Jenis-jenis Bisnis Online yang Menguntungkan di Masa Kini

seorang wanita menjalankan bisnis online
Jenis-jenis Bisnis Online yang Menguntungkan di Masa Kini. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Terdapat berbagai alasan mengapa banyak orang memilih untuk memulai berbisnis online, mulai dari kemudahan yang didapat hingga keuntungan besar yang menggiurkan. Bisnis online bisa dilakukan di mana saja, asalkan memiliki koneksi internet sekalipun dilakukan di warnet. Hingga pelaku bisnis ini tak terlalu terikat dengan peraturan utamanya mengenai jam kerja.

Pelaku bisnis ini bisa mendapatkan pendapatan yang cukup lumayan hingga memuaskan, hal ini tergantung kerajinan dan keuletan dari pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis online. Mengenai masalah modal, bisnis online tak terlalu mengeluarkan modal besar bahkan sebagian bisnis online dapat dilakukan tanpa modal alias gratis.

Bisnis online merupakan usaha atau aktivitas yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memproduksi produk maupun jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen mealui kegiatan yang terhubung jaringan komputer dan dapat diakses jaringan komputer lainnya.

Pada dasarnya bisnis online dan internet marketing memiliki kesamaan dalam makna yang sama, yakni sama-sama memiliki tujuan memperoleh penghasilan lewat dunia maya. Bedanya internet marketing lebih berorientasi pada ilmu atau teknik-teknik mendapatkan uang dari bisnis online yang dijalankan.

Jenis-jenis Bisnis Online

  • Bisnis Online di Website
Salah satu contoh bisnis online di website.
Bisnis online di website. Photo by Pexels

Bisnis ini mengandalkan website sebagai toko atau tempat berjualan, pengunjung bisa melihat informasi produk secara langsung tanpa harus berkunjung ke toko fisik. Kemudian melakukan transaksi, menghubungi penjual dan melakukan pembelian. Menjadi primadona banyak pebisnis, karena memiliki banyak kelebihan.

Mulai dari pemasaran yang lebih baik, pemasaran lebih luas, kebebasan menggunakan desain sampai proses pengiriman yang lebih mudah. Transaksi untuk pembayaran pun semakin mudah karena penjua dan pembeli tak harus melakukan tatap muka untuk bisa membeli barang melalui website yang digunakan.

  • Bisnis Online di Media Sosial
Sosial media untuk meningkatkan daya saing bisnis
Bisnis online di media sosial. Photo by Pexels

Media sosial awalnya digunakan sebagai sarana bersosialisasi, namun saat ini media sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana menjalankan bisnis online. Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya semakin memberi berbagai layanan kemudahan bagi seseorang yang ingin menjalankan bisnisnya lewat media sosial.

Memanfaatkan banyak masa atau pengikut tanpa mengenal semuanya pun sangat efektif sebagai cara memasarkan produk yang dijual. Selain itu proses transaksi jual beli juga semakin mudah karena fitur-fitur yang sudah disediakan oleh platform media sosial tersebut. Tak pelak bisnis lewat media sosial ini digilai banyak masyarakat mulai dari remaja hingga yang sudah tua.

  • Bisnis Online di Marketplace
Menjalankan bisnis online di marketplace.
Bisnis online di marketplace. Photo by Pexels

Merupakan salah satu platform di antara yang sudah disediakan bagi penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi online. Marketplace atau juga disebut dengan pasar online, beberapa di Indonesia yang sudah sangat terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan Blibli saling bersaing mendapatkan kepercayaan konsumen.

Memulai bisnis online lewat marketplace terbilang populer, karena selain mudah dijalankan juga tanpa mengeluarkan dana sepeser pun alias gratis. Cukup memilih marketplace, kemudian melakukan registrasi, memasang produk lalu menunggu pembeli datang untuk melakukan transaksi pembelian.

Baca juga: Contoh Iklan Bisnis Online Menarik untuk Bisnismu

Contoh Bisnis Online Masa Kini

  • Menjadi Dropshipper
Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Bisnis dropshipper. Photo by Pexels

Dropshipper bisa jadi adalah istilah yang sudah tak asing lagi seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan merambah dunia jual beli secara online. Bisnis online yang satu ini sangat mudah untukdilakukan dan cocok bagi seseorang yang baru akan memulai bisnis online pertama kali. Dropship bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal.

Bisnis ini menjadi pihak ketiga dari sistem jual beli, cara kerja bisnis ini cukup mudah yakni pelaku bisnis hanya perlu menjual barang milik orang lain tanpa harus melakukan stok dari produk yang akan dijual. Keuntungan yang didapat pelaku bisnis dari sistem ini adalah dari selisih harga barang yang dijual.

  • Menjadi Reseller
Bisnis Penghasilan Ratusan Juta
Menjadi reseller. Photo by Pexels

Merupakan bisnis online yang banyak diminati masyarkat, bisnis yang satu ini bisa dibilang mirip dengan pedagan konvensional. Pelaku bisnis ini harus membeli dulu produk ke supplier dan baru menjualnya ke konsumen. Reseller harus mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli produk yang akan dijual dan menyiapkan ruang menyimpan produk.

  • Produk Handmade
Bisnis kerajinan tangan.
Bisnis kerajinan tangan. Photo by Pexels

Selain menjadi reseller, pelaku bisnis bisa memasarkan produk buatan sendiri tanpa harus bergantung pasokan dari produsen atau supplier. Pelaku bisnis ini bisa mengatur dan menentukan sendiri semua hal yang berkaitan dengan penjualan, mulai dari produksi barang, jam kerja hingga pemasaran.

Produk-produk handmade bisa menjangkau banyak jenis, seperti baju, tas, sepatu, aksesori hingga kebutuhan lain yang bisa diatur sendiri. Dengan memberikan produk yang berkualitas dan bermutu, pelaku bisnis ini dapat menjaga kepercayaan konsumen hingga menjadi langganan, atau memesan dalam jumlah yang besar.

Bisnis fesyen menjadi salah satu yang banyak digemari masyarakat untuk saat ini,fesyen memiliki cakupan luas. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori dan lain sebagainya bisa dipilih sesuai dengan kesukaan. Atau bisa juga memilih semuanya sebagai produk-produk bisnis online fesyen yang ditekuni.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai