Ini Lho Pilihan Investasi untuk Penghasilan Kecil yang Tepat

Investasi untuk Penghasilan Kecil
Ini Lho Pilihan Investasi untuk Penghasilan Kecil yang Tepat. Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Sudah banyak yang tahu alasan mengapa mereka sebaiknya berinvestasi. Namun, terkadang mereka merasa berkecil hati mengingat penghasilan mereka kecil. Padahal, ada lho jenis investasi untuk penghasilan kecil.

Yang menjadi permasalahan sekarang itu seberapa banyak penghasilan kamu. Bahkan, anak sekolah yang hanya mengandalkan uang jajan saja sudah bisa berinvestasi lho. Jadi, ketika anak-anak di zaman dahulu diajarkan menabung, anak zaman sekarang diajari berinvestasi. Yang penting, kamu mau konsisten menyisihkan sebagian kecil pendapatan untuk kamu investasikan.

Jadi, predikat jadi investor itu bukan hanya diberikan kepada orang yang penghasilannya besar. Siapa saja sekarang bisa jadi investor. Bahkan, berinvestasi sangat disarankan daripada hanya sekedar menaruh uang di tabungan bank yang nilainya semakin turun seiring naiknya inflasi.

3 Pilihan Investasi yang Tepat untuk Penghasilan Kecil

Investasi untuk Penghasilan Kecil
Investasi untuk Penghasilan Kecil. Pixabay

Lalu pertanyaannya sekarang adalah jenis investasi untuk penghasilan kecil itu apa saja? Setidaknya ada tiga jenis investasi yang bisa kamu pilih jika kamu merasa pendapatan kamu kecil. Ketiga investasi ini memiliki dua karakteristik. Yang pertama, risiko rendah. Yang kedua, tidak membutuhkan dana investasi yang banyak. Ini cocok sekali untuk siapa saja yang berpenghasilan rendah atau kamu yang baru mulai terjun di dunia investasi.

Apa saja ketiga jenis investasi yang dimaksud?

  • Investasi Emas
Investasi emas.
Investasi emas. Photo by Pexels

Ini sebenarnya bukan hal yang baru. Bahkan, orang tua kamu ketika masih muda mungkin sudah terbiasa berinvestasi di emas. Harganya relatif naik. Ini yang menjadi daya tarik.

Namun, cara berinvestasi emas kini yang berbeda. Sudah tidak zamannya lagi investasi dengan cara membeli kalung, gelang, atau cincin emas. Saatnya investasi emas batangan yang harganya terus naik.

Cara berinvestasi emas pun mudah. Kamu tidak perlu menyiapkan uang berjuta-juta untuk bisa membeli satu batang emas. Kamu bisa menabung emas yang bisa dimulai dari angka yang paling rendah. Banyak aplikasi menabung emas yang bisa kamu gunakan. Karena uang yang kamu gunakan tidak terlalu tinggi, ini menjadi pilihan pertama untuk kamu yang mencari jenis investasi untuk penghasilan kecil.

  • Reksadana Pasar Uang
Investasi reksa dana.
Reksa dana pasar uang. Photo Pixabay

Mereka yang sudah lama berinvestasi di emas biasanya ingin naik level dengan cara investasi di reksadana pasar uang. Keuntungannya lebih tinggi daripada investasi emas. Dengan modal yang relatif sama, kamu pasti akan lebih memilih reksadana pasar uang. Bayangkan sja margin keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai 6% dan bahkan 7% per tahun.

Sama seperti investasi emas. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang menawarkan investasi reksadana. Kamu bisa berinvestasi layaknya kamu sedang menabung. Perbedaannya adalah kamu tidak menaruh uang di bank tapi di reksadana.

Baca juga: Alasan Mengapa Banyak Anak Muda yang Memilih Reksadana Pasar Uang

  • Peer to Peer Landing
Peer to peer lending.
Peer to peer lending. Photo by Cekaja

Apa itu Peer to Peer Landing? Secara sederhana, ini merupakan model investasi di mana kamu sebagai investor memberikan pinjaman uang kepada peminjam. Uang tersebut bisa digunakan untuk kegiatan pengembangan bisnis. Dan sebagai imbalannya, ketika bisnisnya maju, maka kamu juga mendapatkan keuntungan.

Dalam hal ini, peer to peer landing ini ditengahi oleh pihak ke 3 sebagai penghubung. Ini bisa berupa fintech seperti Investree. Jadi, pihak ke 3 lah yang membantu kamu untuk menentukan kepada siapa uang yang kamu investasikan akan kamu pinjamkan.

Sebaiknya kamu gunakan pihak ke 3 yang memberikan ulasan mengenai peminjam. Dengan memberikan dana investasi kepada peminjam yang kredibel, risiko gagal bayar bisa diantisipasi.

Dari ketiga jenis investasi untuk penghasilan kecil tersebut di atas, manakah yang cocok untuk kamu pilih?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai