Panduan Cara Membeli Saham Blue Chip

cara membeli saham blue chip
Panduan cara membeli saham blue chip. Photo by Bisnis.com
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Saham Blue chip adalah saham yang paling cocok untuk pemula. Karena bermain saham cukup membuat bingung. Sehingga, saham blue chip dirasa yang paling sesuai bagi pemula yang ingin bermain saham. Karena, dalam permainan saham, seseorang bisa untung hingga milyaran rupiah namun bisa juga rugi. Jadi, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal sebelum mulai membeli saham. Lantas saham blue chip apa saja yang patut untuk dipertimbangkan.

Saham Blue Chip Pilihan

Index saham hari ini
Saham blue chip. Photo by Saham Online Indonesia

Agar tidak salah dalam memilih, sebelum belajar cara membeli saham blue chip maka kenali dulu saham blue chip terbaik. Saham blue chip dari perusahaan dengan kinerja terbaik adalah yang paling sesuai untuk pemula dalam permainan saham. 

Beberapa saham blue chip yang patut untuk dijadikan pilihan adalah salah satunya BBCA. BBCA merupakan kode saham untuk Bank BCA dengan kapitalisasi terbesar di bursa saham Indonesia. Dengan kemampuannya untuk menghasilkan profit terbaik, maka BCA patut mendapat posisi ini.

Selanjutnya adalah UNVR atau kode untuk Unilever Indonesia. Sama halnya dengan BCA, Unilever juga menghasilkan profit tinggi sehingga masuk dalam jajaran terbaik. Disusul selanjutnya BBRI dari bank BRI. Tentu kita semua sudah tidak ragu lagi dengan reputasi bank BRI yang menjadi favorit UMKM. 

TLKM atau telekomunikasi Indonesia juga tidak boleh ketinggalan menjadi saham blue chip pilihan. Hampir semua lapisan masyarakat mengenal Telkom sehingga sangat kecil kemungkinan untuk saham PT Telkom terguling. Dan yang terakhir yaitu rajanya mie instant yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur atau ICBP. 

Dari lima rekomendasi perusahaan dengan saham blue chip terbaik, kini kita bisa memilih salah satu atau beberapa. Dengan membeli saham dari perusahaan kapitalis, maka besar kemungkinan akan mendapatkan untung milyaran dengan modal jutaan rupiah. 

Baca juga: Cara Menentukan Stop Loss dan Take Profit Saham

Cara Membeli Saham Blue Chip

Saham bluechip investasi jangka panjang
Cara membeli saham blue chip. Photo by Rawpixel

Untuk membeli saham blue chip ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Kita juga harus menentukan dulu akan membeli saham blue chip yang mana. Setelah itu masuk ke dalam software atau broker saham pilihan kita. Misalnya saja untuk membeli saham BCA maka kita harus masuk ke broker saham BCA terpercaya atau masuk ke aplikasi software untuk pembelian saham bank BCA. 

Cara membeli saham blue chip tidaklah terlalu sulit. Kita harus memiliki rekening di saham broker yang terdaftar. Bisa juga melalui perusahaan yang terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia atau BEI. Kita harus memilih jenis rekening RDN atau Rekening Dana Nasabah bersamaan dengan Rekening Saham pada broker. 

Selanjutnya kita harus menyetorkan dana ke dalam RDN kita. Setelah menyetorkan dana ke RDN maka kita sudah mulai bisa bertransaksi. Cara membeli saham blue chip adalah dengan order beli saham ke aplikasi perdagangan saham dimana kita membuka rekening. Sesuaikan dengan pilihan saham blue chip kita sebelumnya. 

Sebelum memutuskan untuk membeli saham kita juga harus melakukan analisa grafik sederhana. Caranya adalah dengan rajin memantau pada BEI. Apakah saham blue chip pilihan kita grafiknya baik atau tidak. Lakukan juga analisa tentang harga saham yang akan dibeli apakah sedang tinggi atau sudah turun. 

Sebaiknya mulai beli saham saat harganya sedang stabil atau murah. Baca dan pelajari juga mengenai permainan saham agar lebih mahir lagi dalam menentukan saham mana yang akan mendatangkan profit lebih banyak. Namun disarankan untuk bermain saham pada saham blue chip yang sudah kapitalis saja untuk menurunkan risiko kerugian kita makin tinggi.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai