Panduan Lengkap Membuat Kata Pengantar Proposal Bisnis

kata pengantar proposal bisnis
Panduan Lengkap Membuat Kata Pengantar Proposal Bisnis. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Sudah menjadi rahasia umum jika membuat kata pengantar dalam sebuah dokumen itu memang gampang-gampang susah. Entah itu kata pengantar dalam makalah, kata pengantar dalam penelitian atau skripsi, dan bahkan kata pengantar proposal bisnis.

Meskipun seseorang tahu bagaimana cara membuat proposal bisnis, belum tentu mereka tahu bagaimana cara menulis kata pengantarnya. Maka dari itu, berikut adalah paduan lengkap tentang cara menulis kata pengantar di dalam proposal bisnis!

Pengertian Proposal Bisnis

Pada dasarnya, proposal bisnis adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi kamu yang ingin mendirikan sebuah usaha dan ingin mengajak orang lain atau sponsor untuk ikut serta. Entah itu usaha makanan, pakaian, dan berbagai jenis usaha lainnya. 

Maka dari itu, secara garis besar pengertian proposal bisnis adalah pengajuan sebuah permohonan untuk bekerja sama dalam bidang bisnis, baik sebagai rekan kerja atau sebagai investor. Tujuan utamanya yaitu untuk mengumpulkan dana agar bisnis lebih lancar.

Fungsi Proposal Bisnis

Seperti apa yang sudah disebutkan, salah satu fungsi proposal bisnis yang paling utama adalah untuk mencari investor atau rekan kerja. Namun selain itu, ternyata sebuah proposal bisnis juga memiliki fungsi yang lain, yaitu fungsi pemasaran atau marketing.

Melalui proposal bisnis, seseorang bisa memperkenalkan bisnis yang sedang mereka tekuni ke berbagai komunitas. Hal ini agar usaha mereka bisa ikut serta ke dalam berbagai event atau pameran yang bisa membuat konsumen mengenal produk mereka.

Dengan usaha yang terekspos ke publik, maka produk yang mereka pun akan memiliki kesempatan untuk terjual dengan kuantitas yang lebih banyak. Maka dari itu, tidak heran jika eksistensi proposal bisnis memang sangat penting bagi para pemilik usaha.

Baca juga: Ini Dia Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Handal

Unsur Proposal Bisnis

Lalu, apa saja isi proposal bisnis? Dalam proposal bisnis, unsur nama kegiatan, pendahuluan, tujuan, waktu dan tempat pelaksanaan, rencana usaha, dan penutup pastinya harus ada. Tidak lupa, kata pengantar dan latar belakang pengajuan proposal.

Sebenarnya, urutannya tidak jauh berbeda seperti unsur proposal yang lainnya. Dari mulai cover dan kata pengantar. Lalu, ada pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan. Setelah itu, ada bagian isi yang menjelaskan waktu, tempat, serta rencana usaha.

Terakhir, sebuah proposal bisnis juga perlu memiliki unsur penutupan, yang terdiri dari simpulan.

Biasanya, para pembuat proposal bisnis akan merasa stuck saat membuat kata pengantar. Baik kata pengantar proposal makanan, pakaian, dan berbagai jenis usaha yang lainnya. Maka dari itu, berikut adalah cara membuat kata pengantar dalam proposal bisnis!

Cara Membuat Kata Pengantar Proposal Bisnis 

Apakah proposal bisnis memakai kata pengantar? Pertanyaan tersebut pasti pernah menghampiri kepala hampir semua orang yang berniat ingin membuat sebuah proposal bisnis. Ternyata, jawabannya adalah iya, proposal bisnis butuh kata pengantar.

Pada dasarnya, kata pengantar proposal bisnis perlu memiliki beberapa komponen. Komponen tersebut adalah ucapan syukur, rencana bisnis secara singkat, ungkapan rasa terima kasih, harapan penulis, hingga tanggal penulisan, tanda tangan, dan nama penulis.

Sebenarnya, cara penulisan kata pengantar proposal pengajuan dana maupun proposal pengajuan keikutsertaan dalam kegiatan itu tidak jauh berbeda. Maka dari itu, berikut adalah beberapa contoh kata pengantar proposal bisnis yang bisa kamu ikuti!

1. Contoh Kata Pengantar Proposal Bisnis Makanan

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami pada akhirnya bisa menyelesaikan penulisan proposal bisnis ini.

Akhir-akhir ini, seblak menjadi salah satu fenomena baru dalam dunia kuliner di Indonesia. Dengan jumlah konsumen yang sangat meningkat, kami percaya jika seblak akan terus membuat dobrakan baru. 

Salah satunya adalah dengan keikutsertaan kedai seblak “Ah Sudahlah” di pameran kuliner Nusantara pada tanggal 5 hingga 7 Desember 2022. 

Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat yang telah membantu kami. Dengan bantuan mereka proposal bisnis ini bisa terselesaikan dengan baik.

Kemudian, kami juga ingin meminta maaf jika ada kekurangan dalam penulisan proposal bisnis ini. Kami siap menerima kritik dan saran yang membangun agar bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Bandung, 25 November 2022

Penulis 

2. Contoh Kata Pengantar Proposal Bisnis Pakaian

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena atas rahmat dan karunia-Nya kami pada akhirnya bisa menyelesaikan penulisan proposal bisnis ini tanpa ada hambatan yang berarti.

Beberapa tahun belakangan ini, thrift fashion menjadi salah satu tren baru di kalangan anak muda. Selain lebih murah, dengan melakukan thrift limbah fashion pun akan semakin berkurang. Hal ini pastinya baik untuk lingkungan.

Sebagai bentuk peduli lingkungan, tim “Vintage Fine” akan ikut serta di pameran fashion pada tanggal 5 hingga 7 Desember 2022. 

Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat yang telah membantu kami. Dengan bantuan mereka proposal bisnis ini bisa terselesaikan dengan baik.

Kemudian, kami juga ingin meminta maaf jika ada kekurangan dalam penulisan proposal bisnis ini. Kami siap menerima kritik dan saran yang membangun agar bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Bandung, 25 November 2022

Penulis

Cara Membuat Latar Belakang Proposal Bisnis

Selain kata pengantar proposal pakaian dan makanan, banyak juga pemilik usaha yang kesulitan untuk membuat latar belakang proposal. Dalam membuat sebuah latar belakang proposal bisnis, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan.

Beberapa unsur dalam latar belakang proposal bisnis adalah dasar dan tujuan utama dari proposal tersebut. Maka dari itu, apa saja hal-hal yang melatar belakangi proposal itu dibuat perlu dijelaskan dengan sangat rinci.

Lalu, rencana bisnis pun harus ada di dalam latar belakang proposal. Jelaskan apa tujuan yang ingin kamu capai dan cara yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Lalu, setelah itu, berikan beberapa fakta pendukung untuk memperkuat penerimaan atas tujuan proposal tersebut. 

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat kata pengantar proposal bisnis dan segala hal yang bersangkutan dengan hal tersebut. Selain itu, ada juga cara untuk membuat latar belakang yang tidak kalah penting dalam sebuah proposal usaha. Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai