Cara Meningkatkan Harga Saham Perusahaan yang Lazim Dilakukan

Cara Meningkatkan Harga Saham
Cara Meningkatkan Harga Saham Perusahaan yang Lazim Dilakukan. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Setiap pemimpin sebuah company pasti melakukan segala cara meningkatkan harga saham perusahaan. Karena dengan cara inilah mereka bisa meyakinkan para investor untuk tetap percaya. Atau bahkan ini bisa membuat semakin banyak investor yang ikut berinvestasi di perusahaan tersebut.

Imbasnya tentu pada perkembangan perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, cara meningkatkan harga saham perusahaan yang efektif pasti akan terus dilakukan.

Di sisi lain, para investor juga perlu tahu bagaimana pemimpin perusahaan berusaha menaikkan harga saham. Ini sebagai patokan apakah mereka menaruh uang di perusahaan yang tepat atau tidak.

3 Hal yang Perusahaan Lakukan untuk Meningkatkan Harga Saham

Cara Meningkatkan Harga Saham
Hal yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan harga saham. Photo by @flo_

Ada banyak sekali cara meningkatkan harga saham perusahaan. Namun, setidaknya ada tiga cara yang paling lazim dilakukan. Apa saja itu?

  • Proyeksi Kinerja
Cara Memprediksi Saham Naik atau Turun
Proyeksi kinerja. Photo by Pexels

Setiap perusahaan pasti mencatat kegiatan yang mereka lakukan secara rutin. Mereka juga mencatat berapa laba yang didapatkan. Umumnya, laporan semacam ini dilakukan satu kali dalam satu tahun.

Apa tujuannya? Banyak sekali. Ini sebagai cara untuk mengetahui bagaimana kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, ini juga dilakukan untuk menyampaikan laporan kepada pimpinan.

Namun, dari semua hal tersebut, laporan semacam itu sangat diperlukan untuk mengetahui proyeksi kinerja tahun yang akan datang. Dan ketika proyeksi ini bagus, maka para investor akan yakin. Harga saham akan ikut naik.

Proyeksi kinerja ini bisa dilihat dari performa perusahaan dari tahun ke tahun. Pencapaian bisa dilihat seperti berapa persentase kenaikan laba tahunan. Biasanya ini diperlihatkan melalui grafik. Rata-rata pencapaian kenaikan tahunan ini dijadikan acuan seperti apa proyeksi kinerja di tahun mendatang. Dan tentu saja ini dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan yang akan diambil.

Baca juga: Begini Dampak Harga Saham Turun bagi Perusahaan

  • Mengontrol Pemberitaan
Cara Meningkatkan Harga Saham
Mengontrol pemberitaan. Photo by @filipthedesigner

Seperti yang sudah banyak diketahui, naik turunnya saham juga dipengaruhi oleh rumor. Dan jika berbicara tentang rumor, ini ada kaitannya dengan pemberitaan di media. Itulah mengapa perusahaan harus memiliki bagian humas yang handal yang mampu mengontrol pemberitaan.

Terutama ketika beredar rumor negatif yang membuat harga saham turun. Bagian humas harus tanggap dan cerdas dalam melakukan klarifikasi. Karena dengan cara inilah harga saham perusahaan akan bagus. Bahkan, dengan selalu memberitakan hal yang optimis, ini bisa jadi cara meningkatkan harga saham perusahaan yang sangat ampuh.

Di era sekarang ini, pemberitaan tidak hanya berhubungan dengan media seperti TV. Sekarang eranya media sosial. Maka harus dikontrol juga rumor yang beredar di media sosial, terutama media yang sering digunakan para investor seperti LinkedIn dan juga Twitter.

  • Kebijakan Perusahaan
Perbaiki manajerial perusahaan.
Kebijakan perusahaan. Photo by Rawpixel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, proyeksi kinerja sangat berpengaruh pada harga saham apakah naik atau turun. Namun, apa yang membuat proyeksi kinerja perusahaan itu bisa dinilai atau diprediksi? Tentu saja kebijakan yang akan diambil.

Maka dari itu, sebuah perusahaan harus menyampaikan kebijakan baik yang akan diambil. Jika kebijakan tersebut bisa diterima dan mampu meyakinkan para investor, maka sentimen positif akan muncul. Dan harga saham perusahaan pun akan naik.

Itulah beberapa cara meningkatkan harga saham perusahaan yang lazim dilakukan. Tentu tidak semua hal tersebut diterapkan. Perusahaan akan melihat bagaimana cara yang paling efektif untuk dipilih. Bisa saja dengan hanya melakukan salah satu poin saja bisa langsung menaikkan harga saham.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai