Ingin Nonton Piala Dunia 2022 Secara Langsung? Kira-Kira Berapa Biaya yang Dibutuhkan?

Suasana di stadion saat Piala Dunia
Ingin Nonton Piala Dunia 2022 Secara Langsung? Kira-Kira Berapa Biaya yang Dibutuhkan? Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Banyak orang yang berlomba mencari tahu mengenai harga tiket Piala Dunia 2022 untuk membelinya supaya dapat masuk ke stadion Piala Dunia 2022 dan menyaksikan pertandingan tersebut langsung. 

Piala Dunia merupakan ajang yang dinantikan sekali oleh para penggemar sepak bola yang diadakan 4 tahun sekali. Membuat setiap pertandingan menjadi begitu dinantikan dan perlu untuk dirayakan oleh sebagian orang.

Meskipun pertandingan-pertandingan di Piala Dunia 2022 bisa untuk disaksikan melalui layar TV, tapi rasanya untuk sebagian orang akan lebih menyenangkan jika bisa menontonnya secara langsung. Walaupun memang terkadang harus merogoh kantong yang cukup dalam, tapi untuk beberapa orang itu bukanlah masalah yang besar. 

Namun, kira-kira berapa harga tiket Piala Dunia 2022? Apakah akan lebih mahal atau murah dari pertandingan sebelumnya? Berikut ini akan dibahas sedikit tentang harga tiket Piala Dunia 2022, dan sekilas tentang berapa estimasi biaya untuk bisa menonton secara langsung. 

Baca juga: 3 Cara Unik Menabung dengan Memanfaatkan Tabel Menabung Bulanan yang Bisa Kamu Tiru

Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia ke-22 yang putaran finalnya berlangsung di negara Qatar. Ini merupakan pertama kalinya Qatar menyelenggarakan atau menjadi tempat Piala Dunia. Ajang sepak bola empat tahun sekali ini akan diselenggarakan di Qatar pada tahun ini, 2022. Ini akan jadi Piala Dunia pertama diadakan di Timur Tengah serta pertama di negara dengan mayoritas masyarakat Muslim. 

Piala Dunia 2022 ini pun akan menjadi Piala Dunia yang kedua diadakan secara sepenuhnya di Asia setelah Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang. Selain itu, ajang ini akan menjadi terakhir kalinya melibatkan 32 tim, di periode yang selanjutnya, Piala Dunia akan libatkan 48 tim. 

Ini pun akan menandai Piala Dunia pertama kali yang tidak akan diselenggarakan di bulan Mei, Juni, atau Juli. Piala Dunia 2022 kali ini dijadwalkan akan berlangsung pada akhir bulan November sampai pertengahan bulan Desember. Piala Dunia kali ini akan dimainkan sekitar 28 hari, dengan finalnya diselenggarakan 18 Desember 2022, yang juga adalah Hari Nasional Qatar. 

Estimasi Biaya untuk Nonton Langsung Piala Dunia 2022

Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar memang baru akan diselenggarakan beberapa bulan lagi. Namun, persiapan untuk dapat nonton secara langsung ke sana harus dipersiapkan dari lama. Kamu sudah memiliki persiapan apa saja untuk bisa datang ke Qatar dan menonton secara langsung Piala Dunia di stadion?

Kamu yang benar-benar memiliki keinginan untuk mewujudkan mimpi untuk dapat nonton secara langsung Piala Dunia Qatar 2022 memang sudah harus menyiapkan diri serta finansial mulai sekarang. Ada sejumlah hal yang perlu untuk kamu pikirkan serta persiapkan, seperti biaya pesawat, akomodasi, biaya penginapan, serta harga tiket Piala Dunia. 

Nah, di sini akan membahas tentang hal tersebut. Meskipun tidak terlalu detail, tapi kamu harus tahu beberapa hal penting untuk disiapkan, seperti mengetahui perkiraan harga tiket pesawat dan tiket Piala Dunia. 

  • Perkiraan Biaya Pesawat dan Biaya Akomodasi

Melansir sejumlah situs online travel agent, harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Qatar adalah mulai dari Rp. 15 jutaan sampai Rp. 20 jutaan. Bisa jadi, beberapa bulan ke depan, harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan biaya untuk tiket pesawat dan juga akomodasi. Katakan saja kamu membutuhkan sekitar Rp 50 juta sampai Rp 60 juta untuk tiket pesawat dan akomodasi. Maka dari itu, dalam beberapa bulan ke depan, kamu harus punya tabungan minimal sejumlah itu. 

  • Perkiraan Harga Tiket Piala Dunia 2022

Ada tiga jenis tiket yang bisa dibeli serta semuanya pasti dengan ukuran Riyal (mata uang) Qatar. Sebagai informasi saja, untuk 1 Riyal Qatar per 1 April 2022 sama dengan Rp 3.945,30.

