Ingin Tambah Ilmu Tentang Investasi? Tonton 7 Film Ini

Tambah ilmu tentang investasi lewat film berikut
Waktu baca: 4 menit

Dewasa ini, investasi menjadi sebuah tren untuk semua kalangan masyarakat. Baik tua maupun muda pasti ingin berinvestasi. Namun, ternyata masih banyak yang belum memiliki ilmu tentang investasi dengan baik. Sebenarnya untuk mendapatkan ilmu tersebut, banyak sekali sumber yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Salah satunya ialah melalui film. Ternyata, ada banyak film yang mengangkat tema besar dunia investasi. Berikut ini adalah daftar film yang bisa menambah ilmu tentang investasi yang bisa kamu tonton.

Wall Street (1987)

Film untuk menambah ilmu tentang investasi yaitu Wall Street
Salah satu adegan dalam film Wall Street (1987). Photo by Letterbox

Film Wall Street merupakan film yang diluncurkan pada 1987 yang memiliki tema seputar dunia investasi dan saham. Film ini menceritakan tentang sepak terjang pemain di area Wall Street, jalan sepanjang delapan blok di distrik finansial bernama sama di New York, Amerika Serikat. Dalam film ini menyoroti rumitnya kehidupan seorang broker melalui kisah Bud Fox (Charlie Sheen), seorang sales yang berjuang untuk mendapatkan nasabah demi bisa mencapai target. Sutradara film ini, Oliver Stone, sengaja mempersembahkan film ini untuk ayahnya, Lou Stone, seorang pialang saham yang pada saat itu mengalami depresi berat.

Boiler Room (2000)

Film untuk menambah ilmu tentang investasi yaitu Boiler Room
Beberapa pemeran yang bermain dalam film Boiler Room. Photo by TVOvermind

Boiler Room adalah film yang mengisahkan tentang hidup Seth Davis (Giovanni Ribisi), seorang mahasiswa jenius yang mengalami drop out dan menjalankan bisnis judi ilegal di tempat tinggalnya. Setelah itu, Seth kemudian bergabung jadi karyawan di perusahaan pialang saham milik Gregg (Nicky Katt). Hingga pada suatu ketika, Seth menyadari bahwa saham yang dia jual merupakan saham bodong. Film ini menunjukkan bagaimana euforia di dunia saham bisa menguji moral seseorang.

Baca juga: Film Tentang Bisnis yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu

The Bank (2001)

The Bank
Salah satu adegan dalam film The Bank. Photo by Senseofcinema

The Bank bercerita tentang seorang CEO yang terkenal kejam di Melbourne, Australia, Simon O’Reily, memperkerjakan seorang matematikawan yang bernama Jim Doyle. Simon terus menekan Jim yang menganggap dirinya sendiri mampu memprediksi pasar, untuk memnyempurnakan metode-metode yang ia ciptakan. Namun, saat Jim berhasil menyempurnakan metode itu, prediksi yang ditemukan malah menunjukkan pasar saham akan hancur. Film yang dirilis tahun 2001 ini sudah dinominasikan untuk sembilan AFI Awards, termasuk Best Film dan Best Original Screenplay untuk naskah Robert Connolly.

Inside Job (2011)

Film untuk menambah ilmu tentang investasi yaitu Inside job
Poster film Inside Job yang disutradarai oleh Charles Ferguson. Photo by 12inch Store

Film Inside Job ini memiliki premis mengenai bagaimana sebuah krisis ekonomi global bisa terjadi. Cukup banyak narasumber yang dihadirkan oleh sutradara Charles Ferguson. Ia juga membuat film untuk membantu penonton memahami krisis keuangan dari berbagai sudut pandang. Dengan begitu, kamu akan mengetahui banyak istilah ekonomi yang asing terdengar dan akan lebih mudah memahaminya.

The Wolf of Wall Street (2013)

Wolf of Wall Street
Leonardo DiCaprio, aktor yang memerankan Jordan Belfort dalam film Wolf of Wall Street. Photo by Variety

Film The Wolf of Wall Street menceritakan tentang seorang pialang yang bernama Jordan Belfort yang meninggalkan pekerjaannya karena perusahaan tempat bekerja bangkrut. Atas dasar kecintaannya pada dunia saham, Belfort akhirnya tetap menajdi seorang pialang dan membangun perusahaannya sendiri bersama teman-temannya. Namun, saat berada di puncak kejayaan kariernya, mereka tergoda untuk melakukan pekerjaan ilegal hingga jadi incaran FBI. Dalam film ini, Jordan Belfort yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, mencoba menghibur sekaligus menyindir kehidupan orang kaya baru dan para mafia saham dengan sentuhan komedi.

The Big Short (2015)

The Big Short
Salah satu adegan dalam film The Big Short. Photo by Truthdig

The Big Short sama seperti Inside Job, yang menggunakan krisis finansial global sebagai latar cerita film. Dalam The Big Short, film ini mengisahkan empat pria yang memiliki ide gila di tengah-tengah krisis perekonomian dunia. Dalam film ini, kamu akan melihat Margot Robbie dan Selena Gomez menjelaskan sejumlah istilah ekonomi hingga situasi perekonomian dunia dengan analogi yang sangat mudah untuk dipahami sehingga wawasanmu bisa bertambah.

The Wizard of Lies (2017)

The Wizard of Lies
Salah satu adegan dalam film The Wizard of Lies. Photo by Variety

Kisah tentang investasi dengan skema ponzi pernah difilmkan loh. Sebelum kasus pemilik First Travel terbuka, ada salah satu film yang menceritakan tentang investasi bodong yang pernah dilakukan oleh Benard Madoff secara besar-besaran, yaitu film The Wizard of Lies. Film ini mencoba mengingatkan untuk lebih berhati-hati saat berinvestasi.

Itulah 7 rekomendasi film untuk menambah ilmu mengenai investasi. Hampir dalam semua filmnya lebih mengingatkan kepada orang-orang untuk tidak mudah tergiur dengan keuntungan besar tanpa pertimbangan yang matang sehingga jadi sasaran empuk berbagai investasi bodong.

You may also like...

Leave a Reply