6 Langkah Mudah untuk Persiapkan Pensiun Dini

Persiapkan pensiun dini dengan baik
Waktu baca: 3 menit

Setiap karyawan pasti menjalani kesibukan masing-masing sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Apalagi bagi yang bekerja di kota besar, sudah pasti setiap hari akan menghadapi tantangan kemacetan dan hal lain demi mendapatkan penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, saat mereka sudah merasa jenuh dan penat dengan kesibukan tersebut, biasanya mereka akan memilih untuk mempersiapkan pensiun dini dan membuka usahanya sendiri.

Keputusan untuk pensiun dini memang harus dipertimbangkan dengan bijak. Pasalnya, jika salah mengambil langkah maka akan menyesali keputusan yang sudah diambil tersebut. Nah, bagi kamu yang sudah memutuskan untuk pensiun dini, berikut langkah-langkah yang harus dipersiapkan agar tidak menyesal di masa yang akan datang nanti.

Tentukan target usia pensiun

Tentukan target pensiun
Tentukan target pensiun yang diinginkan. Photo by Pexels

Target usia pensiun dini harus ditentukan jauh-jauh hari. Bahkan, jika bisa kamu harus menentukan setelah mendapatkan pekerjaan pertamamu. Dengan begitu, setidaknya kamu sudah mulai untuk mempersiapkan uang pensiun sejak dini.

Misalnya, kamu memutuskan untuk pensiun pada usia 40 tahun dan kamu baru mendapatkan pekerjaan pertamamu saat usia 23 tahun. Dengan begitu, kamu memiliki waktu 17 tahun untuk menyiapkan uang bekal pensiunmu nanti.

Hitung biaya hidupmu

Hitung uang untuk persiapkan pensiun dini.
Hitung uang untuk persiapkan pensiun dini. Photo by @belart84

Setelah tahu target usia pensiun yang diinginkan, kamu harus menghitung biaya hidup yang sedang dan akan kamu jalani nantinya. Biaya hidup itu terdiri dari biaya makan, transportasi, biaya hiburan, dan sebagainya.

Misalnya biaya hidupmu saat ini Rp 2 juta. Asumsikan inflasi tiap tahun akan naik sebesar 5 persen, maka untuk biaya hidup tahun depan kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 2,1 juta. Begitu juga seterusnya. Namun, jika inflasi ternyata lebih besar lagi, kamu cukup menghitung berapa biaya hidupmu untuk menunjang kesejahteraan yang sama seperti saat ini.

Baca juga: Ikuti 3 Strategi Ini untuk Pensiunan yang Masih Ingin Kerja

Hitung total utang yang dimiliki

Hitung utang untuk persiapkan pensiun dini.
Hitung utang sebelum memutuskan untuk pensiun dini. Photo by @paramir

Utang tidak sepenuhnya buruk, apalagi jika utang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang menunjang hidupmu seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan, dan lainnya. Jumlahkan semua utang yang kamu miliki.

Setelah diketahui jumlah utang dan jangka waktu yang paling panjang menjadi jangka waktu kamu untuk mengambil pensiun dini. Namun, jika kamu bisa melunasinya lebih cepat maka hal itu malah jadi lebih baik.

Manfaatkan bonus sebaik mungkin

Jangan menghambur-hamburkan bonus.
Jangan menghambur-hamburkan bonus. Photo by @introspectivedsgn

Saat kamu mendapatkan bonus, usahakan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Uang bonus jangan langsung digunakan untuk foya-foya. Alangkah lebih baiknya kamu tabung sebagian dan sisanya bisa diinvestasikan agar bisa membantu keuanganmu saat pensiun nanti.

Terapkan hidup sederhana

Hindari hidup bermewah-mewahan.
Hindari hidup bermewah-mewahan. Photo by Pixabay

Biasakan untuk hidup sederhana dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Contohnya, kurangi makan makanan yang cukup menguras dompetmu seperti makan daging atau makan di restoran mewah. Kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang kamu masak sendiri. Selain hemat, rasa yang diciptakan pun lebih enak karena kadar bumbu yang digunakan bisa disesuaikan sendiri.

Punya investasi

Punya investasi untuk persiapkan pensiun dini.
Memiliki investasi agar bisa persiapkan pensiun dini dengan baik. Photo by Pexels

Inilah langkah yang paling penting sebelum memutuskan pensiun dini. Kamu harus memiliki investasi yang bisa menunjang hidupmu saat pensiun nanti. Beberapa contoh investasi yang bisa kamu ambil di antaranya investasi emas, saham, properti, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan investasi, setidaknya masa pensiun hingga masa tuamu akan lebih terjamin.

Itulah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk persiapkan pensiun dini. Dengan begitu, rencana pensiunmu dapat dilakukan tanpa perlu khawatir akan menghadapi kesulitan keuangan. Yang terpenting, kamu harus merencanakan segalanya dengan matang sejak awal.

You may also like...

Leave a Reply