Bukan Lagi Mimpi, Berikut Strategi Milenial Beli Rumah

Lakukan strategi ini bagi kamu milenial yang ingin membeli rumah
Waktu baca: 2 menit

Memiliki sebuah rumah sendiri merupakan keinginan setiap orang, terutama generasi milenial. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, milenial membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk membeli sebuah rumah idamannya. Hal itu dikarenakan harga tanah dan bangunan melambung tinggi. Apalagi, dengan kebiasaan mereka yang lebih memilih untuk menyewa daripada menabung hingga bisa membeli.

Sebenarnya, milenial beli rumah itu bukan lagi suatu mimpi yang sulit digapai. Memang, jika melihat keadaan sekarang, hal itu wajar terjadi. Namun, jika mereka berhasil mengatur beberapa strategi, maka tidak mustahil milenial memiliki rumah impiannya.

Berikut strategi yang bisa diterapkan untuk milenial beli rumah di era sekarang ini.

Susun prioritas kebutuhan

Untuk bisa membeli rumah impian, kamu harus bisa menyusun prioritas kebutuhanmu terlebih dahulu. Daripada uang hasil penghasilan dihambur-hamburkan untuk sekadar gengsi belaka, lebih baik kamu bersikap bijak dengan pendapatan yang kamu miliki. Susunlah prioritas kebutuhanmu dan penuhi itu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

Pilih tipe rumah yang diinginkan

Memilih tipe rumah sama seperti kamu menentukan tujuan. Dengan menentukan tujuanmu terlebih dahulu, pasti kamu akan mencari cara agar hal itu bisa tercapai. Maka dari itu, dengan memilih tipe rumah yang diinginkan, kamu bisa membayangkan dan memperkirakan berapa pengeluaran atau biaya yang harus dipenuhi agar bisa mencapai hal itu.

Baca juga: Beberapa Rumah Idaman Milenial Masa Kini

Konsultasi ke agen properti

Strategi milenial miliki rumah.
Berkonsultasi dengan agen properti menjadi salah satu strategi milenial miliki rumah. Photo by @austindistel

Kamu bisa berkonsultasi kepada agen properti perihal rumah yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bertanya-tanya mengenai KPR. Biasanya, agen akan menjelasan persyaratan, ketentuan, dan nominal yang dibutuhkan. Setelah melakukan konsultasi setidaknya gambaran biaya yang dibutuhkan makin jelas dan tahu langkah apa saja yang harus dilakukan.

Tidak ada salahnya tinggal di rumah orang tua terlebih dahulu

Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk tinggal di rumah orang tua terlebih dahulu hingga uang yang akan digunakan untuk membeli rumah impianmu tercukupi. Namun, hal ini hanya berlaku untuk kamu yang tempat kerjanya masih bisa dijangkau jika tinggal di rumah orang tua. Jika tempat kerjamu tidak bisa dijangkau, kamu bisa menyari penyewaan rumah kontrakan yang harganya tidak terlalu mahal tapi cukup nyaman untuk ditempati.

Manfaatkan program dari pemerintah

Sebetulnya, pemerintah Indonesia sudah menyediakan banyak program untuk para milenial bisa membeli rumah. Ada 5 jenis program rumah bersubsidi yang dijelaskan dalam situs rumahsubsidi.pu.go.id yaitu KPR Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), KPR Subsidi Selisih Bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), Tapera, dan BP2BT. Dengan memanfaatkan itu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan rumah sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang ada.

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk generasi milenial beli rumah yang diimpikan. Dengan mengikuti strategi yang sudah disebutkan di atas, dipastikan milenial memiliki rumah bukan lagi mimpi.

You may also like...

Leave a Reply