Ini Kebiasaan Malas yang Bikin Keuangan Berantakan

Kebiasaan yang bikin keuangan berantakan.
Kebiasaan yang bikin keuangan berantakan. Photo by Rawpixel
Waktu baca: 3 menit

Sebagian orang pasti pernah memiliki rasa malas saat mengerjakan atau melakukan sesuatu. Asal kamu tahu, orang yang malas bisa dikatakan akan jauh dari kata kesuksesan. Terlebih kebiasaan malas itu bisa bikin keuangan berantakan.

Sebab, orang yang tidak malas pasti memiliki karier yang cemerlang dan menjadi orang yang sukses. Itulah mengapa orang yang sukses selalu berada di puncak kejayaan karena rasa tanggungjawab serta gigih dalam bekerja. Maka dari itu, jika kamu ingin meraih kesuksesan, sebaiknya jangan membiasakan diri melakukan kebiasaan malas yang bikin keuangan berantakan.

Berikut ini penjelasaan beberapa kebiasaan malas yang bikin keuangan berantakan.

Tak semangat meningkatkan kualitas diri

Malas meningkatkan kualitas diri kebiasaan malas keuangan berantakan
Tidak semangat meningkatkan kualitas diri. Photo by performancesalesandtraining.com

Untuk menghadapi perkembangan dunia yang pesat ini, kamu harus meningkatkan kualitas diri. Jika di perusahaan tempat kamu bekerja memberikan kesemaptan untuk meningkatkan kualitas atau kemampuanmu, usahakan untuk mengambilnya. Dengan begitu, kamu tidak akan tertinggal jauh di belakang.

Hilangkan kebiasaan malas mulai dari bersemangat untuk meningkatkan kualitas dirimu. Jika perlu, perdalam ilmu dan kemampuan dengan cara mengikuti workshop, seminar, dan sekolah formal yang mampu menunjang kemampuanmu.

Malas untuk mulai berinvestasi

Tidak mau mulai berinvestasi.
Tidak mau mulai berinvestasi. Photo by @sharonmccutcheon

Jika kamu malas untuk berinvestasi, itu adalah kesalahan besar. Sebab, investasi memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah bisa membantu menyiapkan dana pendidikan, dana kesehatan, dana pensiun di hari tua nanti, hingga dana untuk membeli rumah impian. Dengan berinvestasi, kamu tidak perlu bingung mengeluarkan sejumla uang saat membutuhkannya.

Untuk memulai investasi, saat ini murah. Dengan uang Rp 50.000, kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Apalagi saat ini sudah banyak platform investasi yang beredar di Indonesia, salah satunya ialah KlikCair.

Tidak berminat cari penghasilan sampingan

Tidak cari penghasilan sampingan.
Tidak cari penghasilan sampingan. Photo by Pexels

Memiliki pekerjaan utama adalah sebuah kewajiban agar kamu mendapatkan penghasilan dan bisa membiayai kehidupan sehari-hari. Namun, selain pekerjaan utama, kamu juga harus mencari penghasilan tambahan. Apalagi jika melihat perkembangan zaman yang pesat saat ini, punya pekerjaan utama saja belum tentu mampu menopang kebutuhan hidup yang makin banyak.

Makanya, kamu harus memikirkan utnuk bisa mendapat pekerjaan sampingan agar keuangan tidak stabil. Manfaatkan waktu luangmu utnuk melakukan kerja sampingan. Namun ingat, jangan terlalu terforsir untuk bekerja. Ada baiknya kamu menyediakan hari di mana kamu bisa bersantai agar otak kembali fresh.

Malas mengatur arus keuangan

Tidak mengatur arus kas.
Tidak mengatur arus kas. Photo by Pixabay

Biasakan diri untuk memantau dan mengatur arus keuangan baik itu pemasukan maupun pengeluaranmu. Sebab, jika kamu malas melakukannya, besar kemungkinan keuanganmu tidak akan stabil. Kamu justru merasa uang yang sudah dikumpulkan berkurang tanpa disadari karena kamu tidak mengerti ke mana saja uangmu pergi.

Maka dari itu, sebaiknya kamu membuat daftar pemasukan dan pengeluaran untuk memantau kondisi keuanganmu juga. Jangan lupa juga untuk memantau uang yang diinvestasikan dan perhatikan tagihan bulanan yang harus kamu bayarkan.

Baca juga: 6 Kesalahan Manajemen Keuangan yang Harus Dihindari

Itulah kebiasaan malas yang bikin keuanganmu berantakan. Dengan menghilangkan beberapa kebiasaan malas di atas, tentu saja kondisi keuanganmu bisa jadi lebih baik dan mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Mungkin Anda juga menyukai