Investasi Surat Utang Mulai dari 1 Jutaan yang Perlu Diketahui

Investasi surat utang negara
Waktu baca: 2 menit

Dewasa ini, masyarakat makin dimudahkan untuk berinvestasi di berbagai sektor. Ada yang melakukan investasi properti, saham, reksa dana, emas, dan lain-lainnya. Namun, beberapa investasi membutuhkan biaya yang cukup besar untuk memulainya. Sebagai contoh, untuk investasi properti kamu tidak cukup hanya menyediakan uang ratusan ribu rupiah saja.

Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini juga banyak investasi yang ditawarkan dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Salah satu di antaranya ialah investasi surat utang negara atau biasa disebut SBN (surat berharga negara). Biasanya pemerintah akan menerbitkn surat berharga negara yang bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta. Dengan begitu, meski dana yang dimiliki pas-pasan, masyarakat masih bisa berinvestasi surat berharga negara. Berikut beberapa seri SBN yang bisa kamu miliki hanya dengan biaya kurang lebih Rp 1 jutaan.

Saving bond ritel (SBR)

Seri SBR006 oleh pemerintah
Seri SBR006 oleh pemerintah via kemenkeu.go.id

Salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu ialah saving bond ritel (SBR). SBR ini sudah pasti dijamin negara. Selain itu, SBR sangat ramah kantong karena kamu bisa membelinya mulai dari Rp 1 juta hingga maksimal Rp 3 miliar. Kupon SBR mengacu kepada BI 7 Day Reverse Repo Rate (7-DRRR). Maksudnya, besaran kupon SBR akan menyesuaikan dengan perubahan dari 7 Day Reverse Repo Rate setiap 3 bulan sekali. Perlu diingat, kupon minimal tidak akan membuat nilai kupon anjlok meski 7-DRRR sedang turun.

Sukuk ritel (Sukri)

Sukuk Ritel juga kerap diterbitkan oleh pemerintah selain SBR. Sukuk ritel bisa disebut sebagai instrumen investasi syariah. Biasanya, harga yang dipatok mulai dari Rp 1 juta. Setiap tahunnya, Sukri diterbitkan beberapa kali dengan seri yang berbeda. Sementara untuk tingkat imbalan ditetapkan secara tetap, bahkan biasanya lebih tinggi dari tingka bunga deposito bank BUMN.

Sukuk tabungan

Selain sukuk ritel, pemerintah juga menawarkan produk investasi syariah kepada warga negara Indonesia sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan yaitu sukuk tabungan. Sukuk tabungan sama seperti SBR dan sukuk ritel, yaitu bisa dimiliki mulai dari Rp 1 juta. Untuk tingkat imbalannya mengambang mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate. Meski begitu, para investor tidak perlu khawatir dengan tingkat imbal balik hasil anjlok karena instrumen investasi ini menggunakan bunga minimal.

Obligasi negara ritel (ORI)

ORI bisa dikatakan sebagai instrumen investasi tertua karena sudah ditawarkan sejak 2006 lalu. ORI merupakan obligasi pemerintah secara konvensional. Meski begitu, keduanya bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta hingga maksimal Rp 3 miliar. Sementara untuk tingkat imbal hasilnya tetap hingga batas waktu jatuh tempo yang ditentukan.

Itulah beberapa investasi surat utang negara yang bisa dimiliki dengan minimal Rp 1 juta. Beberapa investasi tersebut bisa dipertimbangkan untuk kamu miliki pasalnya biaya yang dikeluarkan relatif murah dan tidak membuat kantongmu jebol. Yang terpenting ialah kamu harus melakukan investasi untuk masa depan yang lebih tentram dan nyaman.

You may also like...

Leave a Reply