Inilah Cara Promosi dengan Dana Minim yang Ampuh

Promosi dengan dana minim.
Waktu baca: 4 menit

Dalam menjalankan suatu bisnis sudah pasti membutuhkan aktifitas pemasaran. Dengan pemasaran yang tepat, maka bisnis yang dijalankan akan berkembang dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, adalah sebuah kewajaran jika sebagian besar pengusaha memiliki anggaran dan strategi tertentu untuk memasarkan bisnis yang mereka jalani.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan, baik itu offline maupun online yang sedang ramai belakangan ini, pastikan kamu sebagai seorang pengusaha harus memaksimalkan kegiatan pemasaran dengan tepat. Terutama jika kamu masih sedang dalam tahap awal membangun sebuah bisnis.

Pada dasarnya, kegiatan pemasaran atau promosi tidak harus menggunakan biaya yang mahal. Promosi dengan dana minim juga bisa saja dijalankan jika bisa memanfaatkan sarana dan media yang sudah tersedia. Bahkan, bisa saja promosi yang dijalankan tersebut tidak memerlukan biaya alias gratis. Hal ini tentu sangat cocok untuk dilakukan oleh kamu yang baru merintis suatu bisnis dan hanya punya dana yang minim untuk promosi.

Berikut ini cara promosi dengan dana minim yang ampuh.

Bangun personal branding bisnis

Saat memiliki biaya yang minim, kamu tidak perlu melibatkan orang lain atau influencer dalam melakukan promosi. Kamu cukup memasarkan bisnismu secara mandiri. Apalagi jika yang dipasarkan adalah kemampuan atau keahlian yang dimilikimu.

Saat ini sudah banyak media yang memungkinkanmu untuk menjangkau jaringan yang lebih luas tanpa batas seperti media sosial dan sebagainya. Kamu bisa membuat konten atau merangkai kata-kata yang tepat dan menarik serta menjual. Dengan begitu, orang-orang bisa senang dan tertarik utnuk membacanya.

Personal branding yang berhasil dibangun oleh Marchella FP
Personal branding yang berhasil dibangun oleh Marchella FP. Photo via hipwee.

Jual keahlian atau produk milikmu dengan kata-kata yang profesional. Hal itu dilakukan agar kamu bisa dilihat sebagai pribadi yang bisa dipercaya. Selain mudah, langkah ini bisa kamu lakukan tanpa biaya.

Buat Content Marketing

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kamu bisa membuat blog atau situs resmi yang profesional. Kamu bisa memanfaatkan blog/situs dengan mengisi berbagai content marketing tentang bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa juga untuk mengisi blog dengan informasi berguna atau banyak orang yang mencarinya. Pahami dengan baik perilaku konsumen dan berusaha untuk menyenangkan mereka melalui konten yang disajikan di blog/situs bisnismu.

Metode Referral

Untuk melakukan promosi, kamu bisa memanfaatkan pelanggan lama untuk mendatangkan pelanggan baru. Hal itu bisa dilakukan dengan cara meminta pelanggan lamamu mereferensikan bisnis yang sedang kamu jalankan. Hal ini cukup efektif. Karena, pada umumnya orang-orang akan mudah melakukan pembelian terhadap suatu produk yang direferensikan oleh orang terdekat. Namun untuk melakukan ini, kamu harus siap memberikan reward atau hadiah kepada pelanggan untuk setiap referensinya.

Siaran pers

Strategi ini bisa dilakukan jika kamu memiliki hubungan baik dengan wartawan ataupun media berita yang cukup besar. Bisnismu bisa muncul dalam media berita dan dikenal secara luas hanya dalam sekejap saja. Hal ini tentu akan mendatangkan angka penjualan yang pesat di dalam bisnis yang kamu jalankan. Apalagi jika kamu bisa melakukannya dengan konsisten.

Promosi dengan email marketing

Hingga saat ini, email marketing masih menjadi salah satu strategi promosi yang banyak digunakan. Sebab, langkah ini bisa dikatakan lebih efektif, terutama jika kamu bisa mendapatkan list email yang tepat dan sesuai dengan bisnismu. Bukan hanya pebisnis pemula saja, hampir semua bisnis berskala besar juga memanfaatkan strategi email marketing untuk bisnis yang sedang dijalani.

Pentingnya email marketing untuk menjangkau konsumen.
Pentingnya email marketing untuk menjangkau konsumen. Photo via unsplash.

Melalui iklan pay per-click (PPC)

Memang dengan memanfaatkan iklan pay per-click (PPC) ini membutuhkan sejumlah biaya. Namun strategi ini layak untuk dicoba. Kamu tidak perlu memilih kata kunci unik yang biasanya butuh dana besar. Kamu bisa memulai dengan memilih media yang tepat dengan budget hemat. Salah satu media atau platform yang bisa dimanfaatkan ialah Facebook, karena kamu bisa mulai beriklan dengan budget mulai dari Rp 10ribu saja.

Promo melalui forum dan grup kelompok

Forum yang ada di media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnismu. Sebab, jumlah interaksi anggotanya biasanya tinggi dan bisa jadi sasaran yang tepat. Kamu bisa mulai bergabung dalam forum atau kelompok yang sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Promosikan bisnismu dengan cara yang tepat dan profesional agar bisa diterima dan bisa mendapatkan pasar yang luas.

Melalui artikel SEO

Manfaatkan mesin pencari untuk memaksimalkan pemasaran bisnismu. Namun sebelumnya kamu harus belajar tentang SEO (Search Engine Optimation) terlebih dahulu dan mencoba untuk menerapkannya di dalam bisnis yang sedang kamu jalankan. Bidik kata kunci yang tepat dan buat konten berkualitas dengan menggunakannya, sehingga bisnismu lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Promosi dana minim dengan media sosial

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi. Misalnya, kamu gunakan instagram untuk promosi produk dan usahakan gunakan konten yang menarik dan berguna serta sesuai dengan target pasar bisnismu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memasarkan bisnis yang kamu jalankan kepada mereka. Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan para pengunjung media sosial bisnismu.

Itulah beberapa cara promosi dengan dana minim yang ampuh yang bisa kamu lakukan. Ingat selalu untuk memilih cara yang paling tepat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memberi dampak positif untuk bisnismu.

You may also like...

Leave a Reply