Inspirasi Bisnis Rice Box dan Tips Memulainya 

Inspirasi Bisnis Rice Box
Inspirasi Bisnis Rice Box dan Tips Memulainya. Photo by @jackytan
Waktu baca: 3 menit

Inspirasi bisnis rice box banyak dicari karena potensi keuntungannya yang besar. Banyak pebisnis muda yang sukses dari jualan rice box dengan omset mencapai jutaan. Namun, untuk memulainya dibutuhkan strategi yang matang. 

Simak penjelasan lengkap mengenai bisnis rice box kekinian ini sampai dengan tips memulainya. 

Bisnis Rice Box Kekinian 

Bisnis rice box kekinian adalah bisnis jualan makanan yang biasa dipesan untuk berbagai acara. Bisnis rice box kekinian merupakan model baru dari nasi kotak karena memiliki menu yang bervariasi dibandingkan nasi kotak pada umumnya. 

Jika tertarik memulai usaha ini, penting untuk menemukan inspirasi bisnis rice box yang terbaik agar usaha semakin berkembang. Mengusung konsep kekinian, makanan yang disajikan dalam rice box ini juga mengikuti trend dan kesukaan dari konsumen. 

Tak hanya itu, rice box kekinian ini dikemas dengan baik sehingga walaupun memakai menu tradisional tapi terkesan modern dan trendi. 

Inspirasi Menu Rice Box

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rice box yang kekinian yang bisa dijadikan inspirasi. 

1. Sapi Balado 

Menu sapi balado menjadi primadona banyak orang dan sedang viral akhir-akhir ini. Masakan ini disebut juga dengan Sabo yang merupakan kepanjangan dari Sapi Balado dengan rasanya yang enak dan gurih. 

Sapi balado ini adalah masakan tradisional tetapi tetap digemari sampai saat ini. Rasanya yang pedas juga cocok untuk masyarakat Indonesia sehingga ide ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk isian rice box. 

2. Ayam Geprek 

Akhir-akhir ini makanan yang satu ini menjadi viral bagi kaum muda. Banyak yang menyukainya karena memiliki cita rasa yang khas yaitu ada sambalnya yang pedas dan bercampur dengan ayam crispy yang digeprek. 

Untuk itu, kamu juga bisa membuat menu baru dengan menambahkan ayam geprek pada rice box kamu. Rasanya yang renyah diluar dan lembut di dalam membuat banyak orang mencintai ayam geprek. 

Belum lagi sambal pedasnya yang menggoyang lidah. Saat ini, sambal untuk ayam geprek juga hadir lebih bervariasi yang dikreasikan dengan berbagai sambal yang ada di Indonesia. Contohnya adalah sambal matah, sambal ijo, sambal rawit, dsb. 

Bahkan ada juga yang menambahkan kreasi baru seperti ditambah dengan keju mozzarella di atasnya sehingga menambah rasa yang lebih kaya lagi. 

3. Chicken Katsu 

Inspirasi menu selanjutnya adalah chicken rice box ala Jepang yaitu dari katsu. Rasa ayamnya yang lembut dengan baluran tepung yang khas membuat banyak pecinta kuliner menyukainya. chicken katsu saat ini juga sudah terkenal di Indonesia. 

Jadi, ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin membuat menu baru dan banyak disukai oleh orang. Tambahkan juga kecap asin ala Jepang supaya menambah kesan rasa khasnya yang lebih kuat. 

4. Beef Teriyaki 

Menu rice box kekinian berikutnya adalah beef teriyaki. Masakan ini juga banyak digemari karena termasuk masakan daging yang enak dan terlihat mewah. Biasanya rice box menu ini banyak dipesan untuk acara-acara besar atau perusahaan. 

Yang diperlukan untuk membuatnya adalah daging slice, bawang bombay, dan nasi putih. Kemudian, daging ini dibumbui atau dimarinasi menggunakan berbagai bahan seperti saus tiram, saus teriyaki, dsb. 

Oleh sebab itu, hasilnya akan berupa daging slice yang empuk dan memanjakan lidah karena rasanya yang enak. Biasanya beef ini disajikan dengan nasi yang hangat. 

Baca juga: Betapa Kuat Personal Selling untuk Tingkatkan Penjualan

Tips Menjalankan Bisnis Rice Box 

Setelah mengetahui berbagai menu yang lezat, untuk memulai bisnis perlu diketahui cara membuat nasi box kekinian agar bisnis menjadi berkembang. Simak beberapa tips berikut ini. 

1. Buat Planning yang Baik 

Tips pertama untuk inspirasi bisnis rice box adalah membuat rencana yang matang. Untuk memulai usaha hal penting yang perlu diperhatikan diantaranya adalah modal usaha, analisa pasar, harga jual, dsb. 

Untuk membuat perhitungan bisnis rice box, diperlukan adanya analisis usaha rice box yang mendukung agar bisa berjalan sempurna. Untuk itulah kamu harus mencari referensi baik melalui buku, survey langsung, atau mencarinya di internet. 

2. Tentukan Lokasi 

Tips untuk inspirasi bisnis rice box selanjutnya adalah menentukan lokasi yang pas untuk usaha. Lokasi menentukan keberhasilan bisnis sehingga penting untuk mencari yang terbaik. Pilih daerah yang banyak dilalui orang seperti kawasan sekolah, perkantoran, dsb. 

3. Cari Supplier Terbaik 

Setiap masakan yang dibuat membutuhkan supplier untuk bahan baku. Jadi, pilih supplier berkualitas yang menyajikan bahan makanan dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki produk yang bagus. 

4. Persiapkan Alat 

Selanjutnya adalah mempersiapkan alat untuk melakukan proses pemasakan rice box. Siapkan fasilitas yang mendukung agar bisa menghasilkan masakan yang siap dijual. 

5. Sajikan Menu Bervariasi 

Menu yang bervariasi juga akan membuat usaha rice box kekinian kamu semakin banyak disukai. Ada banyak inspirasi bisnis rice box yang bisa kamu pilih sehingga memiliki menu yang beragam. Banyaknya pilihan ini membuat para konsumen tertarik untuk membeli cita rasa baru. Pakai juga kemasan rice box yang menarik. 

Demikian penjelasan lengkap inspirasi bisnis rice box dan tips yang mendukung usahamu. Bisnis akan semakin berkembang jika pelayanan yang diberikan maksimal oleh sebab itu, penting untuk memberikan makanan yang berkualitas serta rasa yang enak.

Mungkin Anda juga menyukai