Yuk Intip Bisnis Menjelang Lebaran yang Mendatangkan Banyak Untung

buku ide
Yuk Intip Bisnis Menjelang Lebaran yang Mendatangkan Banyak Untung. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Ramadhan tinggal kurang lebih seminggu lagi. Sebentar lagi akan berganti lebaran. Apakah kamu tidak ingin memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan cuan? Ada beberapa pilihan bisnis menjelang lebaran yang bisa kamu jalankan. Dan bisnis tersebut sangat menguntungkan.

Mungkin kamu bukan seorang pengusaha. Mungkin kamu seorang karyawan biasa atau bahkan seorang ibu rumah tangga. Akan tetapi, jangan berkecil hati. Ada beberapa ide bisnis menjelang lebaran yang mudah sekali untuk dijalankan. Bahkan kamu yang tidak memiliki pengalaman berbisnis pun kemungkinan besar bisa menjalankan bisnis ini.

Baca juga: Marketing Mix 7P Sebagai Konsep Ideal Pemasaran yang Efektif

10 Ide Bisnis Menjelang Lebaran yang Layak Kamu Coba

Hampers lebaran
Hampers lebaran. Photo by @artcoastdesign

Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan momen sebelum lebaran tahun ini untuk mendapatkan cuan. Siapa tahu cuan yang Anda dapatkan bisa dipakai untuk hal yang lebih bermanfaat lainnya, seperti membelikan hadiah untuk orang tua atau sanak saudara. Atau jangan-jangan ini momen di mana Anda mulai lebih serius menekuni bisnis sendiri.

Setidaknya ada 10 ide bisnis menjelang lebaran yang sangat layak untuk kamu coba. Apa saja itu? 

  1. Pakaian 

Coba kamu ingat lagi. Apa yang paling sering kamu beli atau setidaknya anggota keluarga kamu beli saat menjelang lebaran? Salah satu jawabannya adalah pakaian baru. Nah, ini bisa kamu pilih sebagai ide bisnis menjelang lebaran.

Namun, kamu harus tahu. Bukan sembarang pakaian saja ya. Pakaian yang laris manis saat lebaran tiba adalah pakaian muslim seperti baju koko dan gamis. Kamu bisa mulai memikirkan dari sekarang jika kamu berencana untuk jualan pakaian muslim.

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari suplier. Dengan menemukan suplier utama, kamu bisa mendapatkan koleksi pakaian muslim yang lengkap dengan harga yang murah. Jadi, kamu bisa menjual pakaian muslim dengan margin keuntungan yang cukup tinggi.

  1. Kue 

Selain pakaian muslim, barang yang diburu lainnya adalah kue. Pada 2 tahun terakhir ini, memang jualan kue tidak begitu bagus. Pasalnya, di masa pandemi, tidak banyak orang yang datang bersilaturahmi lantaran pembatasan sosial. Namun, hal sepertinya tidak terjadi lagi tahun ini mengingat pemerintah sudah memperbolehkan untuk mudik. Otomatis, akan banyak orang yang bersilaturahmi di rumah. Maka masyarakat juga membutuhkan hidangan seperti kue kering.

Nah, kamu bisa mulai membuat kue jika kamu jago dalam membuat kue. Kamu bisa mulai tawarkan pre order. Buat saja beberapa jenis kue yang nantinya bisa dipesan lebih dulu. Foto yang bagus lalu tawarkan kepada orang-orang lengkap dengan harga masing-masing kue. Saat sudah ada yang pre order, kamu bisa mulai untuk mempersiapkan saja untuk membuat kue sesuai pesanan.

  1. Mukena 

Para kaum hawa biasanya yang paling getol untuk belajar di saat lebaran tiba. Salah satu yang mereka beli adalah mukena. Nah, ini kesempatan bagi kamu untuk jualan mukena.

Kamu bisa mencari suplier mukena yang unik. Pasalnya, sekarang ini banyak kaum hawa yang suka sekali dengan mukena yang unik. Tawarkan jualan kamu itu melalui media sosial atau marketplace yang ada.

  1. Sarung

Bukan hanya kaum hawa saja yang shopping menjelang lebaran. Kaum adam juga. Jika kaum hawa membeli mukena, kaum adam membeli sarung.

