Harga Crypto Kok Naik Turun? Ini Faktor yang Mempengaruhi

ilustrasi harga crypto
Harga Crypto Kok Naik Turun? Ini Faktor yang Mempengaruhi. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Para pemain atau investor cryptocurrency pasti senang sekali ketika harganya naik. Namun, bagaimana jika turun? Tentu sedihnya sekali. Tapi, mereka yang tahu tentang bagaimana harga crypto bisa naik atau turun tidak akan kaget jika hal tersebut terjadi. Mereka sudah tahu akan seperti apa harga uang kripto yang mereka beli.

Jika kamu sekarang mulai berinvestasi di uang kripto, sangat dianjurkan bagi kamu untuk tahu apa saja faktor yang menyebabkan uang crypo naik atau turun. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa tahu uang kripto apa yang harus kamu beli. Sekarang sudah banyak sekali jenis cryptocurrency. Kamu perlu tahu acara melakukan perhitungan dan prediksi uang digital kripto apa yang bakal naik nilainya. Kamu ingin untung maksimal, bukan?

4 Faktor yang Sangat Mempengaruhi Harga Crypto

Faktor yang mempengaruhi. Photo by Pixabay

Dalam dunia investasi, semuanya itu bisa diprediksi. Begitu juga dalam dunia crypto. Hanya saja, faktor yang mempengaruhi naiknya atau turunnya harga crypto itu beda dengan naik dan turunnya harga saham. Biasanya, saham naik jika perusahaan memiliki performa yang meningkat. Lain hal dengan crypto. Ini jenis investasi digital yang tidak memiliki aset terlihat seperti pada saham.

Baca juga: Elon Musk Dogecoin: Uang Crypto yang Banyak Diburu

Lalu, apa faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga crypto? Berikut ini 4 faktor utamanya:

  • Suplai
crypto currency
Suplai mata uang kripto. Photo by Pexels

Kamu sebagai investor crypto harus tahu bahwa uang digital kripto ini terbatas. Dan batasan untuk setiap jenis cryptocurrency itu berbeda-beda. Misalnya saja bitcoin yang memiliki batasan 21 juta saja.

Dalam hal ini, ada sistem supply and demand. Semakin banyak peminat, maka jumlah barang berkurang. Dan harga otomatis naik. Begitu juga sebaliknya.

Makanya, bisa dijelaskan secara mudah mengapa bitcoin atau uang cryptocurrency beberapa bulan ini cenderung naik. Karena semakin banyak penggunanya. Semakin banyak orang yang tahu berinvestasi di cryptocurrency itu menjanjikan. Ini membuat orang berbondong-bondong beli.

Yang diuntungkan tentu saja mereka yang lebih awal membeli. Pasalnya, mereka beli dengan harga yang murah ketika tidak banyak orang yang berinvestasi di crypto. Saat banyak yang berinveasi, nilai uang crypto mereka meningkat tajam hingga 10, 20 atau bahkan lebih dari 30 persen.

  • Pemberitaan
Pemberitaan. Photo by @filipthedesigner

Yang satu ini hampir sama dengan saham. Harga crypto juga bisa bergerak, entah itu naik atau turun, jika ada pemberitaan terkait dengan crypto. Misalnya saja ketika infrastruktur di belakang teknologi crypto sedang diupgrade. Tentu saja ini akan membuat kepercayaan masyarakat semakin meningkat, bukan? Harga koin crypto juga akan terpengaruh.

  • Kegunaan
crypto currency
Fungsi kripto. Photo by Pexels

Ada yang mengatakan bahwa crypto akan menjadi uang di masa depan. Dan sebenarnya tidak masa depan. Sekarang saja sudah ada yang bisa bertransaksi dengan crypto. Semakin banyak yang menerima pembayaran crypto maka harga crypto akan semakin naik.

  • Psikologi Pasar
Target pasar
Perhatikan psikolog pasar. Photo by Pixabay

Ada juga lho yang mempengaruhi psikologi pasar. Misalnya saja ketika harga cryptocurrency sedang turun. Ada yang memborong dengan harapan harga akan naik. Atau ada yang melempar isu tertentu agar para pemegang crypto melakukan aksi entah itu membeli atau menjual. Hal semacam ini juga terkait dengan poin nomor dua, yaitu pemberitaan di media.

Jika kamu orang yang ingin selalu mengikuti perkembangan harga crypto, kamu perlu perhatikan 4 poin di atas. Setidaknya, dengan mengetahui faktor tersebut di atas, Anda bisa memprediksi apakah kedepannya harga koin kripto yang kamu miliki akan naik atau justru turun tajam.

Mungkin Anda juga menyukai