasa tingkat percaya diri meningkat.

  1. Bros

Jika kamu masih merasa takut memulai bisnis kerajinan rajutan, kamu bisa mulai dari produk yang kecil. Contohnya bros. Bros rajut ini relatif murah untuk dijual. Seseorang tidak akan terlalu berpikir panjang untuk membeli produk yang harganya murah seperti ini.

  1. Dompet 

Salah satu produk yang kecil, murah, tapi banyak orang cari adalah dompet rajut. Ini bukan hanya untuk style tapi juga ada kegunaannya. Kamu bisa menawarkan dompet rajut untuk wanita yang biasanya gemar mencari barang-barang unik dan antik seperti ini.

  1. Sepatu

Jika kamu sering melihat fashion show terutama di luar negeri, kamu mungkin akan sering menemukan model yang memakai sepatu bahan benang rajut. Ini memang terlihat kurang begitu kuat. Namun, jika kamu menemukan pengrajin rajutan yang hebat, mereka bisa lho memproduksi sepatu rajutan yang kuat.

  1. Taplak Meja 

Ada banyak sekali aksesoris untuk barang rumah tangga estetik yang terbuat dari bahan rajutan. Salah satunya adalah taplak meja. Kamu bisa menjual produk ini dan bisa dipastikan produk tersebut akan laku keras. Pasalnya, saat ini orang-orang khususnya generasi milenial lebih tertarik memiliki rumah minimalis dengan aksesoris yang estetik.

Itulah beberapa contoh rajutan yang bisa kamu gunakan sebagai ide bisnis. Sudah ada bayangan apa yang akan kamu lakukan?

Tips Sukses Memulai Bisnis Rajut 

Sama halnya ketika kamu membuat bisnis lainnya, kamu harus menerapkan strategi yang tepat. Untuk memulai bisnis kerajinan rajutan ini, ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan.

Pertama, carilah pengrajin produk rajut yang profesional. Setidaknya, pengrajin tersebut memiliki pegawai yang siap untuk menerima order dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pastikan juga hasil produksinya berkualitas.

Yang kedua, edukasi market. Banyak sekali orang yang suka dengan produk rajutan. Hanya saja, ada beberapa dari mereka yang ragu. Misalnya ragu karena produk rajutan tidak rapi, kasar, dan mudah rusak.

Untuk itu, kamu perlu memberikan edukasi bagaimana cara memilih produk rajutan yang berkualitas. Ini akan membuat mereka yakin bahwa produk yang kamu jual itu bukan sembarang. Manfaatkan sosial media kamu untuk mengedukasi calon konsumen dengan infografis, artikel, atau video yang edukatif dan informatif.

Yang ketiga, buat toko online. Saat ini, kebanyakan orang lebih tertarik untuk membeli secara online. Jadi, kamu perlu membuat beberapa toko online, entah itu di marketplace ataupun toko online berupa website resmi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu pelajari mengenai bisnis rajut. Sebagai pebisnis, kamu pasti tahu akan banyak rintangan yang menghadang. Meskipun kamu sudah menerapkan tips tersebut di atas, bukan berarti bisnis kamu akan berjalan lancar. Sudah pasti ada halang melintang. Namun, setidaknya tips tersebut bisa membuat kamu lebih cepat untuk sukses di bisnis kerajinan rajutan.

Mungkin Anda juga menyukai