Cara Membedakan Saham Gorengan dan Blue Chip

Cara membedakan saham gorengan
Cara membedakan saham gorengan dengan saham blue chip. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Jika kamu sudah mengenal saham lebih dalam Pasti kamu tidak asing lagi dengan istilah blue chip dan saham gorengan. Blue chip ramai dibicarakan terutama pada investor-investor dalam jumlah besar. Memiliki saham blue chip berarti mempunyai peluang keuntungan yang lebih besar. Sedangkan saham gorengan kualitas yang diberikan buruk dan mengeruk keuntungan dalam jangka pendek. Tetapi, untuk kamu yang ingin memiliki saham pertama banyak yang merekomendasikan membeli saham blue chip karena tingkat resikonya lebih rendah dan kamu juga perlu mengetahui cara membedakan saham gorengan dengan blue chip.

Apa itu saham blue chip?

Perbedaan investasi saham dan reksa dana.
Apa itu saham blue chip? Photo by @austindistel

Saham blue chip adalah salah satu jenis saham yang mempunyai kapitalisasi yang besar dan memiliki pendapatan yang stabil. Tahukan kamu blue chip sendiri berasal dari permainan poker, seperti yang kita tahu permainan poker terdapat tiga warna yaitu biru, putih dan merah. Keping warna biru memiliki nilai paling tinggi. Tentu saja saham jenis ini berbeda dengan saham gorengan. Agar kamu lebih paham mengenai saham blue chip alangkah baiknya kamu bisa membedakan saham blue chip dengan saham gorengan. Agar investasi yang kamu jalankan memiliki keuntungan yang besar.

Cara membedakan saham gorengan dengan blue chip

Perlu di pahami bahwa blue chip adalah saham yang digunakan dalam perusahan besar dan sangat berbeda dengan saham gorengan. Bagi kamu yang baru saja terjun ke bursa efek, kamu harus mengerti cara membedakan saham gorengan dengan saham blue chip.

Karakteristik saham blue chip

Saham bluechip investasi jangka panjang
Saham blue chip. Photo by Rawpixel

Cara membedakan saham gorengan dan saham blue chip cukup mudah. Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki saham blue chip.

Kapitalisasi pasar yang besar

Blue chip pasti mempunyai pendapatan yang stabil dan nilai jual yang tinggi secara keseluruhan. Bahkan, nilai kapitalisasinya bisa mencapai triliunan rupiah. Dengan modal yang sangat besar tentu yang akan menyulitkan bandar.

Kinerja fundamental yang bagus

Sebuah perusahaan dapat dikelompokkan dalam kelompok ini bila memiliki nilai ROE ( return of equality ) sebesar 17 % dalam jangka waktu 4 tahun terakhir, REO sendiri merupakan alat ukur rasio berapa besar laba yang dihasilkan perusahaan dengan modal yang diberikan investor. Saham blue chip tentu saja masuk dalam kelompok ini karena memiliki laporan keuangan yang fantastis.

Likuiditas tinggi

Tidak hanya transaksi jual beli yang sering dilakukan pada saham ini. Besarnya saham yang dimiliki masyarakat umum maka akan semakin besar nilainya. Sehingga semakin sulit untuk dimanipulasi.

Berapa lama di bursa

Lamanya perusahaan yang bisa dikategorikan dalam kelompok ini minimal 6 tahun. Bila suatu perusahaan sudah mencapai rentang waktu tersebut maka bisa dikategorikan sebagai blue chip.

Karakteristik Saham Gorengan

Saham gorengan. Photo by @chrisliverani

Sebagian orang mungkin merasa aneh dengan sebutan saham yang satu ini. Saham gorengan di ambil melalui filosofi gorengan. Dimana emiten bisa dipermainkan dengan mudah. Di bawah ini merupakan ciri-ciri dari saham gorengan.

Nilai transaksi dan volume tidak wajar

Untuk lebih mudahnya kamu bisa melihat dari bid dan offer. Saham gorengan biasanya transaksi dalam jumlah besar tetapi bid dan offer nya kecil.

Terdapat dalam daftar UMA (unusual market activity)

Bursa efek Indonesia akan memasukkan saham ke dalam UMA apabila terdapat perubahan yang signifikan pada harga di suatu saham.

Sulit dianalisis

Saham gorengan sulit dianalisis secara fundamental, karena kinerja keuangan tidak sebanding dengan harga saham di pasaran.

Mungkin Anda juga menyukai