Kamu perlu mencari tahu dulu tren model sarung yang disukai sekarang. Jangan sampai kamu menjual sarung yang desainnya sudah out of date. Cari tahu desain sarung yang paling disukai saat ini lalu cari suplier yang tepat.

  1. Jasa Tukar Uang

Saat lebaran tiba, banyak orang yang mudik ke kampung. Mereka tidak hanya sekadar pulang kampung tapi juga berbagi rezeki kepada sanak saudara, keponakan, dan lain sebagainya. Sebelum sampai kampung, biasanya orang mencari uang receh, entah itu dalam bentuk 5000, 10.000, atau 20.000. 

Di sini ada peluang tersendiri. Saat Ramadhan tiba, kamu bisa mencoba mencari uang receh dulu dengan cara menukarkan uang di bank. Kemudian, kamu bisa menukarkan uang receh tersebut kepada orang yang membutuhkan. Biasanya, ada jasa yang kamu akan dapatkan. 

Atau kamu juga bisa membuka jasa tukar uang. Ini biasanya ramai sekitar 10 hari menjelang lebaran. Mereka yang sangat sibuk dengan pekerjaan biasanya tidak punya cukup waktu untuk menukar uang receh sendiri.

  1. Parcel Lebaran

Jualan parcel lebaran juga menjadi bisnis menjelang lebaran yang sangat menguntungkan. Target market kamu adalah sangat luas. Bisa juga ibu rumah tangga yang sudah terbiasa memberikan parsel kepada saudara atau teman. Target market kamu bisa juga perusahaan yang biasanya mencari jasa pembuatan parcel yang diberikan kepada para karyawan.

  1. Rental Mobil 

Ide jualan menjelang lebaran lainnya yang cukup menjanjikan adalah rental mobil. Jika di rumah kamu memiliki beberapa mobil, ada baiknya kamu sewakan. 

Siapa target market kamu? Banyak sekali. Di saat lebaran, banyak orang yang membutuhkan transportasi yang digunakan untuk bersilaturahmi ke tempat sanak saudara. Ada juga yang menyewa mobil untuk dibawa mudik ke kampung halaman. Mereka yang memilih rental biasanya memiliki jumlah keluarga yang banyak. Sementara itu, mudik dengan transportasi umum sangat merepotkan. Belum lagi sangat sulit untuk mendapatkan tiket menjelang lebaran.

  1. Ketupat 

Bisnis menjelang lebaran yang menguntungkan selanjutnya berupa makanan. Coba tebak. Makanan apa yang menjadi ciri khas lebaran? Betul sekali. Ketupat jawabannya. Ini makanan yang hampir ada di seluruh daerah. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat ketupat sendiri. Ada juga yang tidak memiliki waktu untuk membuat ketupat sendiri di rumah. Ini kesempatan bagi kamu untuk menawarkan makanan ketupat yang bisa dipesan sebelum lebaran tiba. Kamu hanya perlu mengantarkan ketupat ke rumah konsumen di malam takbiran.

  1. Sate Ayam

Sate ayam juga menjadi makanan yang sering dihidangkan di meja makan saat lebaran tiba. Banyak orang biasanya tidak mau repot membuat sate sendiri. Apalagi sate merupakan makanan yang relatif tidak mudah untuk dibuat. Daging harus dimasak lalu ditusuk kemudian dibakar. Jika bukan yang jago, sate bisa sangat keras dan kurang nikmat dimakan.

Jika kamu jago membuat sate, kamu bisa tawarkan dengan sistem pre order. Kamu bisa tawarkan dua bumbu yang beda, yaitu sate ayam bumbu kacang atau sate ayam bumbu kecap.

  1. Opor Ayam 

Tidak hanya sate. Opor ayam juga sering menjadi hidangan saat lebaran tiba. Biasanya, ini dipadukan dengan ketupat. Jika kamu jualan ketupat saat lebaran, kamu juga sekaligus bisa berjualan opor ayam.

Kamu bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung. Hanya saja, banyak orang yang memilih ayam kampung untuk disajikan sebagai opor ayam di Idul Fitri yang istimewa ini.

Dari 10 ide bisnis menjelang lebaran, mana yang sepertinya bisa kamu jalankan? Yang pasti, jangan memaksakan diri ketika ingin berbisnis. Cari tahu potensi yang bisa kamu gunakan. Saat itulah kamu bisa membuat keputusan sepertinya bisnis apa yang tepat untuk kamu jalankan.

Artikel Lainnya