Ingin Lebih Hemat? Ikuti Cara Atur Keuangan Ala Jepang

Cara mengatur keuangan ala orang Jepang
Waktu baca: 3 menit

Keuangan menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dikelola dengan tepat. Tak jarang sebagian dari kita sempat berhasil melakukan penghematan namun tiba-tiba di tengah jalan mendadak harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Sudah pasti hal itu akan merusak gaya hidup hematmu yang sudah diusahakan sejak awal. Selain itu, rincian anggaran yang sudah kamu susun otomatis akan berantakan.

Maka dari itu, cobalah untuk ikuti cara atur keuangan ala orang Jepang yang disebut dengan Kakeibo. Ternyata, Kakeibo menjadi rahasia orang-orang Jepang agar bisa hidup hemat lho TemanKlik. Teknik ini diperkenalkan oleh seorang jurnalis wanita pertama Jepang pada 1904, yaitu Hani Matoko. Sebenarnya, teknik ini merupakan teknik yang dilakukan oleh wanita atau ibu rumah tangga di Jepang dalam mengelola keuangan sehari-hari dalam keluarga.

Teknik ini makin terkenal setelah rilisnya buku berjudul The Japanese Art of Saving Money (2017) yang ditulis oleh Fumika Chiba. Kehadiran sosial media tentu mendukung populernya teknik ini, sehingga wajar saja semakin banyak orang yang mempraktikkannya dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang berniat untuk mengatur keuangan dengan baik, tidak ada salahnya mengenal lebih dalam mengenai cara atur keuangan ala orang Jepang atau disebut dengan teknik Kakeibo. Berikut caranya.

Rencanakan pengeluaran dalam 4 kategori

Perencanaan keuangan menyesuaikan teknik Kakeibo atau atur uang ala orang Jepang.
Perencanaan pengeluaran dana disesuaikan dengan teknik Kakeibo. Photo by Rawpixel

Perencanaan keuangan dengan teknik Kakeibo ini terbilang cukup sederhana. Kamu cukup membagi pengeluaran dalam 4 kategori dasar yang sesuai dengan teknik ini dengan benar, yaitu:

Pengeluaran dasar

Maksud dari pengeluaran dasar ialah pengeluaran yang mencakup semua kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Pengeluaran tersebut biasanya seperti biaya makan, tempat tinggal, dan juga biaya transportasimu selama sebulan penuh.

Pengeluaran sekunder

Teknik Kakeibo juga mengelompokkan pengeluaran sekunder karena hal itu adalah jenis pengeluaran yang penting. Maksudnya, pengeluaran itu bisa dikatakan tidak wajib untuk diadakan setiap bulannya. Contoh dari pengeluaran sekunder ialah membeli pakaian dan hiburan.

Pengeluaran untuk hobi

Teknik Kakeibo memiliki kategori tersendiri bagi orang yang memiliki hobi. Kamu perlu menyiapkan dan menganggarkan sejumlah uang untuk kebutuhan hobi yang kamu sukai seperti menonton atau membeli action figure.

Pengeluaran ekstra

Selain beberapa jenis pengeluaran di atas, kamu juga harus membuat pengeluaran ekstra. Pengeluaran jenis ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan penting lainnya seperti perawatan kendaraan, beli kado, dan keperluan lainnya.

Baca juga: 3 Alasan Kamu Harus Lakukan Financial Check Up

Pisahkan dan catat dananya secara teratur

Catat dana ala orang Jepang
Pisahkan dan catat dana yang terpakai secara teratur. Photo by Pexels

Dalam melakoni teknik Kakeibo ini, penting untuk mengelola dana yang akan digunakan. Bahkan jika perlu, kamu bisa memisahkan masing-masing dana itu berdasarkan kategori yang sudah dibuat. Selain mempermudah, hal ini juga menghindarkan dana-dana tercampur aduk satu sama lainnya.

Jangan lupa, pastikan juga untuk selalu mencatat setiap uang keluar. Dengan begitu, kamu akan mengelola dana dengan ketat, bahkan bisa dengan mudah untuk melakukan evaluasi jika sewaktu-waktu terjadi pengeluaran yang tidak sesuai.

Teknik Kakeibo saat ini bisa dikatakan sudah banyak yang menerapkannya. Teknik atur keuangan dari Jepang ini akan membantumu mengatur pengeluaran dalam porsi yang tepat dan lebih mudah. Ayo segera hitung dan mulai teknik Kakeibo ini agar kamu bisa mengelola keuangan dengan mudah dan lebih efisien.

You may also like...

Leave a Reply