Ternyata, Melakukan Investasi Luar Negeri Semakin Mudah Lho 

Salah satu instrumen investasi luar negeri
Ternyata, Melakukan Investasi Luar Negeri Semakin Mudah Lho. Photo by Pixabay
Waktu baca: 2 menit

Di era yang serba terbuka karena adanya internet seperti saat ini, banyak orang yang mulai berani melakukan kegiatan bisnis secara global. Bahkan, investor dalam negeri juga sudah mulai berani melakukan investasi luar negeri. Bukan hanya investor kawakan tapi juga investor pemula.

Sebenarnya, keinginan untuk berinvestasi masyarakat Indonesia sangat tinggi. Mereka sudah mengerti pentingnya melakukan investasi. Ini harus dilakukan untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

Mungkin 20 atau 30 tahun yang lalu, orang tua menyarankan anak mereka untuk menabung. Sekarang tidak lagi. Orang tua zaman sekarang tahu bahwa nilai mata uang terus menurun.

Belum lagi ketika uang ditabung di bank, ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, saat menabung di bank, bukannya uang aman tapi justru berkurang. Belum lagi nilainya juga berkurang akibat inflasi.

Alasan itulah yang membuat masyarakat lebih tertarik investasi. Dan sekarang mereka sudah naik level. Mereka tidak ragu lagi untuk investasi luar negeri.

Baca juga: Kriteria Jenis Investasi Terbaik di Usia Produktif

Mengapa Harus Investasi Luar Negeri?

Mengapa harus luar negeri? Bukannya saham perusahaan dalam negeri juga banyak? Betul sekali. Tidak ada salahnya ketika siapa saja berinvestasi saham perusahaan dalam negeri.

Akan tetapi, coba kamu bayangkan tentang saham Apple, sebuah perusahaan besar yang mendunia. Apple tidak hanya dikenal di Amerika Serikat tapi juga di seluruh dunia. Produk mereka diterima di seluruh penjuru dunia. Ketika kamu sudah masuk di dunia saham, sudah pasti saham Apple ini sangat menarik, bukan?

Jadi, salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik investasi luar negeri adalah produk mereka yang sudah mendunia. Itu artinya keuntungan sebagai investor juga bisa sangat tinggi. Berbeda dengan perusahaan yang hanya produknya diterima secra lokal.

Belum lagi dengan masalah likuiditas. Saham dari perusahaan luar negeri yang sudah terkenal seperti Apple memiliki likuiditas yang tinggi. Ini membuat kamu sebagai investor bisa melakukan jual beli saham kapan saja dan di mana saja.

Lebih dari itu, ada satu kelebihan lagi dengan memilih saham luar negeri. Ketika ada krisis dalam negeri, finansial kamu masih aman. Asalkan negara di mana saham perusahaan di sana dalam kondisi baik, kamu tidak perlu khawatir masalah finansial.

Dan secara umum, ketika kamu memilih saham luar negeri seperti perusahaan Apple, harga sahamnya relatif stabil. Atau bahkan sahamnya naik signifikan karena perusahaan ini dikelola oleh orang-orang hebat di bidang masing-masing.

Jadi, sudah siap untuk investasi saham perusahaan luar negeri?

Bagaimana Cara Investasi Saham Luar Negeri?

Dengan teknologi internet, sebenarnya semua hal semakin mudah untuk dilakukan. Begitu juga ketika kamu ingin berinvestasi luar negeri. Kamu sangat dipermudah dengan adanya internet.

3 hal yang harus kamu lakukan, yaitu:

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Pertama-tama, kamu harus memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan jual beli saham luar negeri. Dalam hal ini, ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih, seperti eToro, TradeStation, Saxo Bank, dan lain sebagainya.

Kamu hanya perlu mempelajari kelebihan dari masing-masing sekuritas, seperti saham apa saja yang mereka tawarkan, berapa minimum pembelian, dan lain sebagainya.

  1. Membuka Rekening

Sudah menentukan perusahaan sekuritas? Saatnya membuka rekening. Sama seperti ketika kamu membuka rekening di bank lokal, kamu akan diminta untuk menyertakan data-data pribadi penting.

  1. Menyetor Dana

Langkah ketiga, kamu bisa mulai menyetor sejumlah uang yang nantinya akan kamu gunakan untuk beli saham luar negeri.

Itulah tips investasi luar negeri yang bisa kamu pelajari dan praktikkan.

Artikel Lainnya