Selain Bank, Inilah Tempat Simpan Uang Agar Tetap Aman

Simpan uang tetap aman.
Cara menyimpan uang agar tetap aman. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk menyimpan uangnya di bank. Tempat simpan uang di bank ini dilakukan agar uang ebih aman baik dari pencuri dan pemiliknya sendiri dalam menghabiskan uang. Namun, perlu diingat bahwa menyimpan uang di bank tidaklah gratis. Ada biaya administrasi yang harus dikeluarkan dan biasanya biaya tersebut akan otomatis memotong saldo di dalam rekening tabungan.

Selain di bank, sebenarnya ada banyak cara simpang uang agar tetap aman. Selain aman, kamu juga bisa tidak perlu membayar biaya administrasi. Berikut ini tempat simpan uang agar tetap aman yang bisa kamu lakukan.

Simpan di sela-sela tumpukan pakaian di lemari

Simpan uang aman
Menyimpan uang di lemari. Photo by Loop

Meski terkesan kolot atau tradisional, namun menyimpan uang di sela-sela tumpukan pakaian di lemari bisa dikatakan cukup aman. Sebab, hanya sebagian orang yang kepikiran untuk melacak lemari pakaian seseorang saat mencuri. Namun, jumlah uang yang bisa disimpan di sela-sela pakaian sangatlah terbatas.

Simpan di bawah tempat tidur

tempat simpan uang di bawah kasur.
Tempat simpan uang di bawah kasur. Photo by @Peru21

Sama seperti di atas, memang menyimpan uang di bawah tempat tidur itu termasuk kolot. Namun cara ini sedikit merepotkan karena kamu harus mengangkat tempat tidur saat ingin mengambil uang. Jadi, cara ini tidak cocol bagi yang butuh uang dalam waktu dekat.

Untuk mulai menyimpan uang di bawah tempat tidur, kamu bisa simpan di sisi tempat tidur yang paling aman. Usahakan agar tidak ada satu orang pun yang tahu tempat penyimpanan ini. Sebab, jika sampai ketahuan maka bisa lenyap.

Simpan di brankas

Simpan di brankas.
Simpan di brankas. Photo by Pixabay

Selanjutnya, tempat menyimpan uang yang aman yang bisa kamu lakukan ialah simpan di brankas. Tempat penyimpanan berbentuk kotak ini dinilai cukup aman karena dilengkapi dengan kata sandi. Selain kata sandi, beberapa brankas juga dibuat dengan material yang cukup kokoh sehingga tidak mudah dihancurkan. Jangan lupa juga untuk menyimpan brankas di tempat yang aman, seperti lemari atau tempat yang tidak mudah dilacak oleh orang lain.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Tahunan Agar Tidak Jebol

Simpan dalam bentuk emas

Simpan uang dalam bentuk emas
Simpan uang dalam bentuk emas. Photo by Pexels

Menyimpan uang secara tunai memang sangat praktis, namun memiliki risiko terhadap laju perekonomian. Jika terjadi inflasi, maka nilai tukar uang akan semakin rendah. Maka dari itu, untuk meminimalisir risiko kamu bisa membeli sebagian besar uang untuk beli emas.

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang kebal terhadap inflasi. Bahkan jika terjadi inflasi, maka nilai jual emas justru akan semakin bertambah. Dengan begitu, keuntungan yang didapat sangat besar saat menjual emas yang sudah kamu miliki tadi.

Itulah beberapa cara simpan uang agar tetap aman. Dengan menyimpan uang dengan baik dan benar, setidaknya keuanganmu bisa tetap stabil.

You may also like...

Leave a Reply