Jenis tiket tersebut antara lain, tiket per laga atau individual match ticket, tiket tim tertentu atau team specific ticket, dan tiket terusan untuk stadion masing-masing. Dari setiap jenis tiket, ada tiga kategori, yakni kategori 1,2, dan 3. Kategori yang pertama lebih mahal dibandingkan kategori kedua, serta kategori kedua lebih mahal dibandingkan kategori ketiga. 

Untuk kategori 1, contohnya individual match ticket, untuk pertandingan di fase grup harganya sekitar 800 Riyal Qatar atau kurang lebih Rp 3,2 juta. Itu adalah harga paling tinggi pada laga fase grup. Lalu, yang paling rendah, kategori 3 yakni 250 Riyal atau sekitar 986 ribu. 

Tiket untuk pertandingan pembuka, untuk kategori 1 harganya kurang lebih 2.250 Riyal Qatar atau kurang lebih Rp 8,8 juta. Sementara, kategori 2 harganya yakni 1.600 Riyal Qatar, serta kategori 3, yakni 1.100 Riyal Qatar.

Sedangkan, kategori 4 hanya untuk warga negara Qatar. Mereka bisa mendapatkannya dengan tunjukkan nomor identitas. Pastinya untuk harga tiket kategori 4 ini jauh lebih murah karena memang dikhususkan untuk warga Qatar. 

Kemudian, ada pula tiket aksesibilitas yang hanya bisa diakses oleh penggemar penyandang disabilitas serta mempunyai keterbatasan. Jika membeli tiket ini, akan diminta untuk berikan bukti kelayakan supaya tiket bisa untuk diproses. Bukti itu akan diminta saat pengambilan tiket. 

Sementara, pihak penyelenggara sudah tentukan rata-rata harga tiket sama untuk orang dewasa maupun anak-anak. 

Cara Menyiapkan Biaya Nonton Langsung Piala Dunia 2022

  • Tentukan Bujet

Langkah pertama wajib kamu lakukan adalah memilih tujuan serta menentukan anggaran yang tepat. Bukan hanya mengenai biaya transportasi, tapi juga akomodasi sampai biaya paket tour stadion ataupun tiket menonton pertandingan tim bola favorit. 

Carilah informasi sebanyak mungkin, baik dengan browsing atau bertanya di forum-forum pecinta sepak bola. Pada susunan anggaran yang kamu buat, perkirakan biaya dibutuhkan serta berapa lama waktu kamu perlukan untuk capai nominal itu. 

  • Membuka Rekening Tabungan Khusus

Ini merupakan saatnya kamu sisihkan gaji bulanan untuk biaya liburan impian. Jangan jadikan satu dengan biaya yang lain, sebaiknya ajukan aplikasi bank untuk buka tabungan khusus. Tentukan jumlah dana minimal wajib untuk ditabung tiap bulannya serta segera transfer ke rekening khusus tiap kali terima gaji. Jika perlu, pakai auto-debet dari rekening gaji ke rekening khusus tersebut. 

  • Menghemat

Selama gaji diterima telah dibagi jadi sejumlah pos pengeluaran. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, penghasilan juga dibagi untuk tabungan, bayar cicilan, sampai investasi. Tambahan satu rekening khusus untuk liburan tentu membuat kamu harus lebih berhemat. 

Tidak perlu untuk mider bawa bekal makan siang atau kamu batasi intensitas main bersama teman. Jangan lupa, kamu juga harus batasi penggunaan kartu kredit supaya cicilannya tidak akan mengganggu tabungan. Untuk mengingatkan, coba kamu bayangkan bagaimana keseruan yang akan dialami ketika bisa injakkan kaki di stadion sepak bola di Qatar untuk bisa menonton secara langsung pertandingan sepak bola tim favorit. 

  • Punya Penghasilan Tambahan

Kamu tak bisa hanya andalkan gaji. Tidak ada salahnya cari penghasilan tambahan di rumah supaya pengumpulan dana lebih mulus. Pakai kemampuan atau hobimu untuk dapatkan uang lebih. Misal, kamu punya hobi menulis, bisa menjadi penulis artikel lepas tentang sepak bola. 

Baca juga: Begini Cara-Cara Menghasilkan Uang dari Playstore

Demikian pembahasan mengenai cara menabung agar bisa nonton Piala Dunia 2022 secara langsung. Tidak perlu menunggu waktu kapan Piala Dunia 2022 diselenggarakan, jika kamu berniat menontonnya, maka siapkan diri dan finansial dari sekarang. 

Artikel Lainnya