Lebih Aman dan Menguntungkan Mana ya Antara Investasi Dollar atau Emas?

investasi dollar atau emas
Lebih Aman dan Menguntungkan Mana ya Antara Investasi Dollar atau Emas? Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Investasi dollar atau emas menjadi instrumen investasi yang banyak dipilih saat ini, terutama kalangan anak muda yang baru pertama kali melakukan investasi. Alasannya sederhana. Dua instrumen ini sudah banyak dipilih oleh para investor papan atas. Dan kebanyakan dari mereka sukses. Anak-anak muda yang notabene baru dalam dunia investasi ingin meniru.

Namun, jika modal yang kamu miliki terbatas, kira-kira mana yang akan kamu pilih dulu? Investasi dollar atau emas? Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Keduanya merupakan instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Namun, ketahui dulu kelebihan dan mungkin juga kekurangan dari masing-masing agar kamu bisa membuat keputusan yang bijak.

Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Investasi Dollar 

Dollar merupakan mata uang yang bisa digunakan hampir di seluruh dunia, terutama US dollar. Bahkan, mata uang ini menentukan mata uang negara lain, bahkan kondisi ekonominya. Ini tidak lepas dari kenyataan bahwa transaksi antar negara itu menggunakan dollar. Contoh sederhana ketika nilai mata uang Indonesia turun sekali terhadap dollar saat krisis moneter. Ini membuat barang mahal dan masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan.

Hal inilah yang membuat banyak orang yang ingin memiliki dollar. Apalagi nilainya terhadap rupiah cenderung naik. Ini sangat menguntungkan ketika mereka bisa membeli dollar di harga yang rendah. Kemudian, mereka menyimpannya dalam kurun waktu beberapa tahu lalu dollar tersebut dijual ketika nilai tukarnya naik. Ini menjadi kelebihan dari investasi dollar.

Banyak investor yang membeli dollar untuk menghindari resesi di dalam negeri. Kondisi ekonomi dalam negeri bisa saja terganggu di saat tertentu. Memang pemerintah tidak akan tinggal diam. Pemerintah pasti berusaha untuk mengatasi masalah tersebut.

Akan tetapi, setiap orang harus melakukan antisipasi tersendiri. Salah satunya dengan menaruh uangnya dalam investasi dollar. Saat kondisi ekonomi kurang bagus dan nilai mata uang dollar naik terhadap rupiah, mereka bisa menjual dollar yang mereka miliki. 

Jika kamu tanya apa kekurangan dari investasi dollar, jawabannya adalah inflasi. Ternyata, dollar sangat rentan terhadap inflasi. Ini yang menjadi satu hal yang perlu kamu tanggulangi.

Baca juga: Emas Kuning vs Emas Putih: Mana yang Lebih Baik untuk Dijadikan Investasi?

Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Investasi Emas

Bagaimana dengan investasi emas? Dari segi keamanan, emas itu jauh lebih aman. Nilai mata uang dollar terhadap rupiah bisa saja naik turun. Namun, secara umum, nilai emas itu selalu naik dari tahun ke tahun. Inilah yang menjadikan alasan mengapa investasi emas itu sangat low risk. Dan ini menjadi kelebihan berinvestasi di emas.

Belum lagi sekarang ini ada tawaran berupa tabungan emas. Jadi, kamu tidak perlu menyiapkan uang jutaan rupiah untuk bisa berinvestasi di emas. Kamu bisa menabung bahkan mulai dari 0,01 gram.

Nilainya disesuaikan dengan harga emas pada waktu membeli. Ketika emas sudah terkumpul dan bisa dicetak menjadi antam, kamu bisa memiliki antam dengan harga yang lebih tinggi. Menarik, bukan?

Sayangnya, harga emas itu memiliki kenaikan yang tidak begitu signifikan. Tidak seperti dollar yang bisa saja naik begitu signifikan sesuai dengan situasi ekonomi dalam negeri maupun global.

Nah, dari penjelasan tersebut, mana yang akan kamu pilih? Investasi dollar atau emas? Apa pun pilihannya, memilih untuk berinvestasi merupakan pilihan yang tepat. Mulailah dari sekarang. Yang kamu perlu lakukan adalah konsistensi untuk terus meningkatkan aset investasi untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Artikel Lainnya