Jual Beli dengan NFT Jauh Lebih Menguntungkan Lho!

Transaksi menggunakan NFT
Jual Beli dengan NFT Jauh Lebih Menguntungkan Lho! Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Apakah kamu tahu apa itu NFT atau Non-Fungible Token? Secara sederhana, NFT adalah token digital. Token ini ditautkan ke sistem blockchain yang sekarang semakin marak dibicarakan. Sama seperti uang kripto lainnya, NFT ini bisa dijual-belikan selain fungsinya untuk membeli barang tertentu. Hanya saja, ada satu perbedaan antara NFT ini dengan kripto lainnya. NFT tidak bisa dipertukarkan.

Sejauh ini, NFT paling sering digunakan untuk mewakili barang berupa karya seni. Jadi, para seniman akan menampilkan NFT di karya seni yang sudah mereka buat. NFT inilah yang menunjukkan berapa harga sebuah karya seni tersebut. Ini sangat memudahkan bagi pemilik karya seni ataupun mereka yang mau membeli di sebuah forum digital.

Jadi, sampai di sini kamu sudah paham kan apa itu NFT? 

Apakah NFT Hanya Digunakan untuk Beli Karya Seni Saja?

Melakukan transaksi menggunakan NFT
Transaksi menggunakan NFT. Photo by @moneyphotos

Sebenarnya tidak hanya karya seni saja yang bisa dibeli dengan NFT. Ada juga obyek atau barang lainnya. Yang terpenting adalah barang tersebut tersemat NFT-nya. Barang tersebut bisa berupa barang koleksi bahkan obyek fisik lainnya.

Memang benar NFT ini paling sering digunakan untuk membeli karya seni digital. Misalnya saja gambar GIF, skin video game, atau kartu perdagangan virtual. Namun, sekarang sudah ada juga yang menyematkan NFT pada barang fisik seperti kartu Pokemon, koin langka, atau bahkan sepatu Jordan yang limited edition. 

NFT ini harus kamu miliki jika kamu termasuk orang yang senang sekali dengan karya seni digital. Awalnya, ini digunakan untuk mendukung kreator independen agar mendapatkan penghargaan dari karya yang sudah mereka buat. Saat ini, semakin banyak orang yang menghargai karya seni digital. Apalagi ada nilai keuntungan dari karya tersebut dengan adanya NFT. Akan semakin banyak orang yang mulai mengumpulkan karya seni digital versi NFT. Tidak hanya untuk memberikan penghargaan kepada kreator tapi juga untuk dijual kembali di suatu hari nanti. Tentu saja dengan harapan adanya keuntungan dari aset tersebut.

Baca juga: Belajar Trading Crypto agar Tidak Serakah dan Akhirnya Kalah

Lalu, Bagaimana Cara Memiliki NFT?

NFT
Cara memiliki NFT. Photo by Pixabay

Ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk bisa memiliki NFT. Cara yang paling mudah adalah membelinya dari NFT marketplace. Namun, sebelumnya kamu harus memiliki wallet crypto terlebih dahulu. Inilah yang harus kamu hubungkan dengan NFT marketplace yang kamu pilih.

Sudah punya wallet crypto? Jika sudah, kamu bisa memiliki NFT dengan harga yang jauh lebih terjangkau melalui sistem lelang. Karena ini aset digital yang begitu menarik, banyak orang yang melelang aset mereka. Kamu bisa mengajukan bidding. Jika menang dalam bidding, kemungkinan kamu akan mendapatkan NFT dengan harga yang murah.

Apalagi jika kamu seorang kreator di bidang digital. Pastikan kamu membuat sebuah karya yang fenomenal. Kamu bisa buat versi NFT-nya lalu tawarkan berapa kira-kira uang yang bisa kamu dapatkan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai