Ini Dia Saran dari Ahli Psikologi tentang Cara Agar Tidak Boros Jajan

Cara Agar Tidak Boros Jajan
Ini Dia Saran dari Ahli Psikologi tentang Cara Agar Tidak Boros Jajan. Photo by @marcschaefer
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Salah satu cara untuk bisa cepat menabung adalah tidak melakukan pemborosan. Itu artinya kamu harus tahu cara agar tidak boros jajan. Pasalnya, jajan ini terdengar sepele. Mungkin kamu hanya jajan tidak lebih dari Rp 10.000. Akan tetapi, coba kamu kalkulasi selama 1 bulan penuh. Uang jajan yang kamu keluarkan bisa banyak sekali.

Makanya, yang harus diantisipasi itu uang jajan. Bukan berarti jajan tidak boleh namun usahakan kamu jajan tapi tidak boros. Dan ini ada triknya.

Kenapa Kita Mudah Sekali Boros Jajan?

Cara Agar Tidak Boros Jajan
Alasan mudah sekali boros. Photo by Pixabay

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara agar tidak boros jajan, kamu harus tahu faktor psikologis mengapa orang tidak bisa mengendalikan diri saat jajan. Mungkin kamu sudah merasa bisa mengendalikan diri. Namun, tetap saja setelah satu bulan diakumulasi, uang jajan yang kamu keluar bisa berjumlah jutaan rupiah.

Ternyata, ini ada penjelasan ilmiahnya lho. Kita sebagai manusia dikaruniai otak oleh Tuhan. Otak inilah yang berfungsi untuk melakukan pertimbangan saat ingin melakukan sesuatu. Tak terkecuali ketika apakah kamu mau jajan atau menahan diri tidak perlu keluarkan uang untuk jajan.

Otak ini sangat logis. Hanya saja, terkadang sisi logis tersebut terkalahkan. Ada yang disebut dengan amigdala. Ini merupakan pusat emosi otak. Jadi, otak tidak hanya berfungsi untuk memikirkan hal yang sifatnya logis tapi juga emosi. Makanya, orang bisa secara logis mengungkapkan emosinya seperti menangis, tertawa, dan marah, bukan?

Nah, ada kondisi di mana amigdala ini mampu mengalahkan sisi logis otak, yaitu korteks prefrontal. Situasi tersebut bermacam-macam, seperti ketika sedang sedih. Saat kamu mengalami masalah dalam hidup, otak kamu cenderung tidak bisa diajak untuk berpikir logis. Lebih dominan emosi daripada logis. Orang yang sedang dirundung masalah mudah menangis, melakukan hal negatif, atau boros jajan tanpa berpikir berapa budget yang sudah dikeluarkan.

Nah, itulah alasan kenapa orang mudah sekali boros saat jajan dari tinjauan psikologis. Sekarang, kamu akan lebih paham bagaimana cara agar tidak boros jajan.

Cara Sederhana yang Bisa Kamu Praktikkan agar Tidak Boros

Cara Agar Tidak Boros Jajan
Cara sederhana agar tidak boros. Photo by @sasun1990

Setidaknya ada 4 poin penting yang kamu bisa lakukan agar tidak boros. Apa saja itu?

1. Selalu Berpikir Logis

Bisnis event organizer.
Berpikir logis. Photo by Pexels

Yang pertama adalah selalu berusaha berpikir logis. Tentu ini bukan hal yang mudah terutama ketika kamu dalam suasana hati yang kurang baik. Amigdala mengalahkan korteks prefrontal sehingga sisi logis kamu berkurang.

Yang harus kamu cegah adalah bagaimana amigdala tidak mengalahkan sisi logis otak. Antisipasi tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan hal yang menyenangkan setiap hari seperti jogging, menonton film, dan lain sebagainya. Khususnya ketika mood kamu sangat kurang bagus. Sebelum memuncak, segera lakukan kegiatan yang menyenangkan.

2. Hati-Hati di Kondisi Tertentu

Beli barang asal-asalan.
Jangan beli jajan sembarangan. Photo by Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada kondisi di mana kamu tidak logis dan akhirnya boros jajan. Misalnya saja saat mood sedang buruk. Begitu juga dengan kondisi ketika kamu jalan-jalan di mall yang mana kamu menemukan ada informasi sales. Di kondisi tersebut, kamu harus melakukan antisipasi terlebih dulu. Tujuannya agar kamu tidak larut dalam sisi emosi yang membuat kamu sulit untuk mengontrol diri.

3. Biasakan Mengatur Uang Secara Disiplin

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Mengatur uang secara disiplin. Photo by Pexels

Sejak dini, kamu sebaiknya biasakan untuk mengatur keuangan. Tidak perlu yang rumit. Bedakan saja antara uang untuk kebutuhan setiap hari, uang untuk menabung, dan uang untuk hal yang sifatnya emergency. Ini cara mengatur uang yang sangat mudah sekali.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit yang Paling Realistis

4. Tentukan Waktu Kapan Harus Jajan

Hitung uang untuk persiapkan pensiun dini.
Tentukan waktu kapan harus jajan. Photo by @belart84

Tidak ada salahnya jajan. Bahkan, sangat disarankan agar kamu jajan terutama jajan makanan, minuman, atau apapun itu yang membuat kamu senang. Hanya saja, kontrol dengan cara menentukan kapan waktu jajan. Misalnya saja hanya jajan di hari minggu karena itu hari libur untuk keluarga. Kamu bisa keluar bersama dan jajan dengan seluruh anggota keluarga. Selain hari tersebut, usahakan untuk menahan keinginan jajan.

Semoga cara agar tidak boros jajan tersebut di atas bisa membuat kamu lebih hemat. Karena hidup hemat itu sangat penting. Ini bukan hanya tentang bagaimana kamu bisa memiliki banyak tabungan tapi bagaimana kamu bisa mengontrol keinginan diri sendiri dan juga mengontrol keuangan.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai