5 Cara Kelola Stok Barang dengan Benar untuk Bisnis

cara kelola stok barang
5 cara kelola stok barang untuk bisnis. Photo by @gieling
Waktu baca: 3 menit

Cara kelola stok barang untuk bisnis merupakan hal yang penting dilakukan pebisnis. Terutama buat kamu yang usahanya bergerak di bidang retail yang mana memiliki banyak sekali jenis barang.

Mengelola stok barang dengan tidak benar bisa mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi pebisnis. Apalagi jika barang tersebut adalah makanan atau minuman yang mana bisa mengalami kadaluarsa sebelum sempat terjual.

Maka dari itu, agar bisa meminimalisit kerugian yang didapat akibat salah dalam mengelola barang, berikut ini cara kelola stok barang untuk bisnis yang perlu diketahui.

Susun SOP

Susun SOP. Photo by Pexels

Standar operasional prosedur (SOP) merupakan salah satu hal yang penting untuk dipenuhi oleh suatu bisnis, baik bisnis kecil maupun besar. Sebab SOP ini menjadi panduan dasar bagi sebuah bisnis. Tanpa adanya SOP yang jelas maka jalannya suatu bisnis menjadi tidak sistematis dan berantakan.

Penerapan SOP juga sangat dibutuhkan dalam mengelola barang bisnis. Hal itu agar para karyawannya memiliki panduan yang jelas dalam mengatur alur keluar dan masuknya barang.

Menyediakan tempat penyimpanan barang yang memenuhi standar

cara kelola stok barang
Menyediakan gudang yang baik. Photo by Pixabay

Gudang atau tempat penyimpanan barang merupakan hal utama yang harus dipersiapkan. Kamu tidak bisa memilih atau menggunakan suatu ruangan untuk gudang atau tempat penyimpanan. Sebab, gudang ini akan jadi tempat penyimpanan produkmu sebelum akhirnya dijual.

Maka dari itu kamu harus memperhatikan berbagai aspek di dalam gudang tersebut seperti aspek kebersihan, keamanan, kelembaban dan sebagainya. Gudang dengan standar yang tepat bisa menyimpan barang dengan lebih aman. Sebaliknya, jika gudang tidak memenuhi standar maka bisa mendatangkan kerugian di masa yang akan datang.

Baca juga: Langkah-langkah Pemasaran Produk untuk Bisnis Milikmu

Berikan tanda pada produk

cara kelola stok barang
Tandai produk. Photo by Pixabay

Sebelum barang disimpan di gudang, tandai semua produk dengan kode dan juga tanggal kedatangan produk. Hal ini akan sangat berguna agar bisa menentukan produk mana yang akan dikeluarkan dari gudang terlebih dahulu saat ada pesanan.

Selain itu, memberikan kode pada produk akan mempermudah dalam membuat jurnal atau pencatatan. Sebab, tidak semua barang memiliki nama yang singkat. Pemberian kode barang ini akan sangat memudahkan penyebutan nama barang tersebut.

Gunakan sistem first in first out

Gunakan sistem first in first out. Photo by Pexels

Sistem first in first out (FIFO) merupakan sistem dasar dalam mengelola stok barang untuk bisnis. Dengan menggunakan sistem ini, kamu tentu bisa mengeluarkan barang yang masuk lebih dahulu ke gudang. Hal ini akan mencegah barang-barang terlalu lama disimpan di dalam gudang.

Sistem distribusi yang jelas

Sistem distribusi jelas. Photo by Pexels

Selain mengelola barang di dalam gudang, kamu juga harus menentukan sistem distribusi barang-barangnya. Jangan sampai ada keterlambatan atau kerusakan saat barang didistribusikan.

Bagi yang masih memiliki satu tempat bisnis, mungkin hal ini belum begitu rumit. Namun, jika bisnismu sudah berkembang dan toko yang dimiliki semakin banyak, maka penerapan sistem distribusi akan semakin rumit dan kamu harus mencari cara untuk menyederhanakannya agar tidak terjadi kesalahan saat mengirim barang.

Demikian 5 cara kelola stok barang untuk bisnis yang bisa diterapkan oleh pebisnis. Semoga bisa menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai