Belajar Trading Crypto agar Tidak Serakah dan Akhirnya Kalah

Belajar Trading Crypto
Belajar Trading Crypto agar Tidak Serakah dan Akhirnya Kalah. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Siapa saja yang mulai terjun di dunia cryptocurrency, belajar trading crypto menjadi sebuah kewajiban. Jika tidak, kamu akan sama seperti kebanyakan orang yang menghabiskan uang dengan percuma. Mereka hanya beli tapi selalu kalah atau rugi.

Banyak orang yang akhirnya beli uang crypto hanya karena dengar dari orang lain bahwa ini investasi yang menjanjikan. Apalagi setelah ada blowup di media tentang naiknya uang crypto. Berbondong-bondonglah orang-orang yang membeli crypto.

Padahal, namanya investasi pasti ada untung dan rugi. Ada potensi untung. Ada juga risiko rugi. Semoga saja kamu bukan orang yang asal ikut-ikutan saja. Jika kamu merasa pemula, kamu harus mulai belajar trading crypto. Jangan seperti mereka yang asal beli saja tanpa tahu bagaimana menganalisa atau tanpa mengerti apa saja mengenai fundamental cryptocurrency.

Tips Trading Crypto yang Sebaiknya Kamu Terapkan

Belajar trading crypto
Tips trading crypto. Photo by Pexels

Apa musuh terbesar trading crypto? Tidak lagi tidak bukan adalah diri kamu sendiri. Keserakahan sering membuat orang lupa daratan. Ketika merasa untung, mereka langsung jor-joran tanpa melakukan Analisa. Dan akhirnya zonk.

Maka dari itu, belajar trading crypto sebenarnya adalah bagaimana belajar agar tidak serakah. Meskipun tentu saja hal-hal lain juga harus dipelajari. Ada 5 poin tips trading crypto yang bisa kamu ikuti:

  • Belajar Tentang Analisa Fundamental Crypto
Memahami mata uang kripto. Photo by @silverhousehd

Saat kamu mulai bermain trading crypto, usahakan kamu tahu fundamental crypto. Misalnya saja berapa batasan poin yang sudah ditentukan, kenaikan per bulan, inovasi yang dilakukan, penggunaan, dan lain sebagainya. Kamu bisa belajar dari orang-orang yang sudah lama berkecimpung di bidang cryptocurrency.

  • Mulailah dari yang Kecil
Mulai dari yang kecil. Photo by @peiobty

Ini juga sangat penting. Ini terkait dengan modal awal saat kamu beli crypto. Usahakan untuk tidak menaruh banyak uang ke crypto ketika kamu baru mulai belajar trading crypto. Kamu bisa gunakan mungkin 1 atau 2 persen dari tabungan yang kamu punya sekarang. Ini angka yang relatif masuk akal. Karena jika kamu rugi, kamu tidak akan terlalu sedih.

Sangat disarankan juga kamu gunakan uang yang tidak kamu pakai. Misalnya saja uang untuk kehidupan sehari-hari sudah tersedia. Begitu juga dengan uang cicilan, dana darurat, dan lain sebagainya. Sisanya bisa kamu gunakan untuk beli uang kripto.

  • Fokus Pada Satu Uang Crypto
Fokus pada satu crypto. Photo by Pixabay

Ada banyak sekali jenis uang cryptocurrency saat ini. Namun, kamu harus tahu setiap jenis crypto itu memiliki karakteristik masing-masing. Untuk itu, jangan menyamaratakan semua uang crypto.

Karena masing-masing memiliki karakteristik sendiri, sebaiknya kamu pilih salah satu saja. Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah untuk belajar trading crypto. Lain hal jika kamu memilih 3 atau bahkan lebih uang crypto. Kamu harus pelajari dan menganalisa semuanya. Repot, bukan?

  • Praktik Sambil Belajar
Aplikasi e-budgeting
Praktik sambil belajar. Photo by Pexels

Karena hanya satu uang crypto, kamu akan punya banyak waktu untuk belajar. Upgrade pengetahuan kamu tentang trading crypto sambil kamu praktik. Saat kamu mulai paham, mungkin kamu bisa menambah koin crypto kamu. Atau kamu bisa membeli uang crypto lainnya.

  • Berpikir Jangka Panjang
Berpikir dengan kritis.
Berpikir jangka panjang. Photo by

Cryptocurrency itu untuk investasi. Namanya investasi pasti jangka panjang. Makanya, jangan terburu-buru untuk menjual ketika harga naik. Jangan terburu-buru untuk membeli jika harga turun. Tentukan secara matang-matang karana ini bukan untuk jangka pendek melainkan jangka panjang.

Nah, itulah tips belajar trading crypto yang bisa kamu pelajari. Memang uang crypto ini sedang hype. Namun, jangan gegabah ya. Jangan pula kamu serakah.

Mungkin Anda juga menyukai