Jangan Sampai Terlewatkan, Inilah Jadwal Harbolnas

Waktu baca: 2 menit

Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan sebuah kegiatan tahunan yang digelar oleh beragam e-commerce di Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, mulai dari pelaku industri telekomunikasi, logistik, perbankan, hingga media. Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 ini menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Buat kamu yang sudah tidak sabar, jadwal Harbolnas berikut tidak boleh terlewatkan!

Jadwal Harbolnas 2018

Harbolnas, pesta belanja online terbesar di Indonesia akan kembali digelar pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 11 – 12 Desember 2018. Berbeda dari Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya yang hanya digelar satu hari, Harbolnas tahun ini akan diadakan selama dua hari dengan tema “Belanja untuk Bangsa”. Tema ini dipilih untuk meningkatkan nilai produk lokal, terutama yang dijual di platform e-commerce.

Jadwal Harbolnas 12.12 2018 via shopback.co.id

Jadwal Harbolnas 12.12 2018 via shopback.co.id

Menurut informasi dari Indra Yonathan, Ketua Panitia Harbolnas 2018 seperti dilansir dari Liputan6.com, tanggal 11 Desember dikhususkan untuk produk lokal. Para pemain e-commerce akan membantu penjualan produk lokal sesuai dengan tema yang diangkat. Tujuan edisi khusus produk lokal ini juga untuk menunjukkan bahwa produk-produk lokal juga tak kalah berkualitas jika dibandingkan dengan produk-produk impor.

Dalam edisi ini, peserta Harbolnas akan disuguhkan produk-produk lokal dan buatan dalam negeri. Mulai dari kerajikan tangan, makanan, hingga produk-produk pakaian. Tema “Belanja untuk Bangsa” juga diangkat untuk membangun ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal. Harbolnas tahun ini juga akan mengadakan roadshow di delapan kota untuk mengajak UKM di daerah untuk melakukan pemasaran produk lokal secara online.

Baca Juga: Jangan Terperangkap Diskon Akhir Tahun, Berikut Tipsnya!

Jumlah e-commerce tertinggi selama penyelenggaraan

Tahun 2018, jumlah e-commerce yang akan mengikuti program Harbolnas mencapai lebih dari 300. Angka ini meningkat secara cukup signifikan bila dibandingkan dengan kegiatan Harbolnas pada tahun-tahun sebelumnya. Saat penyelenggaraan pertamanya, Harbolnas hanya diikuti oleh enam e-commerce. Sedangkan tahun 2017 lalu diikuti oleh sekitar 254 e-commerce.

Dengan banyaknya jumlah e-commerce yang ikut memeriahkan Harbolnas 2018, diharapkan target transaksi tahun ini dapat tercapai. Target transaksi Harbolnas tahun ini sendiri mencapai angka Rp7 triliun. Angka ini mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu mengingat transaksi Harbolnas 2017 berada pada angka Rp4,7 triliun.

Dari target Rp7 triliun tersebut, Rp 1 triliun ditargetkan dapat diraih dari penjualan produk-produk lokal. Selama Harbolnas 2018, produk-produk lokal akan diberi diskon tambahan untuk meningkatkan antisipasi masyarakat Indonesia dan meningkatkan jumlah pembeliannya. Dengan penyelenggaraan Harbolnas selama dua hari, Harbolnas tahun ini diharapkan dapat mengalami kenaikan transaksi hingga lima kali lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya. Selain itu, diharapkan pula terdapat satu juta pembeli online pertama selama gelaran berlangsung.

Hal tersebut didukung dengan data survei tahun 2017 yang menunjukkan bahwa setidaknya ada dua dari sepuluh orang yang belanja online pertama kali saat Harbolnas. Hal tersebut tentunya merupakan fenomena yang luar biasanya di Indonesia dan menunjukkan semarak Harbolnas yang cukup besar.

***

Nah, itulah informasi jadwal Harbolnas 2018 yang perlu kamu ketahui. Dengan berlangsungnya Harbolnas selama dua hari, tentunya kamu dapat membeli barang-barang kesukaanmu dengan bebas kali ini. Jangan lupa segera catat barang yang ingin kamu beli dan sampai melewatkan jadwal penyelenggarannya, ya!

You may also like...

Leave a Reply