Introspeksi Diri yang Wajib Dilakukan di Akhir Tahun

Introspeksi diri di akhir tahun.
Introspeksi diri di akhir tahun. Photo by Pexels
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Tahun 2019 sebentar lagi berakhir. Introspeksi diri jadi hal yang wajib dilakukan di akhir tahun. Dengan melakukan introspeksi diri itu, nantinya kamu bisa menata resolusi baru di tahun 2020 nanti baik dalam hal karier, pendidikan, asmara, hingga keuangan.

Namun, sebelum mulai menata resolusi untuk 2020, kamu juga perlu melakukan evaluasi terkait resolusimu tahun ini. Lakukan flashback kembali dan resolusi apa saja yang belum terealisasi. Cari tahu penyebab resolusi itu belum tercapai, apakah karena faktor internal atau eksternal. Lalu, cari solusinya sehingga tidak terulang di kemudian hari.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan instrospeksi diri di akhir tahun.

Berapa jumlah investasi dan tabunganmu?

introspeksi diri di akhir tahun.
Berapa jumlah investasi dan tabunganmu? Photo by Pixabay

Ini merupakan pertanyaan terpenting untuk dirimu sendiri. Sebab, dengan pertanyaan mengenai berapa jumlah tabunganmu saat ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu sudah mengelola dan mengatur keuangan dengan tepat atau belum.

Selain itu, jumlah investasi yang kamu lakukan seberapa juga harus ditanyakan ke diri sendiri. Jika belum mulai investasi, kamu harus cari tahu alasannya. Jika kamu sudah berinvestasi, cek berapa total investasi yang sudah kamu lakukan dalam setahun ini. Jika belum sesuai harapan, kamu bisa berkonsultasi dengan yang ahli atau mungkin bisa juga ganti instrumen investasimu.

Baca juga: Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan di Hari Tua

Apakah masih punya utang?

Apakah utangmu sudah lunas?
Apakah utangmu sudah lunas? photo by Pexels

Punya sejumlah utang sebenarnya tidak masalah. Selama utang yang kamu lakukan itu digunakan untuk sesuatu yang produktif, rasio pendapatan masih aman, dan disiplin dalam membayarnya. Namun yang perlu diperhatikan ialah apakah utangmu sudah lunas hingga akhir tahun ini?

Jika masih memiliki tunggakan, misalnya kartu kredit, hal ini akan sangat membahayakan keuanganmu. Hal itu karena bukan hanya harus bayar pokok utang saja, namun kamu juga harus membayar bunga serta denda keterlambatan.

Maka dari itu, usahakan melunasi utang harus jadi prioritasmu. Sisihkan 20 persen dari gaji untuk membayar utang. Jika disiplin, utang dijamin bisa segera lunas sehingga beban keuanganmu berkurang.

Apakah sudah mengurangi gaya hidup konsumtif?

Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif?
Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif? Photo by Pexels

Lakukan evaluasi diri dalam setahun ini apakah masih sangat konsumtif atau tidak. Gaya hidup konsumtif itu di antaranya ialah sering belanja barang-barang yang diinginkan, nongkrong di kafe, dan beli kopi setiap hari.

Jika kamu ingin membenahi diri dan mengurangi gaya hidup konsumtif tersebut, kamu bisa memulainya dengan cara menahan godaan dari promo atau diskon yang ada. Selain itu, usahakan saat ke kantor membawa bekal makan siang serta membuat kopi sendiri di rumah untuk mengurangi kebiasaan jajan. Dengan cara itu, kamu bisa lebih kemat dan uang tersebut bisa diinvestasikan atau ditabung.

Sudah bisa move on dari mantan kekasih?

Sudah move on dari mantan?
Sudah move on dari mantan? Photo by @e_sykes

Waktu terus berlalu namun belum bisa juga move on dari mantan. Hal ini pasti sering dialami oleh banyak orang. Maka dari itu, kamu perlu menanyakan ke dirimu sendiri apakah sudah move on? Jika belum, apa alasannya?

Jika ingin sungguh-sungguh move on, segeralah bangkit. Selain itu, kamu bisa membuang barang-barang kenangan dari sang mantan, seperti foto atau hadiah-hadiah yang kamu terima. Setelah itu, berjanji pada diri sendiri untuk berhenti menghubungi dan stalking mantan.

Selain itu, kamu juga perlu menghapus segala dendam dalam hati terhadap mantan yang sudah menyakitimu. Perlahan tapi pasti, kamu harus mulai menyembuhkan luka hatimu dengan cara melakukan hal yang kamu sukai. Selanjutnya, belajar membuka hati untuk orang yang benar-benar mencintaimu.

Apakah sudah membahagiakan orangtua?

Sudahkah membahagian orangtua?
Sudahkah membahagian orangtua? Photo by Pexels

Bagi pekerja, mungkin kamu saat ini sudah punya uang dan jabatan. Namun, hal itu seharusnya jangan sampai membuatmu lupa untuk membahagiakan orangtua. Lakukan evaluasi diri saat belum bisa membuat mereka bahagia. Selain itu, kamu juga harus meluangkan waktu utnuk bisa berkumpul dengan kedua orangtuamu. Karena pada dasarnya, membahagiakan orangtua tidak hanya soal materi, namun juga kasih sayang dan perhatian yang kamu berikan kepada mereka.

Sudah siap berkeluarga atau masih mau hidup sendiri?

Apakah sudah siap berkeluarga?
Apakah sudah siap berkeluarga? Photo by @tomthephotographer

Pertanyaan ini juga penting untuk dijadikan sebagai bahan introspeksi diri. Jika memang kamu masih ingin sendiri, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, buat anggaran keuangaan bulanan, dan kurangi belanja barang-barang yang tidak penting.

Namun, saat kamu sudah memutuskan untuk menikah di tahun depan, segera ubah rencana keuanganmu. Cari sumber pendapatan lain agar bisa memenuhi kebutuhanmu kelak.

Apakah kamu sudah bahagia?

introspeksi diri di akhir tahun
Apakah kamu sudah bahagia? Photo by Pexels

Nah pertanyaan terakhir yang tidak kalah penting ialah, sudahkah kamu bahagia? Kebahagiaan bisa bersumber dari mana saja, misalnya pekerjaan, keluarga, teman, hingga pengelolaan keuangan yang tepat.

Jika kamu sudah merasa bahagia, apa hal yang membuatmu bahagia? Setelah tahu jawabannya, lakukan terus agar kamu selalu bahagia. Misalnya, kamu akan merasa bahagia saat berkumpul bersama keluarga, maka di tahun berikutnya kamu harus lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dan jika kamu belum bahagia, kamu juga harus mencari tahu alasannya. Misalnya, kamu merasa bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan passion. Dari situ, kamu bisa bertanya pada diri sendiri, apakah perlu resign atau coba menekuni pekerjaan tersebut hingga timbul rasa cinta.

Nah itulah beberapa hal yang bisa jadi bahan introspeksi diri di akhir tahun ini. Dengan begitu, kamu bisa menata resolusi tahun depan dengan baik dan menjalani pergantian tahun ini dengan bahagia.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin Anda juga menyukai