Ini Dia 20 Perusahaan Besar di Indonesia

Perusahaan besar di Indonesia
Ini Dia 20 Perusahaan Besar di Indonesia. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Sebelum mengenal apa saja perusahaan besar yang ada di Indonesia, pastikan kamu memahami dulu definisi perusahaan besar itu sendiri.

Sebenarnya, apa tolak ukur suatu perusahaan agar dapat dikatakan sebagai perusahaan besar? Faktanya ada beberapa indikator yang membuat suatu perusahaan dapat dinyatakan sebagai perusahaan besar.

Umumnya banyak faktor yang mendorong suatu perusahaan menjadi perusahaan besar. Namun secara keseluruhan, biasanya dinilai melalui kapitalisasi pasar sebagai tolak ukurnya. Lalu, apa sebenarnya kapitalisasi pasar?

Kapitalisasi pasar merupakan nilai harga keseluruhan dari suatu saham perusahaan. Dengan kapitalisasi ini dapat tercerminkan seberapa besar perusahaan tersebut. Oleh karena itu, semakin tinggi nilai kapitalisasi suatu perusahaan, semakin besar juga perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Brand Positioning Perusahaan Dan Cara Membangunnya

Ini dia 20 Perusahaan Besar di Indonesia

Di Indonesia terdapat perusahaan-perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi tinggi. Berikut ini perusahaan besar di Indonesia yang memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi, diantaranya;

  • Bank Central Asia, Tbk. (BCA)

Jika berbicara mengenai perusahaan besar di Indonesia, bank swasta satu ini sudah pasti masuk ke dalam jajarannya. Bank Central Asia atau biasa yang dikenal dengan BCA merupakan perusahaan besar di Indonesia dengan nilai kapitalisasi sebesar Rp761,84 triliun.

  • Bank Rakyat Indonesia, Tbk. (BRI)

Bank Rakyat Indonesia juga tergolong ke dalam salah satu perusahaan besar di Indonesia. BRI juga banyak membawahi berbagai banyak bisnis anak perusahaan di Indonesia. Nilai kapitalisasi dari BRI menyentuh hingga Rp485,98 triliun.

  • Bank Mandiri, Tbk. (Mandiri)

Masuk sebagai Top Global 2000 Forbes, menjadikannya salah satu perusahaan besar di Indonesia. Bank Mandiri memiliki nilai kapitalisasi senilai Rp304,50 triliun.

  • Bank Negara Indonesia, Tbk. (BNI)

Sebagai salah satu bank tertua dia Indonesia, Bank Negara Indonesia atau yang lebih sering dikenal dengan BNI merupakan salah satu perusahaan dengan nilai kapitalisasi yang tinggi. Nilai kapitalisasi BNI sebesar Rp129,14 triliun.

  • Gudang Garam, Tbk

Siapa yang tidak pernah mendengar perusahaan Gudang Garam? Perusahaan yang dikenal sebagai penghasil rokok ini dinobatkan sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia. Faktanya nilai kapitalisasi dari perusahaan ini sebesar Rp105,87 triliun.

  • Telkomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom Indonesia)

Menjadi satu-satunya perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan informasi membuat Telkom menjadi salah satu perusahaan besar di negeri ini. Nilai kapitalisasinya sebesar Rp412,1 triliun.

  • Astra Internasional, Tbk

Sebagai sebuah perusahaan konglemerat multinasional, Astra Internasional sudah pasti masuk kedalam jajaran perusahaan besar di Indonesia. Nilai kapitalisasinya pun menyentuh Rp259,09 triliun.

  • Indofood Sukses Makmur, Tbk

Perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman ini sudah merajalela hingga ke ujung negeri. Bahkan produk yang dihasilkannya sudah banyak di kenal di luar negeri. Indofood juga memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi dengan nilai sebesar Rp67,39 triliun.

  • Garuda Indonesia, Tbk

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penerbangan, nama Garuda Indonesia sudah sering masuk kedalam salah satu maskapai terbaik kelas dunia. Nilai kapitalisasi dari perusahaan jasa penerbangan ini menembus Rp14,5 triliun.

  • Sinar Mas Multiartha, Tbk

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan ini masuk ke dalam jajaran perusahaan besar di Indonesia. Sinar Mas Multiartha memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp75,14 triliun.

  • Perusahaan Gas Negara, Tbk

Perusahaan yang bergerak dalam industri trasmisi dan juga distribusi gas bumi memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp54,54 triliun.

  • Bank CIMB Niaga, Tbk

Siapa yang tidak pernah mendengar bank CIMB Niaga? Faktanya bank ini juga masuk kedalam perusahaan besar di Indonesia. Nilai kapitalisasinya juga menyentuh hingga Rp24,5 triliun.

  • United Tractors, Tbk

Perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia alat berat dan juga mesin konstruksi satu ini memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp77,87 triliun.

  • Bank Danamon Indonesia, Tbk

Sudah berdiri dengan cukup lama, bank Danamon memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi. Nilai kapitalisasi ini senilai Rp44,76 triliun.

  • Pertamina, Tbk

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan penambangan minyak dan gas bumi, pertamina memiliki nilai kapitalisasi hingga Rp200 triliun

  • Bank BTPN, Tbk

Nama bank BTPN sudah sangat familiar bagi warga negara Indonesia. Bank BTPN juga mampu masuk ke dalam salah satu perusahaan besar di Indonesia dengan nilai kapitalisasi sebesar Rp25,58 triliun.

  • Semen Indonesia, Tbk

Perusahaan yang bergerak dalam produksi semen ini memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi dengan nilai Rp73,55 triliun.

  • Barito Pacific, Tbk

Barito Pacific merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri petrokimia dan pembangkit listrik. Perusahaan ini sukses memiliki nilai perkapita sebesar Rp83,22 triliun.

  • Adaro Energy, Tbk

Perusahaan batu bara ini juga masuk ke dalam golongan perusahaan besar di Indonesia. Nilai kapitalisasinya menyentuh Rp42,22 triliun.

  • Bank Permata, Tbk

Salah satu bank swasta yang didirikan anak bangsa masuk ke dalam perusahaan besar di Indonesia. Bank permata memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp33,23 triliun.

Artikel Lainnya